Berobat ke Penang – Malaysia

Penyakit memang banyak jenisnya. Ada yang bisa disembuhkan. Dan ada yang tidak. Ini menurut beberapa dokter. Ngeri juga mendengarnya. Akan tetapi sebagai umat muslim, kita tidak boleh patah semangat. Kita harus berusaha sampai penyakit kita sembuh.

Agak susah memang untuk sabar di dalam memikirkan penyakit yang terus melanda tubuh kita. Apalagi ketika semua dokter sudah tidak memberikan kepercayaan dan kenyamanan di dalam memberikan jasa dan pelayanannya.

Kalau semua sudah begitu, alangkah baiknya kita memutuskan untuk pindah. Terutama pindah kepada dokter yang lain. Kalau perlu berobat ke negeri orang. Atau istilahnya pergi keluar negeri. Karena banyak sekali rumah sakit di luar negeri yang berkualitas dan bagus di dalam melayani pasiennya. Contohnya di Hospital Lam Wah Ee,  Penang, Malaysia.

at HospitalSetelah berdiskusi dengan banyak pihak, terutama dari keluarga, kami memutuskan untuk berobat ke Hospital Lam Wah Ee, Penang, Malaysia. Langkah ini kami ambil karena kami mendengar juga dari banyak pihak bahwa di Penang kualitas dokternya setaraf standar Internasional. Ditambah dengan pelayanan rumah sakitnya yang begitu sangat memuaskan. Harganya juga tidak mahal-mahal amat.

Kami disini tidak bermaksud merendahkan negeri kami sendiri. Namun kami hanya ingin mendapatkan kenyamanan dan pelayanan yang memadai. Kami berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas.

Kami tahu banyak yang bagus di negeri kami. Dan sepertinya bukan untuk kami yang bagus-bagus itu. Kami merasa kami tidak mendapatkan apa yang seharusnya kami dapatkan di rumah sakit milik pemerintah atau swasta di negeri kami sendiri. Keluhan yang kami terima bermacam-macam. Dari mulai kamar rawat inap yang selalu penuh sampai saran dokter yang sering tidak masuk akal.

Sebelum saya menjelaskan tentang bagaimana pengalaman saya dalam menemani anggota keluarga besar saya berobat ke Penang, alangkah baiknya saya beritahu sekilas apa itu Penang.

Penang, adalah salah satu dari 13 negara bagian yang dimiliki oleh Malaysia. Penang itu sebuah pulau. Dalam wikipedia.org disebutkan bahwa luas Penang sekitar 1000 km2. Negeri ini dipimpin oleh Yang Dipertua Negeri. Kalau di Indonesia setingkat Gubernur-lah. Sedangkan untuk pemerintahan di kepalai oleh Chief Minister. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengunjungi website http://www.penang.gov.my

Baiklah. Saya akan beritahu Anda bagaimana pengalaman saya di dalam menemani anggota keluarga saya berobat ke Penang, Malaysia.

Untuk mengunjungi Penang, Anda bisa memilih jalur udara. Ada beberapa maskapai udara yang bisa Anda pilih. Antara lain, ada AirAsia, Sriwijaya Air, Firefly, dan Lion Air. Semua menawarkan berbagai macam pelayanan. Kalau saya memilih Sriwijaya Air. Sebab saya pernah naik pesawat ini. Pesawat ini nyaman dan pelayanannya juga bagus. Kalau Anda mau memilih yang lain, itu terserah Anda. Toh Anda sendiri yang akan merasakannya.

Perlu diingat sebelum ke Hospital Lam Wah Ee, Penang, anda disarankan untuk menyiapkan diri atau membantu menyiapkan orang yang akan kesana. Seperti paspor, uang Ringgit Malaysia, uang biaya berobat (boleh dalam rupiah atau ringgit), perlengkapan pakaian, perlengkapan makan, perlengkapan mandi dan perlengkapan lain yang memang diperlukan untuk di rumah sakit. Namun tidak semua harus dibawa. Cukup yang perlu-perlu saja. Agar pas dan tepat Anda bisa mengaturnya sesuai dengan berapa hari Anda akan tinggal di Penang.

Kalau saya, saya menyiapkan uang Ringgit sebanyak RM 500. Atau setara dengan kira-kira IDR 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah). Jumlah ini saya tetapkan karena saya merasa jumlah itu cukup untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi di Penang nanti. Karena saya di Medan, saya menukarnya di Plaza Medan Fair. Waktu itu kursnya sekitar RM 1 = IDR 3.030,- (01 April 2012). Selain itu saya juga menyiapkan uang Rupiah untuk biaya berobat sekitar IDR 30juta.

Setelah semua perlengkapan saya lengkapi lalu saya siap-siap berangkat ke airport. Karena waktu itu saya ambilnya pagi (jam 07.20) maka saya berangkat dari rumah sekitar jam 6 pagi. Sebab waktu check in disarankan 1 jam sebelum pesawat tinggal landas.

Dari rumah, saya naik taksi Matra. Ongkosnya IDR 60ribu. Biaya itu kalau untuk ke Polonia International Airport. Kalau ke tempat lain saya tidak tahu. Kebetulan rumah saya di sekitar Helvetia Medan. Saya bayarnya sewaktu tiba di airport. Memang pertama supir taksi bilang ongkosnya IDR 70ribu. Tapi kemudian saya tawar menjadi IDR 60ribu. Jadi saya bayar IDR 60ribu.

Sesampai di airport saya harus menunjukkan tiket dan paspor saya kepada petugas airport. Sebab kalau Anda mau masuk ke dalam airport tujuan internasional, Anda harus menunjukkan tiket dan paspor. Lain lagi ceritanya kalau Anda bepergian di dalam negeri.

Ingat ! kalau Anda ingin ke luar negeri, paspor harus selalu dibawa. Karena paspor adalah KTP Anda di luar negeri. Jika tidak ada paspor Anda bisa dianggap ilegal alias orang tak dikenal.

Setelah itu saya memasukkan barang-barang bawaan saya dan anggota keluarga saya di tempat scanning. Ada peraturan bahwa semua barang bawaan yang akan dibawa ke pesawat diwajibkan untuk di-scanning. Scanning ini adalah pemeriksaan menggunakan sinar x-ray. Scanning ini berguna untuk mengetahui apakah ada barang-barang berbahaya, penyelundupan atau ilegal dan narkotika di dalam barang bawaan kita.

Kemudian saya melakukan check in di tempat yang telah disediakan. Perlu diketahui check in adalah konfirmasi atau melapor kepada petugas maspakai bahwa kita memang berniat atau jadi berangkat pada waktu yang telah ditetapkan pada tiket. Dengan begitu pihak maskapai tidak perlu menambah orang lagi di dalam pesawatnya.

Di dalam proses check in ini, Anda diminta memberikan kode booking tiket atau tiket. Ini penting untuk mengantisipasi kesalahan di dalam mendapatkan tiket pesawat. Sehingga pihak maskapai tidak salah di dalam menempatkan penumpangnya. Anda juga akan ditanya apakah ada membawa barang yang ingin dimasukkan kedalam bagasi. Jika Anda menjawab ya maka petugas akan menimbang sesuai dengan kadar maksimal barang yang dibolehkan untuk dibawa di bagasi pesawat. Biasanya berat barang bawaan yang boleh dimasukkan ke bagasi yang diterima sekitar 20kg per orang. Jika melebihi itu barang bawaan Anda akan ditolak petugas untuk masuk ke dalam bagasi pesawat. Setelah itu barang Anda akan diberi label atau semacam tanda. Lalu tanda itu ditempel pada boarding pass atau kertas yang digunakan sebagai tiket untuk menaiki pesawat. Lalu tanda itu diberikan kembali kepada Anda.

Setelah check in, Anda diwajibkan membayar pajak bandara atau tax airport. Waktu itu saya membayar sebesar IDR 75.000 per orang. Setelah itu baru Anda bisa memasuki ke ruangan tunggu. Sebelum memasuki ruang tunggu pesawat, ada pemeriksaan paspor. Disitu ada petugas yang akan memeriksa dan melihat Anda dan paspor Anda. Jika tidak ada masalah, petugas akan mempersilahkan Anda memasuki ruang tunggu, Jika ada masalah Anda, akan dibawa ke kantornya.

Kemudian setelah itu kami masuk ke ruang tunggu. Di ruang tunggu tempatnya lumayan nyaman. Walaupun cuaca waktu itu masih gelap. Tapi karena di sana dipasang penyejuk udara maka suasana di luar tidak mempengaruhi suasana di dalam ruang tunggu. Padahal ada sekitar 100 orang di ruangan itu.

Perjalanan menggunakan pesawat Sriwijiaya Air memang nyaman. Di dalam cabin suasananya bersih dan tenang. Ada 4 orang yang akan melayani. Terdiri dari 1 orang pramugara dan 3 org pramugari. Kami diberi air minum dalam kemasan dan roti sebagai kudapan atau snack.

Perjalanan ke Penang via udara memakan waktu kurang lebih 35 menit. Pesawat yang saya naiki terbang diatas ketinggian 21000 kaki. Bila kita lihat di jendela, pulau, rumah, jalan, sungai, pabrik, hutan dan lautan sungguh sangat kecil. Seakan-akan kita bisa menginjak-nginjak mereka.

Kami tiba di Penang sekitar jam 09.05. Ini waktu di Penang-Malaysia. Padahal jam tangan saya baru menunjukkan pukul 08.05. Memang waktu di Penang lebih cepat 1 jam dari Medan.

Setelah pesawat benar-benar mendarat dengan sempurna, kami memasuki bandara atau airport. Nama airport-nya Penang International Airport. Tidak ada yang spesial di bandara Penang. Hanya disiplin dan kebersihannya saja. Setiap petugas hanya bekerja pada bidangnya masing-masing. Porter atau jasa pengantar barang tidak ada di bandara Penang. Entah kenapa hal ini bisa terjadi. Dugaan saya mungkin tidak ada yang mau bekerja seperti itu di Penang.

Sebelum Anda mengambil barang, Anda harus melaporkan paspor Anda ke petugas Imigrasi Penang. Disini pemeriksaan agak sedikit berbeda. Selain pengecekan paspor, setiap pengunjung juga harus melakukan scanning kedua telunjuk tangan. Saya tidak tahu apa alasannya. Tapi begitulah pemeriksaan di Penang. Cukup ketat sekali. Susah rasanya untuk melakukan tindak kriminal. Soalnya sudah terdata duluan.

Oh iya, nomor telepon seluler saya tidak aktif di Penang. Dugaan saya mungkin tidak ada jaringan disini. Mau gk mau Saya harus membeli kartu SIM seluler baru untuk bisa melakukan komunikasi. Di dekat pintu keluar airport Penang ada kios handphone. Disitu kita bisa membeli kartu SIM baru. Namanya Celcom. Harganya RM 15. Ada hadiah pulsa Rm 5. Dan pengaktifannya pun tidak susah. Cukup meminta petugas toko menggantinya saja. Langsung aktif untuk menelepon.

Biasanya untuk pergi ke Hospital Lam Wah Ee, ada yang menjemput. Namun kita harus meng-konfirmasi ke perwakilan 1 hari sebelum tiba. Kalau tidak ya kita tidak bisa dijemput. Pihak Hospital tidak mau menjemput pada saat kita tiba di Penang. Di Medan ada perwakilan Hospital Lam Wah Ee. Kalau waktu itu nama petugas perwakilannya Pak Gunawan. Dialah yang mampu memberikan informasi apa pun tentang Hospital Lam Wah Ee. Kalau Anda baru pertama kali ke Hospital Lam Wah Ee, sebaiknya Anda bertanya kepadanya.

Oleh karena tidak ada yang jemput kami, maka kami memutuskan untuk naik taksi ke Hospital Lam Wah Ee. Di Penang ada banyak taksi. Ada yang pake argo dan ada yang tidak. Jadi tidak jauh berbeda dengan taksi yang di Medan. Kalau mau ke Hospital Lam Wah Ee ongkosnya sekitar Rm 36. Nama taksinya KOPLIMO. Bayarnya tidak melalui supir. Tapi melalui loket yang ada.

Ingat !! Semua transaksi transportasi di Penang menggunakan mata uang Malaysian Ringgit. Mereka akan menolak mata uang selain Malaysian Ringgit.

Sesampai di Hospital Lam Wah Ee, kita harus mendaftar dahulu. Tapi sebelumya kita harus mengambil nomor antrian. Di hospital ini sangat disiplin. Siapa pun harus mengambil nomor antrian.  Nomor antrian akan diperlihatkan di tampilan digital di atas papan digital. Kita bisa melihat nomor antrian mana yang terakhir. Sewaktu dipanggil kita harus datang. Jika tidak kita akan dilewati oleh orang setelah kita. Ingat paspor harus selalu dibawa dan diperlihatkan. Itu adalah tanda pengenal kita. Petugas registrasi hospital akan selalu menanyakan paspor. Jadi jangan sampai hilang. Kalau sampai hilang berabe deh.

Setelah petugas memasukkan data-data kita, baru kita akan diarahkan kita ke tempat konsultasi dokter.

Biasanya dokter datang sekitar jam 10 an. Saya tidak tahu mengapa seperti itu. Apa memang jam kerja dokter atau bagaimana. Saya juga kurang tahu. Yang jelas setiap jam 10 baru mulai ada yang dipanggil.

Setelah konsultasi baru kita membayar. Tempat pembayaran tidak jauh dari tempat pendaftaran tadi. Kalau Anda tidak tahu, tanya saja ke suster atau perawat. Mereka dengan senang hati utk membantu.. Didekat tempat pembayaran ada money changer. Jadi kalau Anda lupa membawa uang Ringgit, Anda bisa menukarnya disitu. Kursnya tidak sama dengan yang di Medan. Lebih rendah. Jadi ada rugi juga jika ditukar disini.

Di Hospital ini kebanyakan dokternya orang Cina. Jadi kalo kita bisa bahasa Mandarin kita bisa lebih cepat ngerti. Kalo gk bisa, gpp jg. Toh mrk tau sedikit ttg bahasa Indonesia. Krn memang banyak pasien dari Indonesia.

Oh ya, sebelum kita mendapatkan penginapan, kita bisa menitipkan barang kita di Hospital ini. Ada tempat penitipan barang di Hospital ini. Namanya Luggage Room. Tapi ada batas waktunya. Kalau sampai jam 7 malam kita tidak mengambilnya maka akan dikenakan biaya. Kalau tdk salah biayanya Rm 5. Maaf kalo saya salah, soalnya saya lupa-lupa ingat.

Di Hospital ini juga kita tidak perlu takut salah atau takut bertanya. Semua petugasnya ramah-ramah. Cukup bertanya saja. Semua petugas akan senang hati menjawabnya.

Jika Anda tidak tahu dokter mana yang akan Anda datangi untuk keluhan kondisi tubuh Anda, berikut sebagian daftar nama-nama dokter yg praktek di Hospital ini.

Dokter Spesialis Jantung              :   Lim Guan Choon, Liew Chee Tat, Barakath Badusha

Dokter Spesialis Kandungan         :   Quah Thong Sai, S Shankar, Ng Peng Wah, Lau Soon Yen

Dokter Spesialis Mata                  :  Wong Sian Chee, Tan Hui Boon, Koay Aun Na

Dokter Spesialis Kanker               :  Saw Min Hong

Dokter Spesialis Kulit                   :  Khoo Siew Swan

Dokter Spesialis Bedah                :  Yip Kok Thye, Osman Yahya, Loke Tien Hsi, Chin Chean Kok

Dokter Spesialis Kelamin Pria       :  Liong Men Long, Leong Wing Seng

Dokter Spesialis Bedah Tulang     :  Tan Boon Hoo, Khaw Kar Teng

Ingat, sewaktu registrasi Anda akan diminta untuk menyebutkan dokter mana yang akan Anda kunjungi. Sebab jika Anda tidak tahu dokter mana, Anda akan disuruh mengulang antrian. Jadi sebaiknya Anda bertanya-tanya dahulu di bagian informasi apa keluhan Anda. Sehingga Anda tahu dokter mana yang bisa Anda kunjungi dan tidak perlu mengambil nomor antrian lagi.

Di Penang ini, semua dokter hanya bisa praktek pada 1 hospital saja. Tidak boleh seorang dokter praktek pada lebih dari 1 hospital. Ada sanksi yg sangat berat jika ada dokter yg praktek di dua hospital.

Kalau Anda ingin mencari penginapan, di Penang juga banyak penginapan.

Ada hotel, apartemen dan kondominium. Biayanya juga beragam. Kalau hotel rata-rata biayanya RM 300 per malam. Sementara untuk kondominium sekitar RM 400-500 per malam.

Bagi Anda yang memiliki dana yang terbatas, Anda bisa mengambil apartemen. Biayanya juga relatif terjangkau. Seperti Mewah Court. Apartemen ini berada tidak jauh dari Hospital Lam Wah Ee. Kira-kira kalau berjalan kaki memakan waktu kurang lebih 10 menit dari Hospital. Biayanya antara RM 40 – 60. Ini sudah termasuk listrik, air, pendingin udara, TV, tempat tidur, kulkas, dan dapur. Jadi Anda hanya membawa makanan dari luar saja. Atau jika Anda bisa memasak, Anda bisa membawa bahan-bahan dari luar untuk dimasak di apartemen ini.

Alamat Hospital Lam Wah EE
Jalan Tan Sri Teh Ewe Lim No.141 Penang
Kode Pos 11600
Telp: +60 4 657 1888 / 652 8888
Fax: +60 4 6570 940
Hotline: +60 4 657 1898
e-mail: hlwe@po.jaring.my

Jadwal Konsultasi Dokter :

Senin – Jumat  :  Pukul 09.00 s/d 13.00 dan Pukul 14.00 s/d 16.30 (Waktu Penang)

Sabtu              : Pukul 09.00 s/d 13.00 (Waktu Penang)

Sebaiknya Anda bertanya-tanya dahulu melalui e-mail diatas untuk menghemat biaya. Tentunya menggunakan bahasa inggris. Sebab jika Anda pergi saja sebelum bertanya-tanya kan makan biaya. Alangkah baiknya Anda banyak bertanya via e-mail tersebut.

Alamat Perwakilan di Medan:

Bapak Gunawan Gannies

Jl. S.Parman No : 60 Medan.
Tel : +62 61 4561529
H/P : 081 361 684 903
Email : gnwan123@hotmail.com

Kalau Anda belum pernah sama sekali berobat ke Penang khususnya Hospital Lam Wah Ee, dan memerlukan tour guide atau pembimbing perjalanan, saya bisa menjadi tour guide Anda.

Saya bisa dihubungi di

Mobile phone/HP   :  +62 813 60 994001 (Senin s/d Jumat      = pukul 08.00 – 16.00 wib)

                                                           (Sabtu/Minggu/Libur = off)

E-mail                   : arafat.myasir@gmail.com.

Pin Blackberry        : 21e0c4c5

Terimakasih.

Semoga Kesehatan Anda Pulih Kembali..!!!

About these ads

43 thoughts on “Berobat ke Penang – Malaysia”

  1. Sangat berguna sekali informasi diatas dan terima kasih bersedia berbagi informasi, saya punya anak lelaki berumur 13 thn (lahir 31 Okt 1999) mengalami kelainan penglihatan (sakit mata) sejak kecil dan pernah berobat di Batam juga di Medan dan menurut Dokter yang menangani, anak saya mengidap penyakit rabun senja.
    Kami berencana membawa anak kami berobat ke Dokter specialis mata di Penang, mohon bantuannya informasi Dokter mata yang bagus di Penang dan menurut tulisan diatas, di Medan ada perwakilan (informasi) Hospital Lam Wah Ee, mohon alamatnya karena kami juga tinggal di Medan. Terima kasih
    Ganda L.Tobing
    tobing.mpm@gmail.com

    1. Mohon Maaf karena baru bisa membalas. Biasalah sibuk. Terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Begini Pak, Saya tidak tahu dokter mana yang bagus. Akan tetapi sejauh yang saya ketahui, semua dokter di rumah sakit di Penang, semua dokter memiliki kualifikasi standar internasional. Ini bisa dilihat dari rata-rata dokter disitu lulusan dari Inggris. Sehingga tidak akan membuat kita ragu untuk menggunakan layanan mereka. Jika Anda ingin berobat di Hospital Lam Wah Ee, Anda bisa menemui customer service dahulu yang berada tidak jauh dari pintu masuk Hospital Lam Wah Ee. Mereka akan senang sekali membantu Anda menemui dokter mana yang cocok bagi penyakit anak Anda. Utk perwakilan di Medan Anda bisa menghubungi Bapak Gunawan. Dia adalah pejabat perwakilan di Medan. Alamatnya Jalan S.Parman No.60 Medan.Tel : 4561529 HP. 081 361 684 903 Email : gnwan123@hotmail.com. Semoga bermanfaat. Dan semoga cepat sembuh!!!

      1. Pak Asirarafat< saya Herman TD tinggal Sorowako- Sulawesi Selatan, 700km dari Makassar, saya ingin menanyakan ttg Specialist Mata di Hospital Lam Wah Ee Penang,
        Istri saya sdh berobat mata di Jakarta, penyakit yang diderita pterygium.
        awalnya ada selaput putih dekat samping bola mata, diperiksakan ke dokter mata di Jkt, dilakukan operasi, , selang beberapa tahun diperiksakan lagi, dioperasi lagi. namun hasilnya istri saya kalau mau lihat orang harus miring kekanan, kalau tidak ber bayang dua.
        saya kenal banyak dokter mata yang ahli, tapi istri saya sdh Trauma duluan, disarankan ke EYE Center Penang.

        Mhn advice , kemana saya sebaiknya menurut pengalaman temen teman yg sudah berobat mata di PENANG.
        Jika ada yg punya rekomendasi,, sebelumnya saya haturkan terima kasih.

        Herman TD
        082187868938
        E_mail : herman_td@yahoo.com
        PIN 2A4E183D

      2. Bapak Herman TD yang Cerdas,

        Terimakasih atas kunjungannya di blog saya yang sangat sederhana ini.

        Begini Pak,
        Kasus Istri Bapak ini tergolong kepada kasus yang tidak pernah saya ketahui. Saya dan keluarga saya pun belum pernah mengalaminya. Jadi saya mohon maaf tidak bisa membantu Bapak secara maksimal.

        Namun begitu jika Bapak tetap ingin konsultasi di Hospital Lam Wah Ee – Penang, saya tidak bisa melarangnya. Ada beberapa dokter spesialis mata yang bisa Bapak pilih. Bapak bisa membaca lagi artikel saya diatas.

        Akan tetapi sebagai pertimbangan bagi Bapak, saya akan memberikan beberapa pandangan. Sehingga Bapak bisa membuat keputusan yang lebih baik.

        1. Sebaiknya Bapak melanjutkan pengobatan penyakit mata istri Bapak di rumah sakit atau dokter spesialis yang biasa Bapak kunjungi. Sebab selain rekam jejak medis yang sudah ada, penyakit Istri Bapak bisa cepat ditangani sampai sembuh. Karena sudah setengah jalan. Sayang Pak kalau pindah ke lain dokter nanti mulai dari awal lagi. Diagnosa baru, tindakan medis baru, tes laboratorium baru dan sebagainya. Sementara penyakit bertambah terus. Kecuali kalau pada awal-awal timbulnya penyakit, mungkin Bapak bisa membawa istri Bapak ke Rumah Sakit di Penang.

        2. Sejauh pengalaman saya, banyak orang dari Indonesia yang berobat ke Penang setelah merasakan ketidakberesan penanganan dari beberapa orang dokter di Indonesia. Padahal ketidakberesan itu hanyalah tafsiran keluarga pasien. Bukan tafsiran dokter itu sendiri. Sehingga ketika dilakukan penanganan di rumah sakit di Penang terjadi kesalahpahaman. Lalu dikatakan dokter Indonesia gk baguslah. Dokter Indonesia kurang cermatlah. Padahal lain dokter, lain cara dan metode. Bagaimana mungkin bisa sama, wong pendidikannya juga berbeda.

        3. Seorang dokter apalagi seorang dokter spesialis, pasti memiliki kapasitas ilmu pengetahuan yang mumpuni untuk bidang yang digelutinya. Tidak mungkin seorang dokter berniat mencelakai atau mencederai pasiennya. Untuk kasus mata istri bapak, bisa jadi itu bagian dari proses penyembuhan. Kita sebagai orang awam mgk tidak mengetahuinya. Siapa tahu gejala-gejala itulah yang menyebabkannya bisa sembuh. Organ mata itu sangat kompleks sekali. Tidak sembarangan orang bisa menguasai ilmunya. Apalagi ilmu pembedahannya.

        4. Kita sebagai orang awam tidak boleh curiga, menghina atau kurang menghargai jasa dokter. Semua dokter itu apalagi dokter spesialis itu ahli dalam bidangnya. Mereka telah menempuh pendidikan yang sangat lama. Pendidikannya pun diawasi secara ketat oleh lembaga pemerintah. Sehingga kelulusan mereka tidak sembarangan. Akan tetapi mereka juga manusia yg tidak luput dari kesalahan. Namun kesalahan itu tidaklah disengaja. Sebab tindakan medis yang dilakukan pasti telah memenuhi prosedur medis yang berlaku.

        5. Dokter-dokter di Penang atau di luar negeri bukanlah dokter superman, yang bisa memastikan semua penyakit bisa mereka tangani. Tidak. Tidak. Mereka hanya berusaha sesuai dengan kapasitas ilmu yang mereka miliki. Memang sih sebagian besar pasien yang mereka tangani mengalami kemajuan yang luar biasa. Sehingga banyak pasien yang melakukan kunjungan ulang. Namun mereka bisa seperti itu karena pengalaman mereka lebih banyak. Dan itu hanyalah keberuntungan bukan sesuatu yang bisa diprediksi. Ada juga satu atau dua pasien yang gagal sembuh.

        Demikian pandangan dari saya untuk Bapak. Semoga Bapak bisa membuat keputusan yang baik bagi istri Bapak. Untuk informasi Eye Center di Penang, saya kurang tahu. Semoga istri Bapak lekas sembuh. Terimakasih..

  2. Assw, saya safwan, sangat tertarik dengan artikal yang saudara tulis, ini sangat bermanfaat bagi kami yg butuh informasi, dalam waktu minggu ini saya akan cek up ke lam hwa e, sebaiknya saya antrian jam berapa dan rencananya akan nginap di penginapan ANI……di pulau tikus apa saudaraku ini tau alamat penginapan ani…..trims wass.

    1. Terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Begini Bapak Safwan yang baik. Saya menyarankan untuk datang pagi hari. Karena biasanya pagi hari pasien tidak banyak. Anda bisa naik pesawat Sriwijaya Air. Karena dia punya jadwal kalao tdk salah jam 07.20. Sehingga jam 9 pagi Anda sudah sampai di Penang. Lalu Anda bisa langsung ke hospital. Saya kurang tahu ttg penginapan Ani. Saya biasa menginap di penginapan Mewah Court yg jaraknya kurang lebih 200 m dari hospital.

  3. Assallamualaikum, terima kasih dengan blog inim sangat membantu saya mencari RS mana di penang yang bisa saya kunjungi.
    untuk informasi, rumah saya dari jakarta, jauh sekali dari medan, ada apa tidak flight dr jakarta langsung ke penang, langsung untuk RS Lam hwa e ini apakah ada dokter bedah anak yang bisa di rekomendasi. anak saya terkena penyakit megacolon dan perlu di operasi, saya mendengar untuk pembedahan di penang hanya membutuhkan satu kali pembedahan saja, boleh minta saran dokter yg bagus. Dan untuk perwakilan di Jakarta ada apa tidak yah?

    1. Wa’alaikumsalam. Terimakasih sudah mengunjungi blog Saya.

      Begini, Ibu Destia yang Baik. Saya mohon maaf karena Saya kurang tahu apakah ada pesawat dari Jakarta langsung ke Penang. Coba Ibu tanyakan pihak maskapai penerbangan yang Ibu inginkan. Biasanya pihak customer service dari mereka akan siap menjawabnya. Namun begitu saya yakin pasti ada. Soalnya banyak juga orang dari Jakarta. Atau kalau tidak ada mungkin pesawatnya transit dulu di Medan.

      Sedangkan untuk dokter bedah anak, saya juga kurang tahu. Saya sarankan Ibu menanyakan langsung di bagian informasi di hospital, yang berada tepat di sebelah kiri di dekat pintu masuk Hospital Lam Wah Ee-Penang. Atau Ibu bisa menghubungi Bapak Gunawan. Dia adalah pejabat perwakilan di Medan. Dia bisa dihubungi melalui telepon : 061-4561529 atau HP. 081 361 684 903 serta e-mail : gnwan123@hotmail.com. Wassalam.

  4. syarat2dari Indonesia apa saja yang d perlukan utk berobat ke rumah sakit malaysia…karena anak saya akan sy bw ke malaysia utk pembedahan ketumbuhan d perut…

    1. Dear Bpk.Sam,

      Maaf baru bs membalas.
      Syarat-syarat yang diperlukan tdk terlalu sulit. Bapak cukup membawa paspor, uang ringgit secukupnya (biasanya min MYR 5000) dan surat keterangan penyakit dari dokter terakhir yg memeriksa spt hasil lab. dan sebagainya. Itu saja sih. Sementara yang lain bisa didapat disana…

  5. Trimakasih banyak Pak atas penjelasannya karena hampir semua yang akan saya tanyakan langsung sudah terjawab…Tapi masih ada yang mau saya tanya Pak..kalau bapak punya info mengenai biaya perobatan di rumah sakit tersebut pak, misalnya untuk check up…..berapa kira-kira ya..
    Terimaksih sekali lagi..

    1. Sama-sama Pak. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Untuk biaya check up selalu berubah-ubah. Kalo waktu saya dulu sekitar RM 300-400. Lebih jelasnya bpk bisa lihat di situs hospitalnya. Kalo Hospital Lam Wah Ee, bpk bisa meng-klik di http://www.hlwe.com.my atau bisa di search di google dengan mengetik kata kunci hospital lam wah ee penang.

  6. Ass.ww – sebelumnya tksh atas adanya blok ini, sgt membantu dalam arahan di RS Penang, saya penderita kanker kolon sudah 3x di operasi di RS pondok indah Jakata, dan dilanjutkan kemo 16x tp CEA saya masih tinggi trs, sy akan usahakan ke Penang, krn sy tinggal di jakarta, a-pakah kalau bel dulu ke p Gunawan – beliau bisa membantu ? setidak nya ada informasi dari beliau
    Terima kasih atas bantuannya
    Bpk. wing sukardjo

    1. Alhamdulillah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua. Iya betul sekali Pak. Pak Gunawan memang ditugaskan sebagai orang yang menjelaskan kualifikasi rumah sakit Lam Wah Ee Penang.

  7. Artikel yang sangat bagus.
    mungkin rekan2 sudah banyak mengetahui dan mendengar kasus malpraktek, kalau di negara kita di Indonesia, kita sangat mudah melaporkan ke pihak yang berwajib atau departemen kesehatan dan lain2 atau bahkan bisa langsung masuk ke medi massa. Nah, untuk di luar negeri sendiri khususnya di pulang penang (malaysia). seandainya ada terindikasi hal serupa, kemanakah pasien atau calon pasien yang berasal dari indonesia bisa melaporkan? mengingat hubungan antar negara dan lain2. mungkin hal ini bisa menjadi perhatian bagi calon pasien yang akan berobat ke luar negeri.

    mohon sharingnya rekans. terima kasih.

    1. Benar juga tuh. Saya belum pernah berpikir kesana. Bagus juga dugaannya. Namun dugaan saya kalau ada malpraktek pasti ada pihak yang bisa diminta pertolongannya. Keadaan ini tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Pasti ada lembaga yang menangani hal tersebut. Namun begitu, saya rasa kejadian malpraktek di Malaysia khususnya Penang sangat kecil dibandingkan di Indonesia. Sebab selain gaji dokternya besar, hukumnya juga tegas. Sehingga peluang untuk malpraktek akan sangat sangat kecil. Tapi saya sangat berterimakasih sekali jika ada diantara pembaca blog, yang bisa memberitahu saya, pihak atau lembaga apa yang bisa diminta pertolongannya jika ada kegiatan malpraktek. Sekali lagi terimakasih atas masukannya.

      1. Sebagai informasi, beberapa hari yang lalu ada pasien asal medan yang kembali ke indonesia. Terpaksa pulang, karena tidak membuahkan hasil melainkan uang habis mencapai ratusan juta. untuk pulang ke medan saja, keluarga pasien harus membayar ongkos pesawat mencapai puluhan juta, karena beberapa kursi pesawat harus dikosongkan untuk tempat tidur pasien, sewa dokter dan perawat selama diperjalanan. (bisa dibayangkan gak?).
        saat ini pasien sedang dirawat di salah satu rumah sakit di medan, dan sudah sedikit membaik..saya harap agen/perwakilan di indonesia seharusnya mengetahui hal ini..sehingga dapat memberikan informasi yang bijak kepada calon beneficiaries dan masyarakat indonesia bisa lebih cermat dalam memilih tempat berobat.

        Demikian, terima kasih.

      2. Terimakasih atas informasinya. Begini Pak Amin yang Baik. Disini Saya tidak memihak siapa-siapa. Disini saya hanya memberikan informasi yang saya alami. Bukan menjadi iklan atau tenaga pemasaran bagi pihak manapun. Apalagi untuk rumah sakit di Penang. Bila ada kejadian atau berita malpraktek, kita harus jernih mendengarnya. Harus ada seseorang yang ahli di dalam memutuskan apakah kejadian malpraktek tsb disebabkan oleh dokter, pihak rumah sakit atau pasien itu sendiri. Jadi harus dilihat secara lengkap dan jangan sepotong-potong. Bukan langsung mem-vonis salah pihak RS tertentu. Dokter juga manusia. Bisa berhasil dan juga bisa gagal. Yang penting gagalnya sesuai prosedur. Bukan asal-asalan. Setahu saya, semua RS di Penang jika dokternya ingin melakukan tindakan medis, sang dokter wajib/harus meminta persetujuan pasien dan keluarga pasien. Jadi jika terjadi kegagalan, pihak rumah sakit atau dokter tidak akan disalahkan. Ini juga dilakukan di Indonesia. Lagi pula banyak juga saya dengar, pasien yang datang ke salah satu RS di Penang sudah parah penyakitnya. Bukan pada awal-awal terserang. Jadi cukup sulit jg menyembuhkannya. Untuk agen/perwakilan yang harus tahu tentang malpraktek, Saya rasa agen/perwakilan, tidak ada urusan tentang hal tersebut karena bukan tugasnya. Ada pihak yang memang bertugas untuk hal tersebut. Oleh karena itu, saya tekankan sekali lg, setiap ada kejadian malpraktek kita harus jernih mendengarnya bukan memihak pihak manapun. Begitu Pak. Mohon maaf jika saya kesannya mengajari. Saya bukan berniat seperti itu. Saya hanya membagi informasi yang saya alami sendiri. Sekian. Terimakasih…

  8. dear myasirarafat,
    trima ksi blog ini sgt membantu skali khususnya sy.
    sy mau tny kalo dokter THT Bedah Kepala dan Leher yang bagus siapa ya? biasanya yg pasiennya byk?
    trs kalo dr jakarta enaknya naik apa ya (pagi)?

    bisa tolong infonya di krm ke e-mail : sun5from@yahoo.com.
    sy tunggu :)
    thks before

    1. Dear rubys amor,

      Mohon maaf bukan saya tidak mau memberikan informasi siapa dokter yang bagus kepada Anda. Akan tetapi utk menghindari kesalahan penanganan, lebih baik Anda bertanya langsung ke bagian penerangan pada Hospital di Penang yang Anda inginkan. Jika Anda tidak bisa berbahasa Melayu, jgn khawatir tenang saja. Mereka bisa berbahasa Indonesia juga. Atau jika Anda ingin ditangani di Hospital Lam Wah Ee, Anda bisa menghubungi Bpk. Gunawan dengan alamat dan no.hp yang tertera di artikel saya diatas. Saya hanya memberikan informasi umum saja.
      Sedangkan utk pesawat Anda bisa menanyakan langsung juga ke bagian customer service pada maskapai yang ingin Anda gunakan. Saya yakin mereka siap membantu Anda. Terimakasih

  9. Pak Myasirarafat saya mau tanya.
    Bapak biasa menginap di Mewah Court kalo datang ke Lam Wah, boleh minta no telp contact personnya Pak?
    Terima kasih infonya

    1. Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Begini Ibu Liana. Bukan saya tidak ingin memberitahu nomor telp. contact person-nya. Cuma saya hanya menjaga hubungan bisnis kami yang kami jaga. Akan tetapi jika Ibu Liana ingin tahu, Ibu bisa menghubungi saya dahulu di no.hp 0813 60 99 4001. Nanti saya akan memberitahu Ibu..Terimakasih

  10. Halo pak, mohon info berapa biaya konsultasi ke dokter spesialis di lam wah ee ? Apakah setiap dokter spesialis sama tarifnya ? Mau berobat kulit di lam wah ee. Trims

    1. Terimakasih sudah mengunjungi blog saya.

      Ibu Suzana. Kalau saya tidak salah, waktu itu biaya konsultasi dokter spesialis di Hospital Lam Wah Ee berkisar antara RM 60 – RM 100. Saya tidak tahu apakah dokter spesialis yang satu dan yang lainnya sama atau berbeda. Untuk lebih jelasnya Ibu bisa menghubungi customer service-nya di no.telp yg tertera di website hospital Lam Wah Ee. Kalau Ibu tidak tahu website-nya, ini alamat website-nya http://www.hlwe.com.my. Semoga cepat sembuh!!

  11. maaf saya mau tanya, tapi sebelumnya saya ingin menceritakan terlebih dhulu, sekitar 1 tahun yg lalu di australia, istri saya melakukan operasi tumor di kepala, untuk saat ini saya ingin melanjutkan melakukan radiotherapy di malaysia, apakah rmh sakit tersebut juga menyediakan untuk radiotherapy, terimakasih
    Bpk Nyoman (bali)

  12. terimakasih untuk infonya pak…tp kalo boleh saya tau..kira” dokter mata yg bagus di lam wah ee siapa ya?soalnya kan pada saat pendaftaran harus tau nama dokternya. sekedar info ibu saya menderita glukoma.
    terimakasih pak…

    1. Ibu Patricia,

      Terimakasih telah mengunjungi blog saya.

      Begini Ibu Patricia yang baik. Menurut saya semua dokter mata di Hospital Lam Wah Ee bagus bagus. Tergantung kita saja. Mana yang menurut kita lebih nyaman dan tenang. Lagipula Pemerintah Penang sangat ketat di dalam memberi ijin praktek kepada dokter. Jadi ibu tidak usah khawatir. Semua dokter mata yang praktek di Hospital Lam Wah Ee bagus bagus koq.

      Dan saya tekankan disini, blog ini bukan blog promosi. Saya tidak ada perjanjian program pemasaran apa pun dengan Hospital Lam Wah Ee. Ini murni inisiatif saya. Saya hanya ingin berbagi informasi saja.

      Kalo Ibu tdk tahu siapa nama dokter mata yang ingin ibu konsul dengannya, ibu bisa membaca lagi blog saya diatas. Disitu ada saya tulis, sebagian nama dokter mata yang praktek di Hospital Lam Wah ee. Terimakasih..

      Semoga orangtua Ibu cepat sembuh…!!

  13. Terima kasih..informasi diatas sangat membantu saya terutama keluarga saya yang baru tgl tadi pagi mau berobat disana.sebelumnya saya minta maaf..kira-kira nama dokter yang anda sebutkan diatas saat ini masih bertugas disana atau tidak?terutama dokter bedah tulang,syaraf…terima kasih..

    1. Terimakasih telah mengunjungi dan membaca artikel di blog saya yang sangat sederhana ini.

      Nama-nama dokter yang saya tulis diatas berdasarkan informasi yang terdapat pada situs resminya. Jika ingin kepastian informasi lebih baik datang langsung ke hospital dan menanyakan langsung pada customer service. Letaknya tidak jauh dari pintu masuk Hospital Lam Wah Ee.

      Terimakasih…

  14. Malam pak…mau tanya nih…rencana september besok saya akan menemani mertua operasi lutut di island hospital. Tapi saya juga rencana mau ke dokter kandungan atau dokter spesialis kelamin pria untuk menanyakan masalah kesuburan dan minta resep obat untuk suami saya dengan membawa hasil lab dan usg dari dokter di indonesia. Apakah bisa hanya dengan membawa hasil lab dan hasil usg suami tapi suami saya sendiri tidak ikut? Takutnya dokter di penang tidak menerima hasil lab dan usg dari indonesia. Makasih sblmnya

    1. Malam jg. Walaupun sudah siang saat ini.He..he2

      Ibu Lia atau Nona Lia ne. Ya udah Ibu Lia aja ya.

      Begini Ibu Lia yang baik.

      Saya ucapkan terimakasih sekali karena Ibu sudi mengunjungi blog saya yang sangat sederhana ini. Padahal banyak blog lain yang lebih berkualitas informasinya.

      Terus terang Saya belum pernah ke Island Hospital. Jadi saya tidak tahu sama sekali tentang Island Hospital. Saya hanya pernah ke Hospital Lam Wah Ee. Kenapa ? Karena hospital ini tidak komersil. Owner mereka itu yayasan. Mereka mendapatkan anggaran dana dari donatur. Sehingga saya sangat merekomendasi ke Hospital Lam Wah Ee. Selain biaya mereka lebih murah, kualitas dokter-nya jg tidak diragukan.

      Mengenai hadirnya suami ibu, sejauh pengalaman saya sebaiknya beliau hadir. Karena hasil lab itu sudah kuno. Dokter pasti ingin lihat wajah dan tubuh pasien. Dengan begitu dokter bisa tahu apakah pasien hanya bisa diberi obat atau dilakukan tindakan medis.

      Demikian jawaban dari saya. Semoga bisa membantu…

  15. Assalaamu’alaikum Pak yasir,
    Mohon informasi kira – kira untuk biaya medical check up di Lam Wah EE berapa ya, Pak? Apakah kita tetap dilayani oleh dokter pada hari Sabtu dan Minggu? Terima kasih sebelumnya

    1. Wa’alaikumussalam.

      Terimakasih telah mengunjungi blog saya. Maaf baru bisa membalas.

      Begini Ibu Putri yang Cerdas,
      Kalau tidak salah biaya medical check up di Hospital Lam Wah ee antara MYR 300 s/d MYR 500. Tapi ini tergantung mau paket apa. Ada beberapa paket. Utk lebih jelasnya Ibu bisa melihat di situs internetnya di http:///www.hlwe.com.my lalu klik ENTER lalu pilih Health Screening Packages. Disitu ada apa-apa saja yg akan dicek.

      Terimakasih. Semoga Bermanfaat

  16. assalamualaikum…
    saya mahyuddin dari aceh sekarang lagi di tanjung malim-perak
    saya mohon informasi tentang dokterk dan biaya untuk check up masalah keturunan kalau kita berobat di hospital lam wah ee. apa boleh kesana setiap hari?
    terima kasih sebelumnya

    1. Wa’alaikumussalam..

      Terimakasih telah mengunjungi blog saya.

      Begini Bapak/Sdr. Mahyuddin yang Baik,

      Semua informasi sudah saya berikan pada artikel di blog saya. Jadi Bapak bisa merujuk kesana. Btw Tanjung Malim- Perak itu dimana ya Pak?

  17. Ass.saya mau beli obat yang dari rumah sakit lam wah ee……tapi saya di indonesia….gimana caranya agar obat tersebut bisa dibeli tanpa harus ke sana…????dan sebelumnya saya pernah berobat kesana……obatnya cocok……kata dokter di indonesia disini juga ada obat sejenis…..tapi setelah dimakan…perasaan ngantuk terus…..lebih enak obat yang dari penang………gimana caranya ya mas mendapatkan obat dari rumah sakit lam wah ee tanpa kesana….???? Tereimakasih

    1. Terimakasih telah mengunjungi blog Saya yang sangat sederhana ini.

      Begini Bapak Rusdi,

      Saya menyarankan kepada Bapak untuk konsultasi kepada dokter yang biasa Bapak temui. Dengan dokter tsb Bapak bisa meminta obat yang biasa Bapak konsumsi. Dengan begitu kesehatan Bapak bisa terjamin..

      Saya tidak tahu bagaimana mendapatkan obat tanpa konsultasi dokter. Di Indonesia saja Saya tidak tahu caranya, bagaimana pula kalau di Penang ?
      Demikian. Semoga bermanfaat.

      1. Saya lactumi sihombing. Saya dari medan…..
        Begini pak saya punya adik
        adik saya kenak bakar waktu berumur 2 tahun….
        kami ingin mengoperasinya di penang tapi
        Saya belum pernah ke penang
        Jadi Saya ingin menanyakkan berapa biaya untuk mengoperasi kulit adik saya……
        apa-apa saja yg perlu qmi bawa ke penang dan apa saja syarst nya
        Soalnya kami belym pernah ke penang

      2. Dear Lactumi Sihombing,

        Terimakasih telah mengunjungi blog Saya yang sangat sederhana ini.

        Begini..

        Semua langkah dan cara serta apa saja yang dibutuhkan utk berobat ke rumah sakit di Penang, khususnya Hospital Lam Wah Ee, sudah Saya tulis di blog Saya diatas. Mohon dibaca dengan seksama.

        Mengenai biaya, terus terang Saya tidak tahu berapa biaya yg dibutuhkan utk melakukan tindakan operasi terhadap luka bakar adik Anda.
        Karena biaya itu ditentukan oleh diagnosa dokter dan hasil laboratorium.

        Sebaiknya Anda membawa adik Anda ke rumah sakit dan bertemu langsung dengan dokter.

        Demikian. Semoga bermanfaat.

  18. Begini pak, katanya kalau kita ingin ke rumah sakit penang,
    harus bawa surat rujukan ya dari dokter yg ada di medan….

    1. Yang Saya ketahui tidak terlalu perlu. Tapi itu hanya untuk mengetahui sejauh mana sudah dilakukan tindakan saja…

  19. Apa kami langsung ke rumah sakit penang ya pak???
    Apakah itu benar pak harus bawa surat rujukan,,,,,
    kalau kami ingin lebih dalam lagi mengatuhi rumah sakit penang apa boleh kami menjumpai bpk gunawan di medan…..
    karena kami ingin tau lebih lanjut…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s