Tips Menjadi Pengusaha Sukses Tanpa Modal

Membuka Usaha Setiap orang yang saya ajak berdiskusi, khususnya mengenai topik membuka usaha, mereka selalu bertanya dan berkata,

“Bagaimana saya memulai usaha, sedangkan saya tidak memiliki modal”

“Bagaimana saya memulai usaha, untuk biaya makan saja tidak cukup”

“Bagaimana saya memulai usaha, saya telah berkeluarga”

dan sebagainya.

Padahal tidak ada hubungannya antara membuka usaha dengan modal, kebutuhan hidup, keluarga atau apalah lainnya. Membuka usaha hanyalah masalah kemauan bukan masalah kebutuhan. Siapa yang mau maka dialah yang akan menerima hasilnya.

Memiliki usaha yang mapan dan bisa menghidupi pemiliknya, tanpa harus menyempatkan waktu dan memberikan tenaga, adalah impian setiap orang. Apalagi yang bisa memenuhi semua kebutuhan pemiliknya. Namun tidak semua orang bisa memperoleh informasi bagaimana mendapatkan usaha yang mapan tersebut. Itulah sebabnya informasi ini sangatlah mahal. Untuk mendapatkan informasi ini hampir hampir menghabisi nyawa pencarinya.

Sebagian besar orang tidak memiliki kemauan membuka usaha disebabkan oleh informasi yang mereka terima semuanya tidak lengkap. Bahkan cenderung penuh kesalahan. Mereka menerima informasi dari orang-orang yang mentalnya pecundang. Orang-orang yang gampang menyerah. Terutama orang-orang yang suka terhadap orang yang gagal. Suka disini bukan dalam arti positif. Tapi suka disini adalah orang-orang yang dengki kepada orang yang berani membuka usaha dan berbeda bagi kebanyakan orang.

Dari mereka-mereka inilah, orang-orang awam yang ingin membuka usaha dan menjadi pengusaha, mendapatkan informasi. Sehingga bagaimana mungkin mereka bisa sukses jika jalan menuju kesuksesannya tidak benar. Disinilah letak masalah utamanya. Bukan modal.

Sejauh pengalaman saya, membuka usaha itu tidak perlu modal. Cukup kemauan yg kuat dan penuh semangat. Semakin besar kemauan Anda maka semakin cepat Anda sukses. Dan ini bukan omong kosong. Ini sudah terbukti. Banyak pengusaha yang telah sukses membuktikannya. Mereka tidak memiliki modal sama sekali. Mereka bukan berasal dari keturunan orang kaya. Tapi mereka bisa menjadi pengusaha dan kaya raya.

Setelah saya melihat dan mendengarkan cerita mereka, ternyata modal itu akan datang kepada orang yang memiliki kemauan kuat.

Saya sangat setuju dengan orang yang berpendapat bahwa setiap orang berpeluang menjadi sukses. Setiap orang bisa menjadi pengusaha yang sukses. Setiap orang bisa memiliki usaha yang mapan. Meskipun usahanya masih tergolong kecil tapi usaha itu bisa menghidupi pemiliknya. Itu sudah cukup. Yang penting ada perputaran uang. Ada masuk dompet. Lambat laun pasti usaha itu semakin besar.

Oh ya. Membuka usaha itu bisa dilakukan kapan saja dan  dimana saja. Tidak peduli mau di kampung atau pun di hutan. Asalkan bisa berkomunikasi dengan banyak orang, usaha itu bisa berpeluang sukses. Apakah itu di rumah, kampus, pasar, kantor, terminal, bandara, pelabuhan, rumah sakit, dan tempat-tempat umumnya. Yang paling penting adalah ide Anda. Temukan ide Anda dulu baru buka usaha.

Bagaimana caranya ? Bagaimana caranya menemukan ide ?

Menurut saya caranya tidak lain dengan banyak membaca, membuka mata dan telinga lebar-lebar. Seraplah segala informasi yang ada. Kemudian berpikirlah. Berpikirlah tentang apa yang bisa memudahkan orang lain. Apa pun itu.

Berpikirlah. Berpikirlah. Dan Berpikirlah…

Pengetahuan yang dalam dan rasa ingin menolong orang lain, membuat Anda mudah untuk menemukan ide cemerlang.

Mungkin Anda bertanya, OK-lah sebuah ide berhasil Anda temukan.

Lalu bagaimana mengembangkannya ?

Apakah tidak perlu modal ?

Apakah tidak perlu uang ?

Bukankah semua urusan sekarang harus menggunakan uang ?

Bagaimana mengembangkan ide jika tidak ada modal ?

Inilah yang saya maksud diatas. Informasi yang salah. Sebagian besar kita mendapatkan informasi yang salah. Sehingga kita tidak berani membuka usaha. Terutama informasi tentang modal.

Memang sih kalau Anda bertanya kepada orang-orang, bagaimana caranya membuka usaha tanpa modal, mereka akan mengatakan Anda Orang Gila. Kenapa Saya tahu ? Ya karena saya mengalaminya sendiri.

Tapi percayalah apa yang mereka bilang itu bukan pikiran mereka tapi kedengkian dari mereka karena Anda tahu pertanyaan itu. Mereka tidak tahu ada pertanyaan semacam itu. Padahal bertanya adalah kekuatan terbesar di kolong bumi ini. Orang yang mampu bertanya adalah orang yang cerdas.

Sejauh yang saya ketahui, modal itu ada dimana-mana. Bahkan di sekeliling kita sendiri. Masalahnya kita tidak bisa melihatnya. Kita tidak sadar bahwa modal itu berada tidak jauh dari tempat kita berada. Dengan informasi yang benar kita bisa melihatnya. Informasi inilah yang harus kita kejar. Informasi ini yang harus kita cari. Apakah Anda ingin tahu informasi tersebut ?

Baiklah. Sekarang saya ingin bertanya kepada Anda para pembaca,

Apakah Anda tahu bank ? Saya yakin sebagian besar Anda mengetahui dengan pasti apa bank itu. Sekarang coba Anda pikir, darimana bank itu berdiri ? Apakah bank itu berdiri tanpa ada yang mendirikannya. Langsung ada begitu saja. Tentu tidak, bukan ? Pasti ada yang mendirikannya.

Saya bertanya lagi,

Apakah Anda tahu apa yang melatarbelakangi para pendiri bank itu mendirikan bank ?

Apakah karena mereka peduli terhadap Anda yang belum kaya ?

Apakah mereka ingin menghambur-hamburkan uang hasil jerih payah mereka ?

Sampai disini apakah Anda telah mendapatkan pencerahan dan bisa menjadi pengusaha tanpa modal ?

Kalau jawabannya belum bisa, tidak apa-apa. Karena saya juga tidak bisa kalau hanya segini informasinya.

Kalau jawabannya sudah, berarti Anda jenius. Saya ucapkan Selamat Buat Anda…!!

Untuk yang belum bisa, Tenang, tenang Kawan. Jangan kecewa. Insya Allah saya akan menceritakan lebih lanjut lagi bagaimana menjadi pengusaha sukses tanpa modal. Sabar saja. Orang sabar bisa mengalahkan 10 orang yang tidak sabar.

Tapi karena keterbatasan waktu maka saya rasa sampai disini dulu tulisan ini. Maklum saya lagi sibuk mengurus usaha saya. Di lain kesempatan saya akan menceritakan lagi lebih rincinya. Atau Anda bisa mencari artikel-artikel terkait di blog ini.

Jika Anda memang ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana menjadi pengusaha sukses tanpa modal, Anda bisa menghubungi saya via telepon seluler atau e-mail. Nomor handphone dan e-mail saya, dapat Anda lihat di bagian Penulis.

Demikian artikel yang telah saya tulis ini, Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam Sukses dari Saya….!!

About these ads

11 thoughts on “Tips Menjadi Pengusaha Sukses Tanpa Modal

    1. Terimakasih telah mengunjungi blog saya yang sangat sederhana ini.

      Begini Bapak Alberto yang Cerdas,

      Bapak sudah bertanya saja itu adalah modal untuk menjadi pengusaha. Tidak banyak orang yang mau bertanya seperti Bapak. Bapak tahu, pertanyaan adalah energi kreatif yang dianugerahkan Allah SWT kepada manusia. Hanya manusia saja yang memiliki pertanyaan. Hewan dan tumbuh-tumbuhan tidak mungkin memilikinya. Karena itu saya yakin suatu saat nanti Bapak akan menjadi seorang pengusaha yang sukses melebihi apa yang Bapak bayangkan.

      Masalahnya adalah kepada siapa Bapak bertanya. Apakah bertanya kepada orang yang tidak pernah menjadi pengusaha atau bertanya kepada orang yang sudah sukses menjadi pengusaha. Menurut saya pribadi, sebaiknya Bapak jangan bertanya kepada saya. Karena saya merasa belum sukses. Namun jika pertanyaan Bapak itu tetap diajukan kepada saya, maka saya menyarankan Bapak untuk mengubah mind set dahulu. Ya. Mind set. Mind set atau cara berpikir. Cara berpikir dahulu yang harus Bapak ubah. Mengubah dari cara berpikir bagaimana caranya membeli, ke cara berpikir bagaimana caranya menjual. Itu dahulu. Baru yang lain-lain. Demikian, semoga bermanfaat.

      Salam Sukses dari Saya….!!

  1. Terima kasih infonya mas,
    Tapi kira2 usaha tanpa modal yg pas buat saya apa ya mas ? Sdgkan saya baru berumur 19 tahun,
    Kalo mas berkenan, tolong di beritau ya mas, soalnya saya belum punya ide yg bisa memantapkan saya buat bergerak memulai kerjanya mas, di bantu ya mas,terima kasih

    1. Saudara Dody,

      Terimakasih juga telah mengunjungi dan membaca artikel di blog saya yang sederhana ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

      Sebenarnya saya bingung untuk memberitahukannya kepada Anda. Karena banyak sekali usaha tanpa modal yg ada di sekitar Anda. Cuma Anda mungkin tidak pernah melihatnya. Atau Anda mungkin melihat tp tdk bisa mengambilnya menjadi usaha pribadi Anda.

      Tapi gk usah cemas. Karena saya jg seperti itu dahulu awalnya. Namun setelah mindset saya, saya ubah barulah saya bisa melihat dan mengambilnya menjadi usaha pribadi saya.

      Utk mengubah mindset, Anda tidak bisa tidak Anda harus bergaul dengan org yg berpikiran positif. Krn sejauh yg saya ketahui, kita tidak bisa melihat ada usaha tanpa modal di sekitar kita, krn pergaulan kita dengan org2 yg berpikiran negatif.

      Baiklah. Saya akan memberitahukan Anda satu usaha tanpa modal yg mungkin bisa Anda coba. Usaha itu adalah rental mobil. Ya. Rental mobil. Anda hanya perlu teman, saudara atau rekan kerja yg ingin menggunakan mobil utk melaksanakan kegiatannya. Anda tdk perlu modal. Apalagi membeli mobil. Anda hanya cukup meyakinkan teman Anda bahwa Anda memiliki usaha jasa rental mobil dan Anda bisa menghadirkan mobil untuk hal tsb. Lalu tetaplah percaya dirilah maka uang akan datang kepada Anda. Mudah, bukan?

  2. Assalamu’alaikum
    Saya mau bertanya mas,usaha apa yang tepat untuk saya sedangkan saya sekarang bekerja disebuah rumah sakit

    Mohon informasinya mas
    Terimakasih

    1. Wa’alaikum salam.

      Terimakasih telah mengunjungi blog Saya yang sangat sederhana ini.

      Begini Mas Zidan. Maaf kalo Saya salah dalam penyebutan nama.

      Kalo Anda mau buka usaha, jangan berpikir harus punya modal besar. Atau punya kantor. Kalo kayak gitu mikirnya Anda Gk akan pernah buka usaha. Tapi berpikirlah bagaimana melayani orang lain. Bagaimana memudahkan urusan orang lain. Itu Mas. Jika cara berpikirnya seperti itu Saya yakin Mas pasti bisa punya usaha dan jadi Pengusaha.

      Namun kalo Mas Zidan masih bingung, coba cara ini.

      Setiap tiba di kantor, coba lihat di depan mata Mas. Kemudian berpikir, dan tanyalah dalam hati,

      “Apa yang bisa Saya lakukan untuk memudahkan urusan orang lain dalam Rumah Sakit ini dan bisa menghasilkan uang untuk Saya ?”.

      Gk usah banyak mikir. Tanya aja terus. Tanya aja terus dalam hati. Saya yakin dalam 2 minggu, Mas akan bisa menemukan usaha yang tepat. Percayalah.

      Demikian, semoga bermanfaat..

  3. Saya pekerja buruh mas,, saya biasa bekerja menjadi tukang pemasangan interior exterior di daerah bekasi, dan kluarga saya di kampung, saya di kampung sudah merintis usaha sejak lulus smp, saya membuka rental game ps2, dan yang sekarang mengalami sepi, karena sudah pada bosen mungkin,, dan posisi saya sekarang msih d bekasi, bekerja untuk menfkahi yang ada di kampung, begini mas yang saya may tanyakan, saya jarang sekali pulkam, otomatis saya kurang memahami keadaan kampung di masa kini, dan minat tekad saya ingin sekali merintis usaha di kampung kembali yang kelak mampu saya andalkan untuk menafkahi kluarga saya, mohon pencerahanya ya mas,, apa kiat yang harus saya lakukan untuk mewujudkan apa yang saya elu elukan di atas,,,,, dengan modalpun insyaAllah akan saya usahakan, walau kecil jumplahnya,,, mohoon bimbinganya mas,,,, trimakasih,,,

    1. Mas Yoga,
      Terimakasih telah mengunjungi blog Saya yang sangat sederhana ini. Padahal ada banyak blog yang lebih bagus dari blog Saya ini

      Begini Mas,
      Saya sangat kagum dan angkat topi atas kerja keras Mas. Karena jarang sekali ada orang yang mau memiliki kemauan untuk mau bekerja di Bekasi. Yang Saya tahu kehidupan di Bekasi saat sekarang ini sangat keras. Apalagi dengan adanya kenaikan harga bahan pokok dimana-mana. Jika orang-orang tidak mau bekerja keras mereka akan tergilas dengan orang-orang yang mau bekerja keras. Belum lagi nanti tahun 2015 dimana semua pekerja di beberapa negara ASEAN bisa bekerja di Indonesia dengan upah yang lebih rendah dari orang yg ada di Indonesia namun memiliki keahlian dan ketrampilan diatas orang Indonesia.

      Mengenai Rencana Mas ingin membuka usaha di kampung, koq mikirnya ribet amat Mas. Yg sederhana dan terlihat bodoh aja. Itu konsep bisnis. GK perlu mikir yg njelimet. Dan sebenarnya Mas sudah lebih tahu dari Saya. Sebab Mas sudah merintis usaha rental PS2. Jadi Mas tinggal mengembangkannya saja. Yang Saya tahu tujuan Mas membuka rental PS2 kan untuk menyediakan tempat hiburan bagi anak-anak. Betul tidak ne ? Jadi Mas tinggal memutar otak bagaimana perangkat PS2 itu jadi hiburan yang lebih menarik lagi. Lebih menggairahkan lagi.

      Contoh. Ini sekedar contoh ya Mas. Mas bisa mengembangkannya lebih lanjut. Mas bisa membuat iklan rental gratis selama 1 jam. Jika diatas 1 jam maka Mas akan mengenakan biaya 2 kali lipat dari harga sewa sebelumnya. Tapi Mas bisa memberikan hadiah jika lebih dari 2 jam akan mendapatkan pulsa gratis 5000 misalnya. Terserah Mas gimana kreasinya. Yang penting membuat semut-semut(pembeli) datang mengunjungi gula (produk atau jasa menarik). Jika sudah begitu, Mas tinggal menambah produk atau jasa lain. Seperti cetak photo digital, pulsa, snack, potong rambut, jualan baju koko anak2 dan sebagainya. Saya yakin jika Mas lebih kreatif, Mas jadi pengusaha sukses di kampung Mas. Gimana, udah tercerahkan belon ne ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s