Pintar Bersama Internet

Beberapa waktu lalu di sebuah rumah ada percakapan kira-kira sebagai berikut, “Nak, kapan kuliah kamu selesai ?”.Mudah-mudahan 1 bulan lagi Yah”. “Kenapa satu bulan terus, udah setahun neh kamu belum juga selesai. Teman kamu sudah pada selesai tuh, masa kamu belum sih”. ”Iya Yah. Mereka kan lain. Mereka punya notebook yang bisa terhubung internet. Jadi mereka bisa menyelesaikan skripsi-nya dengan cepat berkat itu.” “Begitu ya ?“. “Koq bisa begitu?”. “Apa hebatnya internet itu ?”. “Oh internet itu hebat banget Yah. Dia bisa menjadi referensi bagi sumber skripsi. Semua ada di internet. Hanya dengan satu klik kita bisa dapat beberapa artikel ilmu pengetahuan. Dari mulai ilmu pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan sampai dengan luar angkasa”.  “Masa sih bisa begitu?”. “Iya Yah.” . ”Ya udah kalo begitu besok Ayah belikan kamu notebook dan internet. Tapi ingat kamu harus selesai bulan depan ya .” “Oke. Thanks. Ayah baik deh.”

Begitulah kira-kira percakapan antara ayah dan anaknya. Sekarang untuk menyelesaikan dan meraih gelar dalam pendidikan sangat terbantu dengan teknologi informasi yang dikenal dengan internet. Internet yang kepanjangan dari international networking adalah beberapa komputer yang saling berhubungan satu sama dengan yang lain di dalam sebuah jaringan, yang mana bisa berbagi data, gambar dan suara. Asalkan memiliki standar protokol yang sama maka semua komputer akan bisa berhubungan.

Dahulu komputer hanya bisa digunakan oleh individu saja. Untuk mengambil informasi dari komputer lain harus mendatangi mereka. Tapi berkat perkembangan teknologi jaringan komputer yang semakin canggih, kegiatan yang membuang waktu itu tidak akan terjadi lagi. Orang dengan mudah akan bisa mengambilnya hanya dengan terhubung dengan internet.

Perkembangan internet semakin hari semakin mengarah kepada kemudahan manusia di dalam mencari data, gambar, suara dan video yang diinginkan. Dengan dibantu World Wide Web (WWW) maka semua informasi yang kita inginkan akan didapat. Internet, yang sudah memiliki pengguna lebih dari 1,5 milyar orang ini, dibantu dengan yang namanya search engine. Search engine atau mesin pencari situs adalah program komputer yang bisa digunakan untuk mencari situs yang mengandung informasi tadi.

Antara internet, www dan search engine tidak ada kesamaan. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda. Internet yang digabung dengan www dan search engine bisa dan mampu membuat orang kecanduan. Apalagi sekarang jumlah situs sudah mencapai milyaran. Semua situs tersebut memiliki informasi yang bermacam-macam. Mulai dari tanggal lahir penemu atom sampai jenis kulit biawak. Semua informasi yang dibutuhkan orang hampir semuanya tersedia di internet.

Di internet juga tersedia teknologi yang tercipta tanpa direncanakan akibat dari kemudahan teknologi tersebut. Seperti e-mail atau surat elektronik, instant messaging atau chatting atau ngobrol via internet, streaming media atau mendengar berita secara on time, file sharing atau bagi-bagi informasi, online game atau permainan via internet, internet telephony atau telepon via internet, online store atau toko via internet, online dictionary atau kamus internet dan yang terakhir social networking atau pertemanan via internet atau jejaring sosial.

Teknologi yang terakhir ini sangat memanjakan orang untuk tidak keluar rumah. Sehingga banyak sekali yang memakainya. Inilah yang tadi dikatakan bisa membuat orang kecanduan. Karena situs ini mampu menampung segala aktivitas kita. Lalu informasi itu juga bisa dilihat dan dibaca oleh setiap orang. Makanya situs ini disebut situs jejaring sosial. Situs ini mampu menampung biodata diri pribadi, kegiatan, pekerjaan dan lain-lain. Yang mana membuat orang-orang yang juga terhubung internet bisa melihatnya. Dengan begitu mereka bisa mengajukan diri sebagai murid, teman atau bahkan pacar. Saking mudah dan lengkapnya informasi yang diberikan internet, orang mau menggunakannya untuk kegiatan yang mengarah kepada kriminal.

Sudah banyak kasus kriminal yang terjadi akibat dari perilaku yang buruk itu. Dari pembajakan situs untuk politik sampai pencurian uang di kartu kredit. Tapi bukan berarti internet itu berdampak negatif bagi manusia. Hanya karena kasus kriminal seperti itu bukan berarti teknologi yang berhasil ditemukan harus nyata-nyata dihapuskan. Jelas ini sebuah pemikiran yang salah. Ini sebenarnya sama seperti pisau. Anda tahu pisau, bukan ? Pisau itu bisa digunakan untuk mengiris bawang dan sebagainya. Sehingga pisau sangat berguna untuk ibu-ibu di dapur untuk memasak. Meskipun begitu ternyata pisau bisa juga dipakai untuk membunuh orang. Tapi apakah pisau berkurang produksinya ? Tidak bukan ? Jadi semua tergantung manusia yang menggunakannya.

Menjadi pintar dan sukses dengan internet bukan hal yang langka untuk zaman sekarang. Bahkan tanpa perlu sekolah sekalipun. Segala informasi dan buku penunjang pendidikan tersedia luas di internet. Sudah banyak orang menemukan sesuatu berkat internet. Anda kenal Onno W Purbo? Itu tuh ilmuwan ITB yang dijuluki menteri internet Indonesia. Dia itu bisa seperti sekarang ini berkat internet lho. Bahkan Presiden AS yang sekarang itu, Siapa hayo ? Ya. Barrack Husein Obama, koq tahu ? Dia juga bisa menjadi presiden berkat internet juga. Nah jangan tunggu lagi kesuksesan Anda sudah di depan mata.

Mudah-mudahan dengan internet di masa-masa mendatang akan tercipta orang-orang pintar yang bisa membuat sebuah teknologi baru yang bisa memudahkan manusia di dalam melakukan aktivitasnya. Sebab masih ada sebagian kecil orang di belahan bumi lain yang belum merasakan hidup seperti yang sudah sebagian besar orang rasakan saat ini. Sebab masih banyak juga kebutuhan-kebutuhan manusia yang belum terpenuhi.

Mari manfaatkan internet untuk kebaikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. {}


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s