Mau Sehat Ya Kontrol Gaya Makan

Ada beberapa kasus dimana seseorang menghabiskan biaya perawatan dan pengobatan di rumah sakit jutaan rupiah. Bahkan ada yang sampai menghabiskan milyaran rupiah. Mereka hampir putus asa untuk menyembuhkan penyakit yang mereka alami. Karena mereka sudah mengunjungi beberapa ahli kedokteran dan diberi obat tapi tetap tidak juga mengalami kesembuhan.

Sebenarnya sehat itu murah. Untuk mendapatkan kesehatan tidak perlu mencari obat-obat dari luar. Dari dalam tubuh kita ada obatnya tersendiri. Cuma terkadang orang tidak sabar untuk menahan penyakit yang dideritanya. Mereka ingin sembuh dalam waktu cepat. Berapa pun biayanya mereka akan menanggungnya. Yang penting sehat kembali kepada mereka. Kalau perlu mereka juga akan menghentikan gaya makannya demi memperoleh kesehatan tersebut. Untuk itulah mereka mau bersusah payah kesana kemari untuk mencari apa obat yang cocok bagi kesembuhan penyakit yang diderita. Namun setelah mendapatkan kesehatan mereka tidak tahan melihat makanan yang lezat dipandang mata dan enak di lidah. Sehingga segala makanan yang sedap dan lezat dipandang mata akan disantap tanpa dilihat kandungan nutrisi dan gizinya.

Banyak sekali kita lihat di pasar, supermarket, kios, toko yang menjajakan makanan dan minuman yang belum tentu memenuhi standar nutrisi dan gizi yang disarankan oleh para ahli kesehatan. Meskipun sudah melewati prosedur standar makanan dan minuman yang dikeluarkan departemen kesehatan, akan tetapi hal itu tidak menjamin bahwa makanan dan minuman itu baik bagi tubuh seseorang.

Menurut para ahli kesehatan, secara umum, ketika seseorang memakan sesuatu pada mulanya makanan itu akan diproses di gigi yang dibantu dengan air liur. Kemudian masuk ke kerongkongan. Lalu masuk ke lambung. Dari lambung diproses di hati. Dan dari hati baru disalurkan ke seluruh organ tubuh dalam bentuk cairan. Nah jika makanan atau minuman itu tidak berguna bagi tubuh maka sisa makanan itu akan keluar melalui anus. Namun jika tidak maka sisa makanan itu akan mengendap di salah satu organ tubuh. Inilah yang sering menimbulkan penyakit. Endapan tadi akan mengundang jamur dan bakteri untuk berkembang biak. Sehingga akan mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh. Jika hal ini berlanjut maka timbullah penyakit-penyakit seperti hipertensi, diabetes, kanker, dan sebagainya.

Mungkin diantara Anda ada yang bertanya, bagaimana cara untuk mengetahui apakah makanan dan minuman itu tidak baik bagi tubuh ? Caranya sangat mudah. Yaitu dengan bertanya dengan para ahli kesehatan atau membaca buku-buku atau artikel yang berkaitan tentang makanan atau minuman tersebut. Atau bisa juga bertanya kepada koki atau orang yang memasak makanan itu, apa saja bahan yang terkandung di dalamnya. Lalu kemudian bahan yang diketahui tadi baru ditanyakan kepada ahli gizi apa manfaat dan kegunaannya bagi tubuh.

Apalagi di era informasi seperti sekarang ini sudah tersedia internet yang memuat berbagai artikel kesehatan yang sangat murah dan cepat. Kita tinggal mendatangi warung internet terdekat dan melakukan pencarian tentang artikel yang kita inginkan. Untuk lebih rinci lagi, kita bisa mengakses situs kesehatan di internet. Situs-situs tersebut memuat berjuta-juta artikel kesehatan yang dapat kita askes dengan mudah. Kita tidak perlu membaca buku-buku yang terlalu tebal dan banyak. Sebab artikel di situs ini sudah diringkas seringkas mungkin. Artikel di situs ini ditulis oleh para ahli kesehatan dari seluruh dunia. Meskipun belum semua bisa dipertanggungjawabkan secara medis, setidaknya bisa menjadi acuan awal untuk memahami apakah nutrisi atau gizi yang terkandung di dalam sebuah makanan atau minuman.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s