Uang Nyari Kita

uang 100ribuNgapain mikirin cari uang. Lebih baik mikirin gimana uang nyari kita.”

Ini adalah perkataan yang selalu didengung-dengungkan oleh pendiri PRIMAGAMA Bapak Purdie E. Chandra. Menurut pendapatnya kita harus bisa membuat uang mencari kita bukan kita mencari uang. Sekilas pernyataan ini kedengarannya cuma pernyataan biasa. Tapi kalau Anda menggalinya lebih dalam maka Anda akan menemukan bahwa pernyataan tersebut mengandung hikmah yang sangat dalam.

Namun permasalahannya adalah apakah kita tahu bagaimana caranya. Apakah kita paham bagaimana membuat uang mencari kita. Ngomong sih enak. Tapi begitu dibuat atau dikerjakan, susahnya bukan maen, betul tidak neh ? Ini juga yang menjadi pemikiran kebanyakan orang. Mereka tidak tahu bagaimana caranya membuat uang mencari mereka.

Sebenarnya kalo dipikir-pikir uang itu tidak mungkin dicetak kalo kita tidak membutuhkannya, betul tidak ? Contoh. Kalo Anda sekarang diberi pilihan apakah Anda mau uang yang bermilyar-milyar atau makanan, rumah, pakaian, mobil dan  fasilitas yang lengkap dan serba ada ? Hayo mana yang Anda pilih ? Mungkin Anda orang yang kreatif lalu berkata, “Saya mau pilih dua-duanya, gimana ? He..he2. Boleh-boleh.

Terlepas dari apa pun pilihan Anda yang penting disini adalah kita harus tahu dan benar-benar paham bahwa sebenarnya uang bukanlah tujuan kita bekerja. Dan juga bukanlah tujuan kita membanting tulang dari pagi sampai sore. Tapi apa yang bisa dibeli dengan uang itulah yang menjadi alasan kita untuk terus bekerja.

Jadi orang yang hanya memikirkan tentang uang dan uang di dalam seluruh hidupnya maka dia akan menjadi orang yang paling miskin di dunia. Sebab dia akan selalu takut akan kehilangan uang. Dia akan selalu curiga kepada setiap orang yang mau berteman dengannya. Dia takut jangan-jangan kedekatannya itu hanyalah akal-akalan saja demi mengambil uangnya. Dia juga akan menumpuk uang begitu banyak dirumahnya sehingga dia sendiri menjadi sakit akibat ulahnya yang kedengarannya gila itu. Alhasil dia terserang berbagai penyakit yang dokter sendiri bingung apa penyakitnya.

Banyak sekali kasus terjadi seperti orang diatas. Bahkan orang seperti diatas ada di sekeliling rumah kita. Atau bahkan Anda sendiri pernah bersikap seperti itu. Mudah-mudahan dugaan itu tidak benar. Mudah-mudahan orang seperti diatas semakin berkurang dan tidak akan ada lagi di dunia ini begitu membaca artikel ini sampai selesai. Sehingga pertumbuhan ekonomi suatu masyarakat akan semakin maju dan berkembang seiring dengan meningkatnya angka kelahiran.

Nah mari kita menuju sebuah permasalahan yang kita tunggu-tunggu. Apa itu ? Itulah cara bagaimana uang mencari kita. Bagaimana uang yang dicetak oleh Perum Peruri itu mengalir deras ke rumah kita sampai kita sendiri heran mengapa koq tidak dari dahulu kita mengetahui hal ini.

Pada umumnya semua orang pasti membutuhkan sesuatu. Benar tidak neh ? Kalau Anda tidak percaya coba Anda untuk diam di kamar sendirian selama sebulan tidak keluar-keluar. Apa yang Anda rasakan ? Apakah Anda mau kencing ? Atau Anda lapar ? Atau Anda mau mencari seseorang hanya untuk sekedar berbincang-bincang ? Terkecuali kalau Anda seorang raja yang mempunyai banyak pelayan sehingga Anda bisa menyuruh mereka melengkapi kamar Anda dengan segala fasilitas yang Anda inginkan, mungkin hal itu bisa Anda lakukan.

Namun pada kenyataannya seorang raja sekalipun tidak betah di istananya. Di selalu ingin keluar dari sangkar emasnya itu. Ini dibuktikan dengan banyak sekali cerita baik mitos maupun realitas bahwa raja menikah dengan istri yang berasal bukan dari kalangan istana. Semua itu jelas membuktikan bahwa setiap orang tidak bisa menahan kebutuhannya sendiri.

Sehingga kita bisa mengambil kesimpulan awal bahwa jika kita bisa memenuhi satu saja kebutuhan dari setiap orang maka uang akan mengalir kepada kita. Sampai disini apakah Anda sudah mengerti ? Kalau belum tidak apa-apa. Toh ini bukan Ujian Nasional atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi atau Ujian Masuk Perusahaan Negara atau Ujian Masuk Pegawai Negeri Sipil. Anda tidak disalahkan kalau Anda belum mengerti. Cuma Anda harus melakukan satu hal saja. Apa itu ? BERTANYA. Ya. Bertanya. Dengan bertanya maka Anda akan mengetahui apa yang Anda tidak tahu. Dan tindakan inilah yang sebenarnya membuat Anda sukses. Kalau Anda mengembangkan gaya bertanya Anda maka Anda akan menemukan sesuatu hal yang akan membawa Anda menuju kesuksesan. Contohnya dengan bertanya, “Bagaimana caranya agar saya mengetahui kebutuhan apa yang bisa membuat uang mencari saya ?”. Atau bisa dengan bertanya, “Apakah yang paling dibutuhkan orang agar uang mengalir kepada saya ?  Atau Anda memiliki pertanyaan sendiri yang bisa Anda kembangkan. Semua terserah Anda. Yang penting dengan pertanyaan itu Anda bisa membuat rencana untuk mencari tahu apa yang bisa Anda lakukan di dalam menyediakan kebutuhan orang.

Menurut psikolog, kebutuhan seseorang itu ada tujuh. Yaitu kebutuhan makan minum, kebutuhan rasa ingin tahu, kebutuhan rasa keindahan, kebutuhan penghargaan, kebutuhan rasa penting, kebutuhan kekuasaan dan kebutuhan berorganisasi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s