Prinsip Hidup

Sebagian orang seringkali menganggap bahwa konsep dan prinsip hidupnya adalah yang paling benar. Konsep dan prinsip orang lain salah. Padahal perkembangan kehidupan seseorang tidaklah mungkin bisa dijadikan acuan untuk kesuksesan orang lain. Meskipun pengalamannya itu telah menjadi sebuah buku best seller yang dibaca oleh jutaan orang. Karena setiap orang dilahirkan untuk berbeda. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang sama. Apalagi dipaksakan untuk mengikuti pengalaman seseorang. Sebab ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang itu  sukses.

Diantaranya adalah sudut pandang. Tidak semua orang dianugerahi cara berpikir yang cerdas. Anak keturunan seorang raja berbeda sekali pandangannya dengan anak keturunan seorang konglomerat di dalam memahami kesuksesan. Pendidikan dan pergaulan yang mereka alami menyebabkan terjadinya perbedaan pendapat yang sangat lebar tentang kesuksesan. Salah seorang dari mereka menganggap kesuksesan adalah memiliki kekuasaan. Sedangkan yang lain sebuah kesuksesan adalah memiliki perusahaan. Dan yang lain lagi sebuah kesuksesan adalah memiliki ribuan bahkan jutaan anak buah.

Memang benar kita tidak bisa memiliki cara berpikir sendiri jika tidak banyak membaca cara berpikir orang lain. Akan tetapi bukan berarti kita tidak boleh memiliki cara berpikir sendiri. Biasanya kita pasti mengikuti cara berpikir orangtua yang melahirkan kita. Yang mana sikap dan sudut pandang orangtua kita tentang kesuksesan akan kita ikuti. Sehingga banyak kita lihat dan kita dengar bahwa anak-anak yang merantau jauh dari rumah mereka mendapatkan bahwa sudut pandang orangtua mereka tidaklah terus menerus bisa dijadikan acuan untuk meraih kesuksesan.

Baru-baru ini saya menghadiri acara belasungkawa bagi salah seorang anggota keluarga besar kami. Seperti sebagaimana pada umumnya dalam sebuah acara duka itu kami berkesempatan untuk bertegur sapa dan bersilaturahmi satu sama lain. Ini tidak lain  karena memang waktu itu tepat sekali. Dengan kesibukan masing-masing dari kami menyebabkan kegiatan bersilaturahmi tersebut mengalami hambatan. Untunglah ada acara ini sehingga kami dapat berkomunikasi dan saling bertukar pikiran satu sama lain.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s