Suku Bukan Acuan

Orang Aceh itu malas”. “Jangan berteman dengan Orang Aceh karena Orang Aceh itu pengen cepat kaya sehingga sering merusak perjanjian pinjam uang”.”Orang Batak itu serakah. Semua mau dilahapnya”. “Bertemanlah dengan Orang Cina. Karena mereka jago berdagang.”.“Orang Padang itu pelit. Semua permintaan uang tidak akan dilayaninya”.”Berhati-hati dengan Orang Jawa karena mereka manis di depan saja. Sedangkan jika sudah berlalu mereka akan menusuk dari belakang”.

Pernahkah Anda mendengar kalimat seperti diatas ? Saya rasa semua orang pasti pernah mendengar kalimat yang menjelek-jelekkan suku orang yang dijelekkan. Kalimat diatas muncul tatkala seseorang pernah dikecewakan oleh sikap dan perilaku seseorang. Akibatnya suku orang tersebut terkena umpatan seperti diatas. Padahal jika kita mau meneliti, masih banyak orang yang berasal dari suku yang sama, memiliki sikap dan tingkah laku lebih baik dari yang diduga. Buktinya orang-orang ini menjadikan orang itu sebagai pasangan hidup mereka.

Di dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan mencari nafkah yang begitu penuh tantangan, membuat kita terjebak ke dalam pemikiran yang sempit. Hanya dengan kesalahan yang tidak seberapa kita langsung berpikir bahwa suku menentukan kesalaham cara berpikir seseorang. Sementara kita tahu bahwa manusia itu tidak luput dari kesalahan.


One thought on “Suku Bukan Acuan

  1. Menurut saya kita harus adil misalnya orang yahudi pintar. Kenapa tidak ada yang membantah padahal tentunya tidak semua dari mereka pintar. Menurut saya wajar saja ada yang mengaitkan suatu hal kepada suku atau etnis tertentu. Saya pernah mengalami hal ini sendiri dengan orang aceh. Dia ingin uangnya segera diberikan tanpa sabaran. Saya sangat meragukan kejujuran orang-orang aceh. Saran saya berhatiihatilah jika berkerjasama bisnis dengan orang aceh. Kalau udah malah penipu pula males bgt dah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s