Tidak Bisa Tidur

Apakah Anda pernah tidak bisa tidur ? Tentu Anda pernah. Bahkan semua orang pernah menderita hal ini. Tapi bila Anda sering tidak bisa tidur mungkin ini bisa berbahaya. Sebab bisa mengancam kesehatan tubuh Anda. Namun Anda jangan terlalu khawatir. Keadaan ini bukanlah sebuah penyakit serius. Jika Anda mau mempelajari mengapa bisa terjadi maka Anda akan tahu penyebab keadaan ini.

Menurut saya seseorang itu tidak bisa tidur karena pikirannya sedang menerawang ke sebuah masalah yang harus diselesaikannya. Dan akibat beberapa hal, masalah itu mungkin ada solusi yang cocok. Jadi ya terbawa-bawa pikiran. Hal itu bisa karena kurang pengetahuan, kurang modal, atau kurang pengalaman. Tapi bukan berarti ketika ada solusi atas masalah yang dimilikinya dia pasti bisa tidur. Ada faktor lain lagi yang harus diperhatikan. Seperti tekanan darah, kadar gula dalam darah di dalam tubuh seseorang. Faktor-faktor ini sangat mempengaruhi nafsu tidur seseorang.

Biasanya kalau saya tidak bisa tidur, saya membaca sesuatu yang enak-enak. Seperti bagaimana menjadi kaya dalam waktu singkat, membaca petualangan seseorang dalam buku sejarah dan sebagainya. Yang penting bisa membuat saya larut dalam sebuah dunia lain dari dunia yang saya jalani sekarang. Dan itu sangat efektif membuat mulut saya menguap berkali-kali. Bagaimana dengan Anda ? Anda tentu memiliki cara tersendiri untuk bisa tidur nyenyak. Gunakan saja cara itu. Memang benar ada cara-cara tertentu dari para ahli kesehatan. Tapi saya rasa cara yang kita buat sendiri lebih efektif daripada cara yang disarankan mereka.


Leave a Reply

