Romantika Berdagang

Jika berdagang itu langsung untung maka sudah pasti semua orang pasti berdagang. Tapi kenyataan di lapangan berbeda. Kadang untung dan kadang rugi. Cuma ada hal penting yang tidak diketahui oleh orang yang tidak pernah berdagang. Yaitu apa yang telah dipelajari oleh orang yang berdagang.

Di dalam berdagang ada yang namanya siklus atau perputaran. Ada siklus cepat dan ada siklus lambat. Siklus ini jelas ditujukan kepada bagaimana lakunya atau terjualnya barang. Ada waktu-waktu tertentu yang mendukung siklus tersebut. Sehingga jika seorang pedagang mampu menyediakan barang pada waktu dimana siklus cepat maka dia akan mendapatkan keuntungan dengan laris manisnya barang yang didagangkan. Sedangkan ketika terjadi siklus lambat maka barang akan menumpuk tidak karuan. Dan satu hal adalah biasanya keuntungan yang diperoleh dari siklus cepat bisa menopang kerugian pada waktu siklus lambat. Inilah yang diketahui oleh seorang pedagang. Itulah sebabnya ketika pedagang rugi kelihatannya dia tenang-tenang saja bah.

Mungkin ada seseorang yang berkata, “Alah ngapain jadi pedagang ntar kalo rugi jual apa aja”. Sebenarnya kalimat ini diucapkan oleh orang yang bukan pedagang. Tapi hanyalah orang yang singgah jadi pedagang. Maksudnya dia hanya mencari uang saja bukan mendalami dan hidup sebagai pedagang. Orang seperti ini tidak akan pernah menjadi pedagang. Sebab untung rugi bukanlah hal yang aneh di dalam berdagang. Kalau untung terus itu bukan berdagang namanya tapi merampok. Sebab berdagang berbeda sekali dari merampok. Berdagang itu berusaha. Sedangkan merampok berencana. Sehingga jelas akhir ceritanya berbeda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s