Kaya Bukan Banyak Uang

Apakah Anda sekarang memiliki gaji sebesar Rp 240 juta setahun ? Itu berarti setiap bulan Anda mendapatkan penghasilan Rp 20 juta. Selamat Anda akan mendapatkan ciuman manis dari pasangan. Anda akan memiliki pergaulan yang high profile dimana di sekeliling Anda beragam macam pujian dan senyuman. Teman-teman Anda akan sering berkunjung ke rumah Anda untuk bercanda dan berdiskusi berbagai hal dengan Anda. Saudara-saudara Anda akan banyak datang bersilaturahmi untuk menanyakan kabar pasangan Anda dan bagaimana rencana hidup Anda dan pasangan ke depannya. Semua terasa begitu mudahnya ketika Anda memiliki penghasilan sebesar itu. Duh…indah nian..

TAPI ??? Kenapa ada tapi ? Jangan-jangan ? Ya. Ada sebuah malapetaka disini. Waduh bisa gawat dong..? Iya. Dan ini boleh dikatakan sangat gawat sekali. Anda harus mengantisipasinya segera. Anda akan jatuh tertimpa tangga jika tidak tahu bagaimana caranya agar terhindar  dari malapetaka ini. Malapetaka apakah itu ? Itulah inflasi.

Inflasi akan menggerus penghasilan Anda. Inflasi akan membuat nilai dari uang Anda itu hancur berkeping-keping. Mengapa bisa begitu ? Apakah yang menyebabkan inflasi bisa begitu menakutkan ? Mari saya jelaskan secara umum sedikit.

Setiap pemerintahan baru memiliki kebijakan baru. Apakah kebijakan fiskal, moneter, harga, politik, tata cara pemilihan pejabat dan aparatur pemerintah dan lain sebagainya. Dalam perjalanan membangunnya terkadang seorang kepala pemerintahan harus menyelesaikan beberapa persoalan. Dari mulai mensejahterakan rakyat, menyenangkan konstituen atau yang memilihnya, menolong teman-teman yang membantunya menjadikannya seorang kepala pemerintahan, sampai mengelola anggota keluarga besarnya agar tidak mengganggu segala kebijakannya. Ada yang mampu dan ada yang tidak. Bagi yang mampu mungkin bisa bertahan. Sedangkan bagi yang tidak mampu akan tersingkir begitu saja.

Nah mantan kepala pemerintahan yang tersingkir ini bila seorang kepala pemerintahan baru tidak bijak menanganinya sudah pasti akan memicu timbulnya gejolak. Gejolak inilah yang bisa menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Jika gejolak ini tidak juga cepat ditangani maka sudah pasti kondisi ekonomi tidak akan stabil atau tenang. Sebab ekonomi tidak akan pernah bisa berjalan dalam suasana politik yang labil atau tidak tenang. Ini dibuktikan dengan kejadian negara Thailand beberapa bulan yang lalu. Kita bisa melihat bagaimana susahnya menjaga kepercayaan masyarakat ketika gejolak terjadi.

Efek dari gejolak sudah tentu akan membuat harga naik mengikuti tingkat ketidakpercayaan masyarakat. Bila harga naik maka terjadilah inflasi. Dan bila inflasi melanda maka berapapun jumlah uang Anda akan semakin tidak bernilai.

Itulah sebabnya bila Anda memiliki gaji Rp 1 Milyar sekalipun tidak akan pernah bisa membuat Anda menjadi kaya. Sebab nilai uang Anda itu akan rentan terkena pengaruh inflasi tadi. Jadi apa yang bisa membuat Anda terlepas dari pengaruh inflasi ? Tunggu jawabannya di artikel berikutnya….keep in touch….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s