Tanah

Beberapa waktu yang lalu saudara sepupu saya mengirim sms. Yang isinya meminta saya mengirimkan salinan dari sertifikat tanah keluarga saya di Langsa ke tempatnya.

Memang sebelumnya saya pernah menawarkan kepadanya untuk mencarikan kontraktor. Kontraktor ini yang akan membangun ruko di atas tanah itu dengan syarat bagihasil 50:50. Sepupu saya menyanggupinya.

Saya tidak mempermasalahkan pengiriman salinan sertifikat. Cuma yang saya permasalahkan adalah keseriusan dari kontraktor itu sendiri. Masa belum ada pembicaraan apa-apa sudah minta salinan sertifikat. Apa dia tidak mengerti jual beli properti itu perlu ada pembicaraan dahulu. Lagipula sepupu saya itu mengirim sms bukan menelepon. Ada apa ini ?

Sepertinya ada sebuah konspirasi kecil disini. Memang sebenarnya saya tidak boleh menyalahkan  siapa-siapa. Tapi ini bisnis. Semua harus jelas. Semua harus hitam diatas putih. Disini terlihat sekali ada upaya penipuan. Saya belajar bahwa tidak mudah mempercayakan seseorang. Karena banyak sekali orang diluar sana yang ingin mencari untung di kala kesempitan orang lain.

Dalam kasus ini saya rasa ada orang yang mengatakan bahwa keluarga kami membutuhkan uang sehingga kami mau menjual tanah keluarga. Dan keadaan ini membuat mereka mencoba mempermainkan kami. Tapi untunglah pengalaman kami bukan satu kali dibuat seperti ini. Kami pernah beberapa kali dibuat seperti keadaan ini. Ada orang yang minta sertifikat kemudian tidak jelas kelanjutannya. Itu sudah bertemu. Sedangkan ini belum bertemu saja sudah minta sertifikat. Memang kita harus lebih waspada dengan siapapun kalau menyangkut uang atau harta.


Leave a Reply

