Takut

Takut. Ya. Rasa takut adalah salah satu rasa yang terdapat pada diri manusia. Tidak ada satu manusia pun yang tidak memiliki rasa takut dalam dirinya. Semua orang pasti memiliki rasa ini. Jika ada yang berkata bahwa dia tidak takut kepada siapapun, itu hanyalah untuk meningkatkan keyakinan dirinya saja. Padahal sikap seperti itu juga merupakan rasa takut juga.

Kita sering mendengar perkataan dari orangtua, teman, saudara bahwa kita harus berani dalam segala hal. Jangan pernah takut kepada siapapun. Tapi pada kenyataannya tidak semudah diucapkan. Rasa takut akan terus menghantui seseorang selama dia tidak mengerti apa manfaat rasa takut itu sebenarnya.

Ketika kita mulai mengalami rasa takut maka akan muncul gambaran di dalam pikiran kita sesuatu yang harus dijauhi. Sesuatu yang harus kita hindari. Sebab menurut pikiran kita sesuatu itu akan menyengsarakan hidup kita. Padahal itu hanyalah sebuah gambaran saja. Itu hanya perasaan kita saja. Dan sebenarnya rasa takut akan hilang tatkala kita sendiri menghilangkannya. Banyak orang yang telah menceritakan bahwa hal ini benar-benar demikian.

Ketika dia mulai memikirkan sesuatu yang menimbulkan rasa takutnya tersebut maka disaat itu pula rasa takutnya mulai muncul. Namun ketika dia mulai melupakan sesuatu yang ditakutinya itu maka dengan serta merta hilang pula rasa takutnya tadi.

Mengapa ini terjadi ? Ini tidak lain ya itu tadi karena rasa takut adalah gambaran pikiran seseorang saja. Jika dia dalam keadaan senang maka rasa takut akan hilang. Itulah sebabnya banyak pasangan muda mudi belia yang tidak takut melangsungkan hubungan asmaranya di kuburan. Sebab mereka sudah dimabuk asmara alias kebahagiaan. Sehingga rasa takut pun hilang ditelan angin sepoi-sepoi malam.

Namun bukan berarti rasa takut ini jelek. Rasa takut itu baik asalkan ditempatkan pada porsinya yang benar. Seperti rasa takut miskin sehingga menimbulkan semangat bekerja dan berusaha. Rasa takut bodoh maka timbul rajin belajar. Dan lain sebagainya. Yang paling penting disini adalah kita harus memahami bahwa rasa takut bukanlah sesuatu yang harus kita sesali adanya. Tapi rasa takut membuat kita sadar bahwa kita sebagai manusia tidak pernah jauh dari ketidaksempurnaan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s