Lebaran Ajang Pamer

Hari Raya telah lewat. Saudara-saudara dan handai tolan telah pulang ke rumahnya masing-masing. Uang dan segala sesuatu yang bisa dipamerkan antar keluarga telah menempati pikiran setiap orang. Ada yang takjub dan ada yang biasa-biasa saja.

Hampir di setiap lebaran setiap orang selalu berusaha untuk memamerkan kekayaan mereka masing-masing. Ada yang memamerkan pakaian, rumah, mobil, teknologi, perhiasan, sepeda motor, jam tangan, pekerjaan, perusahaan dan sebagainya. Semua itu efektif membuat sebagian orang termotivasi untuk menghabiskan uangnya, yang telah dikumpulkan 11 bulan yang lalu, demi untuk mengharapkan pujian.

Apakah ini yang benar-benar diinginkan semua orang ? Tentu saja tidak. Tidak semua orang yang bersikap seperti itu. Ada juga orang yang tidak pernah mengharap sebuah pujian dari orang lain. Akan tetapi setelah uang dan kekayaan menghampiri seseorang, jarang ada orang yang bisa menahan nafsunya untuk tidak memamerkan. Mereka mau dan hampir dipastikan akan membeli sesuatu yang membuat saudara, teman dan kolega mereka terkesan. Mereka akan membayar berapa pun harga yang bisa mendapatkan pujian tadi.

Sebagian orang tidak tahu bahwa inilah yang disebut dengan kebutuhan manusia. Karena manusia diciptakan memiliki beberapa kebutuhan. Menurut ahli psikologi, manusia itu memiliki kebutuhan yang bertingkat. Antara lain kebutuhan akan keamanan, kebutuhan untuk berhubungan dengan manusia lain, kebutuhan untuk mendapatkan penghargaan, kebutuhan untuk bisa mandiri, dan kebutuhan untuk perwujudan diri sendiri. Kelima kebutuhan ini mau tidak mau ada di dalam diri setiap manusia.

Itulah sebabnya orang miskin tidak pernah mau memamerkan diri. Sebab mereka belum berhasil memenuhi kebutuhan pokoknya. Bagaimana mungkin mau memamerkan diri sedangkan mau makan saja susahnya bukan main. Dan itu juga rahasia menjadi kaya. Sebab orang yang mampu memberikan semua kebutuhan diatas kepada semua orang maka dialah yang akan mendapatkan kekayaan. Karena semua orang akan bersedia dan mau memberikan uang, keahlian dan ketrampilannya kepada orang yang bisa memenuhi semua kebutuhan tadi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s