Ngobrol dan Kirim Video di Udara

Siapa pun suka akan kegiatan yang satu ini. Selain untuk bertukar pikiran juga bisa sebagai ajang curhat. Zaman sekarang dengan teknologi komunikasi dan komputer yang berkembang pesat, kegiatan seperti ini sudah tidak lagi dianggap aneh. Bahkan orang yang berada di pelosok dunia pun bisa diajak ngobrol. Soalnya medianya sudah ada dan siap menampung.

Tapi bagaimana kalau sang pendengar atau pembicara ingin mengirimkan berkas atau foto atau suara atau video ? Mungkin mereka tidak puas dengan hanya ngobrol aja. Mereka mungkin ingin mengirim sebuah gambar atau sebuah video tentang kejadian yang menarik. Mungkin juga mereka ingin melakukan hubungan bisnis misalnya.  Apakah bisa ? Tentu bisa.

Sekarang siapapun dan dimana pun, semua orang bisa mengirim data, gambar, suara dan video apapun meskipun berjauhan jaraknya. Setiap orang tidak akan lagi dipusingkan dengan waktu, jarak dan ruang. Dengan adanya konvergensi media maka semua orang bisa ngobrol dan menikmati kirim mengirim tadi. Bagi yang tidak tahu apa itu konvergensi media, itu adalah perpaduan antar teknologi yang ada. Apakah teknologi komunikasi, teknologi elektronika, teknologi komputer, teknologi jaringan dan teknologi lain. Semua teknologi tersebut digabung untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kita kan tahu kebutuhan kita itu banyak sekali. Sementara waktu terbatas. Itulah sebabnya konvergensi media sudah sangat dibutuhkan.

Ada banyak cara untuk memanfaatkan konvergensi media itu. Dan lagi kita bisa memilih teknologi mana dan seperti apa yang bisa digunakan. Tinggal kita mencarinya saja. Namun untuk lebih memudahkan, saya akan memberi contoh kecil. Mudah-mudahan Anda bisa segera menggunakannya.

Apakah Anda memiliki mobile phone yang memiliki fasilitas kamera, video dan internet? Jika Anda gaptek alias gagap teknologi, Anda tinggal bertanya saja ke orangtua, anak, teman, saudara, sahabat, rekan kerja atau handai tolan yang mengerti. Saya yakin diantara mereka pasti ada yang mengerti.

Nah perangkat yang memiliki fitur seperti ini bisa digunakan sebagai start awal. Jika Anda belum memilikinya Anda bisa membelinya di toko-toko terdekat. Merk dagang tidak menjadi masalah. Asalkan perangkat itu memiliki fasilitas internet, kamera dan video maka Anda bisa ngobrol dan kirim video di udara. Harganya cukup murah koq. Apalagi sekarang ada perangkat buatan negeri tirai bambu alias China.

Kata orang-orang neh, buatan mereka itu tidak sempurna. Sebab rata-rata hasil jiplakan buatan Eropa. Tapi bagi saya teknologi itu kebutuhan sekunder. Sehingga harga menjadi faktor utama untuk menggunakannya. Biarlah apa pun kata orang. Yang penting kebutuhan saya terpenuhi. Lagipula kalau saya tidak punya uang apa orang-orang yang meng-kritik itu mau memberikan uang kepada saya. Khan tidak ? Jadi meskipun kata orang perangkat buatan China itu begini itu begitu, saya tidak peduli. Soalnya harga perangkat buatan negeri mereka miring banget lho. Susah untuk tidak meliriknya. Dan lagi meskipun harganya murah, fitur mereka tidak kalah dengan perangkat buatan negeri Eropa. Jadi tidak ada salahnya kita menggunakannya.

Dan satu lagi. Anda juga harus ingat bahwa operator juga menentukan kemudahan kegiatan tersebut. Jika operator teknologi komunikasi yang ada di sekitar rumah Anda mendukung semua hal-hal tadi maka dapat dipastikan Anda akan bisa melakukan ngobrol sekaligus kirim mengirim video Anda yang menarik di udara. Jika tidak ya Anda harus cari dong. Jangan diam saja. Rugi sekali zaman sekarang tidak tahu hal-hal yang seperti ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s