Operasi Bukan Jalan Satu-satunya

Tadi pagi kami dikejutkan oleh datangnya tamu. Tamu itu ternyata seorang guru dari sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) yang ada di sebelah rumah kami. Dia mengatakan bahwa ada salah seorang guru yang jatuh tiba-tiba. Padahal tidak ada yang menolak atau bertabrakan dengan tubuh guru tersebut. Mengingat sebagai anggota yayasan dari PAUD itu, ibu saya diminta untuk datang dan melihatnya. Saya pun ikut penasaran atas berita yang disampaikan oleh tamu tadi.

Setelah saya melihat kondisi guru itu, ternyata apa yang dikatakan oleh tamu tadi memang benar adanya. Kondisi ibu itu dalam keadaan jatuh terkapar di tanah secara telungkup tidak sadarkan diri. Sementara ibu itu masih memakai baju dinas guru lengkap berwarna coklat sambil mengalungkan handphone di lehernya. Badannya agar gemetar dan mengeluarkan air dari mulutnya. Lalu ibu saya mencoba menenangkannya.

Beberapa orang yang ada di tempat itu ikut melihatnya. Namun sepertinya mereka hanya melihat saja dan tidak bisa berbuat apa-apa. Saya pun bertanya kepada ibu saya apakah yang bisa saya lakukan. Beliau menyuruh saya untuk menghubungi orangtua dari ibu itu yang kebetulan sekretaris yayasan yang menaungi PAUD tadi. Tapi saya tidak berhasil menemukan nomor orangtua ibu itu.

Setelah ibu itu mulai sadarkan diri, ibu saya menceritakan bahwa memang ibu itu menderita penyakit yang sering disebut orang dengan ayan atau epilepsi. Memang sudah beberapa kali dilakukan pengobatan untuk menyembuhkannya. Bahkan sempat juga dibawa sampai ke luar negeri. Akan tetapi penyakit tersebut tak kunjung sembuh. Ada juga yang menyarankan untuk dilakukan tindakan operasi. Tapi hal itu urung dilakukan karena setelah dirujuk tindakan medis tersebut tidak jadi dilaksanakan. Sebab ada seorang dokter yang mengatakan bahwa ada begitu banyak pengobatan alternatif lain yang bisa dipilih sehingga tidak perlu harus dilakukan tindakan operasi.

Saya heran di masyarakat kita telah berkembang pemikiran bahwa tindakan operasi adalah satu-satunya cara untuk menyembuhkan sebuah penyakit yang sedang dialami seseorang. Kalau belum dioperasi mereka merasa belum sembuh. Para dokter yang tidak berpengalaman juga sering menyarankan tindakan seperti ini. Entah karena mencari uang atau karena ingin menambah pengalaman. Yang pasti selalu saja tindakan operasi yang dipilih untuk menyelesaikan masalah kesehatan seseorang. Akhirnya banyak penyakit yang bisa disembuhkan tanpa harus operasi menjadi semakin parah akibat dilakukannya tindakan medis yang menggunakan banyak alat dan teknologi tersebut.

Tindakan medis seperti operasi memang kerap diperlukan. Tindakan ini dipilih sebagai cara ampuh untuk menyembuhkan penyakit dengan memisahkan apa yang memang benar-benar mengganggu sistem kesehatan tubuh. Jika tidak dipisahkan maka penyakit tersebut dipercaya bisa menyebabkan kematian. Namun hal ini bukanlah saran atau anjuran yang pertama sekali atau yang utama ketika mendapatkan kasus. Ini adalah jalan terakhir ketika semua pengobatan tidak mencapai kesembuhan. Dan sebenarnya di lingkungan kita banyak sekali obat, zat, makanan, buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa digunakan sebagai penyembuhan alternatif sebelum dipilihnya tindakan operasi.

Untuk mengetahuinya kita bisa bertanya dengan orang yang memang sudah memiliki ilmu pengetahuan yang cukup. Istilah herbalist atau ahli herbal atau ahli obat dari tumbuh-tumbuhan adalah satu diantara sekian orang yang bisa dijadikan sebagai sumber atau tempat bertanya bagaimana menyembuhkan penyakit tanpa perlu tindakan operasi. Mereka sangat ahli untuk menyembuhkan penyakit dari tumbuh-tumbuhan tadi.

Ada tetangga kami yang sudah melanglang buana ke beberapa dokter spesialis untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya. Tapi semua dokter-dokter itu tidak membuatnya sembuh-sembuh juga. Namun setelah bertemu dengan ahli herbal itu, Alhamdulillah mereka bisa sembuh hanya dengan pengobatan dari tumbuh-tumbuhan ini. Dan itu tanpa melalui tindakan operasi. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita berpikir bahwa tindakan medis operasi tadi bukanlah satu-satunya cara untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita. Masih banyak cara di dunia ini untuk menyembuhkan penyakit. Karena setiap penyakit pasti ada obatnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s