Bila Penyakit Datang

Apakah Anda sekarang mengidap penyakit tertentu ? Dan penyakit itu membuat Anda merasa susah tidur dan tidak sabar ingin segera sembuh ? Anda ingin pergi ke dokter tapi kondisi keuangan Anda yang tidak memadai sehingga mengurungkan niat Anda tersebut.

Jika ini yang Anda rasakan sebaiknya Anda jangan terlalu khawatir. Anda jangan terlalu cemas. Tenang. Sebenarnya Anda dapat menyembuhkan penyakit itu tanpa harus pergi ke dokter dan membeli obat di apotik. Lho koq bisa ? Iya. Ada cara murah dan efektif untuk menyembuhkan penyakit yang Anda derita. Apa itu ? Nah dalam artikel ini saya akan beberkan rahasia penyembuhan tanpa harus ke dokter. Mungkin ada sebagian dalam artikel ini pernah saya bahas pada artikel sebelumnya. Jadi artikel bisa sebagai penambah referensi Anda.

Menurut para ilmuwan kesehatan, setiap tubuh manusia dibekali dengan yang namanya sistem kekebalan tubuh. Sistem ini bekerja setiap detiknya sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Sistem ini bisa dianalogikan sebagai tentara atau pasukan khusus dalam sebuah negara. Yang mana sebagai tentara sudah tentu bertugas untuk mempertahankan tubuh dari serangan bibit-bibit penyebab penyakit. Apakah itu yang disebabkan oleh cuaca, sinar matahari, makanan, minuman, penyakit yang ditularkan oleh orang lain dan sebagainya. Semua bibit itu akan selalu menghadapi tentara-tentara ini.

Itulah sebabnya bayi, anak muda dan orangtua berbeda-beda didalam tingkat kekuatan pertahanan tubuhnya. Ada yang cepat sakit dan ada yang sehat terus. Ada juga yang terkadang sakit sekali-kali lalu sehat lalu sakit lagi. Tidak bisa dipastikan apakah seseorang itu bisa selalu sakit atau sehat. Tergantung dengan bagaimana sistem kekebalan tubuhnya bekerja menghadapi serangan bibit-bibit tadi.

Apa sajakah tentara-tentara itu ? Para ilmuwan menyebutnya dengan leukosit atau sel darah putih. Leukosit ini bertindak bebas, organisme tunggal dan lengan kedua pembawaan sistem kekebalan. Pembawaan leukosit termasuk fagosit yang terdiri dari makrofag, neutrofil,  dan sel dendritic. Ada juga sel mast, eosinofil, basofil, dan sel pembunuh alami. Sel-sel ini mengenali dan mengeliminasi patogen atau bibit penyakit, salah satunya dengan menyerang patogen yang lebih besar melalui hubungan atau menelan dan kemudian membunuh mikroorganisme atau makhluk kecil tersebut.

Kegiatan menyerang, menelan dan membunuh itu dinamakan dengan fagositosis. Ini adalah sebuah fitur penting dari sel kekebalan pembawaan yang dilakukan dengan sel yang dinamakan dengan fagosit tadi. Fagosit ini biasanya ronda di dalam tubuh mencari-cari patogen, tetapi dapat juga dipanggil ke lokasi khusus dengan sitokin. Sekali sebuah pathogen telah ditelan oleh fagosit, patogen ini terjebak di dalam gelembung sel dalam yang dinamakan dengan fagosom, yang kemudian tersambung dengan gelembung lainnya yang dinamakan dengan lisosom ke bentuk fagolisosom. Patogen itu dibunuh oleh kegiatan enzim pencernaan atau diikuti dengan sebuah ledakan pernapasan yang mengeluarkan radikal bebas ke fagolisosom.

Jadi bila Anda terserang penyakit berarti sistem kekebalan tubuh Anda sedang terganggu. Tubuh Anda mencoba menghancurkan bibit-bibit itu yang ditandai dengan penyakit yang Anda derita. Untuk membantu, menghancurkan dan menyembuhkan penyakit yang Anda derita itu mau tidak mau Anda harus membantu sistem kekebalan tubuh Anda sendiri. Bagaimana caranya ?

Yaitu tidak lain dengan selalu mengkonsumsi makanan alami bukan hasil olahan yang banyak mengandung protein, mineral dan vitamin. Anda harus mengusahakan agar apa yang Anda makan itu benar-benar langsung Anda petik dari pohonnya. Bukan dari olahan pabrik yang dikemas sedemikian rupa yang dipasarkan melalui media televisi, majalah dan radio tersebut.

Untuk lebih memudahkan Anda, saya bisa mencontohkan seperti gandum, nasi, jeruk, tomat, apel, wortel, ikan tuna, ikan tenggiri, pisang, air kelapa, kedelai, bayam, kangkung dan sebagainya. Dan tak lupa untuk selalu juga minum air putih yang segar dan sehat sebanyak 8-10 liter sehari. Anda bisa mencarinya di artikel-artikel kesehatan lain. Yang penting makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi itu harus alami dalam arti bukan olahan pabrik yang sudah dikemas. Meskipun pada kemasannya itu tertulis sertifikat mutu sebaik apapun dari negara maju sekalipun, semuanya tidak menjamin keaslian makanan atau minuman tersebut.

Pola makan seperti diatas bisa menjadi acuan untuk menentukan apakah seseorang itu rentan terkena penyakit apa tidak. Yaitu dengan melihat pola makan dan gaya hidupnya sehari-hari. Apakah dia dekat yang makanan-makanan yang alami atau dekat dengan makanan yang olahan dari pabrik.

Biasanya orang-orang yang hidup di kota-kota besar sangat rentan terkena penyakit dibandingkan dengan orang-orang yang hidup di pedesaan. Karena orang-orang yang hidup di kota-kota besar jarang mengkonsumsi makanan yang alami. Mereka sering kita dengar mengkonsumsi makanan-makanan siap saji seperti ayam goreng bumbu, mie instan, minuman soda kaleng, rokok dan lain sebagainya. Dan kelihatannya mereka bangga dengan itu semua. Padahal semua itu efektif membunuh sistem kekebalan tubuh yang ada pada diri mereka.

Oleh karena itu pola makan yang selalu mengutamakan yang alami dan berasal dari alam maka Insya Allah penyakit yang Anda derita akan sembuh dengan sendirinya dan tubuh Anda tidak akan mudah terserang penyakit lagi di masa-masa mendatang. Dan itu sudah tentu membuat Anda jarang pergi ke rumah sakit atau ke sebuah praktek dokter.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s