Hujan Itu Berkah

Hari ini hujan turun sangat deras. Semua binatang dan tumbuh-tumbuhan pasti bergembira dengan turunnya air dari awan tersebut. Tapi sebagian manusia ada yang tidak senang dengan turunnya hujan. Mereka merasa bahwa hujan menghambat aktivitas mereka. Mereka berpikir alangkah baiknya kalau tidak hujan.

Bila ditanyakan kepada saya apa pendapat saya tentang pernyataan mereka itu, saya akan menjawab bahwa mereka adalah orang-orang yang sangat bodoh. Kenapa ? Ya karena mereka tidak tahu bahwa ada sesuatu yang begitu bermanfaat dari turunnya hujan ini. Bahkan manfaatnya sangat luar biasa yang tidak mungkin bisa diungkapkan dengan kata-kata. Dangkalnya wawasan dan pengetahuan mereka membuat mereka mengucapkan kata-kata yang tidak pantas tersebut.

Biarkan saya coba dengan sebuah ilustrasi kecil untuk lebih mengingatkan mereka bahwa hujan itu sangat penting.

Hujan itu hasil penguapan air laut yang diserap dan disimpan awan. Jika angin membawa awan maka hujan yang seharusnya turun di daerah tertentu akan beralih ke daerah lain. Hujan yang turun di daerah kita itu adalah bukan sembarangan. Tentu ada yang mengaturnya agar terjadi seperti itu. Sebab kalau tidak mana mungkin bisa turun di tempat yang seharusnya tidak bisa turun. Banyak sekali kita dengar hujan bisa turun di daerah yang seharusnya tidak turun. Sementara kita prediksi daerah itu tidak mungkin akan turun hujan.

Hujan mungkin secara tidak langsung tidak bermanfaat bagi mereka. Tapi apakah mereka tahu bahwa dengan air hujanlah tumbuh-tumbuhan yang akan menjadi makanan pokok mereka bisa hidup? Dan apakah mereka tidak paham bahwa dengan air hujanlah binatang-binatang yang akan mereka santap bisa menikmati makanan pokok mereka berupa tumbuh-tumbuhan itu ? Sehingga mereka bisa sehat dan tumbuh berkembang menjadi daging yang sangat nikmat ketika mereka disembelih dan dimakan oleh manusia.

Boleh-boleh saja mereka mengatakan seperti itu karena mungkin mereka sekarang merasa aman dan tentram. Mereka merasa memiliki uang yang sangat banyak. Mereka memiliki harta yang menurut mereka tidak mungkin bisa membuat mereka mati. Sampai-sampai semua ladang dan sawah yang ada menjadi mudah mereka miliki karena memiliki harta tadi.

Namun apakah mereka bisa hidup jika hujan yang menyirami tumbuh-tumbuhan di bumi ini ditahan sampai satu tahun saja ? Apakah uang yang mereka miliki bisa membeli makanan pokok sementara petani yang menanam saja kekurangan di kala itu ? Apakah harta yang mereka miliki dapat mereka tukarkan dengan makanan pokok ketika peristiwa diatas terjadi ? Kala itu sudah pasti semua petani menyimpan hasil panen mereka sebab mereka juga tidak mau kelaparan sama seperti mereka.

Oleh karena itu bersyukurlah dan bersyukurlah. Dan sekali lagi beryukurlah jika hujan turun di daerah kita. Itu berarti Allah Tabaaraka wa Ta’ala masih sayang kepada kita. Sebab ada sebagian saudara kita di wilayah di tempat lain yang hampir sekian lama tidak turun hujan. Mereka begitu berharap agar hujan yang sedang turun di daerah kita ini turun di daerah mereka.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s