Investasi Yang Salah

Berinvestasi bukanlah perkara mengeluarkan uang demi meraih keuntungan saja. Berinvestasi adalah melakukan kegiatan yang mana hal itu bisa membuat kita mampu mengelola uang yang kita miliki dan meningkatkannya. Kemampuan disini juga tidak sembarangan. Tapi kemampuan yang didukung dengan keberanian melaksanakan apa yang telah diarahkan oleh renungan dari ilmu pengetahuan tentang investasi yang telah dimiliki.

Sebagian besar orang ketika disarankan oleh seseorang yang mengajaknya untuk berinvestasi maka biasanya dia akan berpikir bahwa apakah uang yang dimilikinya akan hilang atau bertambah. Kalau hilang maka dia akan menolak untuk berinvestasi. Sedangkan jika bertambah dia akan menjanjikan investasi yang lebih besar dari investasi yang sekarang. Pada kenyataannya tidak ada investasi yang sering berjalan seperti hal yang kedua. Yang ada hanyalah investasi selalu identik dengan kehilangan uang.

Jika orang-orang yang memiliki uang yang banyak saat ini sadar bahwa kegiatan investasi itu memerlukan pengalaman dan bukan sebuah ilmu yang terus menerus dipelajari maka mereka akan berani untuk berinvestasi. Kalau perlu semua uang yang mereka miliki mereka habiskan untuk itu. Mereka mungkin akan kecanduan untuk berinvestasi.

Namun kegiatan ini hanya akan terjadi pada orang yang dalam hidupnya tidak pernah takut dan suka belajar sesuatu hal yang baru. Sedangkan pada orang yang dalam hidupnya tidak suka akan perubahan, belum pernah mencoba pengalaman baru, tidak berani coba-coba dan tidak suka kegiatan-kegiatan di luar rumah yang menyenangkan lainnya maka hal itu bisa menjadi penyakit buat mereka. Bahkan bisa membunuh diri mereka sendiri.

Investasi yang langsung menghasilkan keuntungan adalah investasi tipuan. Karena investasi seperti ini hanyalah seperti sebuah screen saver pada layar komputer. Yang akan hilang tatkala mouse digerak-gerakkan. Tidak ada investasi yang menguntungkan pada awal kemunculannya. Memang terasa menakutkan juga. Tapi inilah investasi. Semakin Anda gagal maka semakin pintarlah Anda berinvestasi.

Orang-orang yang disebut sebagai konsultasi investasi, yang iklannya muncul di majalah-majalah investasi dan ekonomi hanyalah makelar dari uang yang tidak pernah dia miliki untuk dikelola sebagai uang yang tidak pernah dirasakan sebagai harta miliknya. Memberikan kepercayaan kepada orang seperti ini hanyalah menambah kehilangan uang Anda. Daripada menyerahkan uang Anda untuk dihabiskan lebih baik Anda menghabiskannya sendiri.


One thought on “Investasi Yang Salah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s