Orangtua Seorang Akuntan

Memiliki orangtua yang berprofesi sebagai akuntan atau seorang profesional tidak mudah. Harus mempunyai cara atau sikap tersendiri didalam menghadapinya. Apalagi ketika mereka sudah lanjut usia memiliki anak yang pengangguran. Dimana ketika itu segalanya akan terlihat seperti beban saja. Sebab mereka selalu melihat masalah apapun yang dihadapi dari sisi keuangan saja. Apakah itu masalah pekerjaan, pertemanan sampai memilih istri.

Jika ingin memberi saran maka sebaiknya harus melihat apakah tingkat keuangan pemberi saran melebihi mereka atau tidak. Jika levelnya lebih tinggi maka mereka pasti mau mendengarnya. Jika tidak ya sebaliknya. Mereka akan menolak sampai ke akar-akar timbulnya saran tersebut.

Namun bukan berarti tidak ada jalan. Agar saran yang disampaikan berhasil masuk ke dalam pikiran dan logika mereka maka perlu ada strategi politik yang elegan. Seperti peribahasa, “Masih ada jalan lain menuju Roma”.  Walaupun strategi ini tidak selalu gampang melaluinya tapi setidaknya membuat pemberi saran tidak menyerah untuk terus berupaya memberikan saran yang terbaik untuk orangtua mereka.

Kita tahu bahwa dahulu sewaktu kita kecil mereka juga bersusah payah mendidik dan mengajari kita sehingga bisa menjadi orang yang berpendidikan dan berguna seperti sekarang ini. Jadi kenapa sekarang kita mengeluh jika hanya satu atau dua kalimat tidak dihiraukan mereka.

Ketahuilah ada banyak metoda di dalam menyampaikan sebuah saran atau nasehat kepada mereka. Metode tersebut salah satunya adalah lewat pihak ketiga. Pihak ketiga itu bisa teman, sahabatnya, teman kantornya, teman pengajiannya dan sebagainya. Katakan apa yang menjadi kendala tadi kepada orang-orang ini. Mungkin dengan mulut mereka apa yang menjadi kemauan kita bisa tersalurkan kepada orangtua kita.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s