Cadangan Dana Anggaran Itu Perlu

Selamat ! Anda sudah berada di jalur menuju kebebasan finansial. Namun sebelum Anda melanjutkan kesenangan Anda, alangkah baiknya jika Anda melihat realita atau kenyataan yang akan Anda hadapi di dalam membangun sebuah perusahaan.

Sebagian besar pengusaha pemula tidak mengetahui bahwa yang paling penting di dalam membangun perusahaan adalah ketersediaan dana anggaran. Atau cash flow. Bukan keberhasilan penjualan. Ya benar. Ini adalah faktor utama kelangsungan perusahaan yang Anda miliki. Jika faktor ini diabaikan bukan tidak mungkin perusahaan Anda akan mengalami kebangkrutan. Sebab untuk melangsungkan sebuah perusahaan maka yang namanya beban sudah pasti harus ditalangi. Seperti biaya operasional, gaji karyawan, listrik, air, dan hal-hal lain yang memang tidak bisa ditolak untuk pembayarannya.

Memang benar selama penjualan terjadi maka perusahaan pasti akan aman. Tapi percayalah, walaupun perusahaan Anda memiliki begitu banyak penjualan, namun jika tidak ada satupun dari penjualan itu yang membawa dana ke rekening perusahaan Anda maka diramalkan perusahaan Anda akan tidak lama lagi menemui pintu kebangkrutan. Perusahaan tidak akan bisa melakukan penjualan ulang seperti seorang pegawai negeri atau karyawan swasta jika tidak ada kontrak yang jelas.

Ini sudah dialami oleh begitu banyak pemilik perusahaan pemula. Mereka tidak tahu bahwa ketersediaan dana anggaran begitu penting. Mereka asyik menjual dan menjual saja. Mereka tidak pernah mengalokasikan waktu untuk memikirkan ketersediaan dana anggaran. Alhasil karyawan perusahaan mereka pergi satu per satu meninggalkan perusahaan mereka begitu saja. Ini disebabkan oleh hilangnya alokasi dana untuk gaji mereka. Karena bagaimana mungkin para karyawan itu mau setia dan memikirkan perusahaan jika mereka sendiri sengsara.

Jadi peramalan akan ketersediaan dana anggaran harus benar-benar Anda pikirkan sejak awal. Bagaimana caranya ? Caranya gampang. Yaitu dengan memakai akuntansi. Ya. Gunakanlah akuntansi. Bila Anda tidak mengetahui atau memahami akuntansi, Anda bisa menyewa seorang akuntan. Bila Anda juga tidak mampu menyewanya maka Anda bisa meminta bantuan dari salah seorang akuntan dinas pemerintah yang memang peduli terhadap perusahaan Anda. Saya yakin banyak diantara mereka yang sangat baik dan mau membantu Anda di dalam mengelola keuangan perusahaan Anda.

Akuntansi adalah ilmu yang bisa membantu Anda mengelola ketersediaan dana anggaran. Akuntansi memiliki metode yang sangat ampuh untuk mengetahui kapan harus memperketat dan melonggarkan dana yang dimiliki. Akuntansi juga berguna bagi perusahaan didalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual harta perusahaan.

Dengan akuntansi kita bisa menghemat beberapa dana untuk mengantisipasi adanya gangguan dari ketersediaan dana anggaran pada masa mendatang. Seperti inflasi, resesi ekonomi, pemogokan kerja karyawan dan sebagainya. Sebagai pemilik perusahaan Anda akan bisa tidur nyenyak di malam hari karena telah tersedianya manajemen dana yang terintegrasi oleh bantuan akuntansi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s