Uang Bukan Rahasia Kekayaan

Sebenarnya rahasia kekayaan itu hanya satu. Dan itu yang paling dicari oleh setiap orang yang menghuni bumi yang luas ini. Itu juga yang sering disengketakan di dalam setiap pengadilan tata usaha di setiap negara.

Semua katabelece yang didengungkan oleh orang-orang yang katanya guru kekayaan itu hanyalah bagaimana menuntun yang satu itu. Bagaimana mengakomodasi cara efektif menuju yang satu itu. Tidak lebih.

Dan sebenarnya juga kita mau dan bersedia bekerja di sebuah perusahaan atau pemerintahan adalah karena hasil kerja dari orang-orang yang mampu memicu atau merangsang yang satu itu sehingga mampu membangkitkan energi yang ada di dalam diri agar mau melangkahkan kaki dari rumah dan mau datang serta bekerja sampai mati kepada mereka yang memiliki organisasi tersebut.

Sebagian orang mengira bahwa uang adalah tujuan dari kekayaan. Padahal uang hanyalah alat untuk mencapai kekayaan. Uang bukan tujuan kekayaan. Jika uang menjadi tujuan kekayaan mengapa orang-orang yang kita anggap kaya itu tidak pernah memegang uang sebanyak pasir di lautan. Akan tetapi mereka mampu mengambil uang dari institusi manapun dan dari negara mana pun untuk mereka gunakan sesuka hati mereka. Mereka mampu pergi ke sebuat tempat dimana pun, kapan pun dan dengan siapa saja mereka suka tanpa perlu membawa segudang uang. Tanpa uang di tangan, mereka juga mampu bekerja dan memerintahkan orang lain untuk bekerja menurut waktu yang mereka sukai.

Mungkin diantara Anda ada yang bertanya, “Mengapa mereka bisa seperti itu ? Dan apa yang bisa membuat mereka seperti itu ? Jawabannya adalah sesuatu yang pada awal artikel ini saya katakan sebagai rahasia kekayaan. Saya yakin setiap orang di dunia ini memiliki jawabannya masing-masing. Dan setiap orang pasti memiliki jawaban yang berbeda-beda. Namun karena keterbatasan akal pikiran, kondisi psikologis dan ekonomi membuat sebagian besar orang lupa dan tidak tahu bahwa mereka memiliki pengetahuan atau rahasia kekayaan itu sendiri. Mereka disibukkan dengan iklan produk atau jasa orang lain sehingga akal pikiran yang ada di dalam otak mereka terkubur hidup-hidup. Akibatnya mereka tidak tahu bagaimana menggunakan pengetahuan tentang sesuatu itu untuk mencapai impian mereka.

Percayalah Kawan, tidak ada orang yang tidak bisa kaya di dunia ini. Semua orang mampu menjadi kaya dan sejahtera. Persoalannya adalah apakah dia sadar bahwa dia memiliki pengetahuan tentang kekayaan itu atau tidak. Itu saja intinya. Kesadaranlah yang membuat dia bisa meraih apa yang menjadi keinginannya selama ini. Dan kesadaran juga yang membuat dia bisa menjadi orang yang paling kaya di dunia yang fana ini.

Mungkin sebagian diantara Anda merasa sedih dan kecewa lalu  berpikir, “Mengapa sudah mencari uang sekian lama, dengan metode yang ada, kekayaan tidak juga kunjung datang.” Apakah sebegitu sulitnya kekayaan itu ? Apakah kekayaan sedemikian susahnya sehingga mencarinya harus meneteskan air mata ? Semua cara sudah Anda lakukan. Semua metode sudah Anda terapkan. Tapi sekali  lagi tapi kekayaan tetap saja terasa sangat jauh sekali. Malahan semua cara itu hanya mengantarkan Anda ke gerbang kemiskinan.

Memang jika dipikir-pikir kekayaan itu memiliki tempat yang sangat disembunyikan. Tidak banyak orang yang mengetahui tempat kekayaan. Sebagian besar orang sangat sulit menemukannya. Sementara sebagian kecil orang mudah sekali menemukannya.

Ada sebuah cerita tentang orang yang diberikan sebuah tanggungjawab sebuah perusahaan maka dia bisa mengubah tanggung jawab itu menjadi orang kaya. Padahal menurut sebagian orang perusahaan itu bisa menghancurkan karir dan hidupnya. Dan ada juga cerita yang lain bahwa ada orang yang diberikan uang sebanyak Rp 1 Milyar membuat dia menjadi orang yang paling miskin di dunia. Sementara dia memiliki bakat orang kaya karena memiliki darah keturunan orang kaya.

Apakah Anda heran mengapa bisa seperti itu ?  Apakah Anda terkesima dengan cerita itu ? Atau Anda tidak percaya dengan cerita itu ? Terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut, sebetulnya kekayaan itu bukan diraih dengan modal yang berlimpah.  Bukan juga diraih dengan uang sedemikian banyak sehingga memerlukan orang yang mengangkutnya dengan mobil besar atau truk besar pengangkut pasir.  Tidak. Tidak. Tapi kekayaan itu diraih dengan sebuah rencana yang Anda buat lalu Anda realisasikan dengan tindakan yang tekun dan penuh kesabaran. Ini saja sih intinya.

Menurut saya inilah rahasia kekayaan. Inilah yang dianut oleh Bill Gates, Warren Buffet, Carlo de Melo, Mukesh Ambani, Donald Trump, Sir Richard Branson dan orang-orang kaya lainnya. Mereka menyusun rencana yang mereka buat. Kemudian mereka bertindak atas rencana itu dan tekun serta sabar menjalaninya. Jika pun kekayaan datang atau tidak itu urusan ke-100. Yang penting bagi mereka adalah mereka terus menjalani apa yang mereka rencanakan meskipun orang-orang banyak tidak menyukainya.

Oleh karena itu jika Anda atau teman Anda atau siapa pun ingin mendapatkan kekayaan maka mau tidak mau Anda harus membuat sebuah rencana. Buatlah rencana di sebuah tempat yang bisa Anda lihat. Kemudian realisasikan rencana itu dengan tindakan yang konsisten. Jangan peduli apa kata orang banyak. Lakukan apa yang Anda rencanakan. Lalu tekun dan sabarlah di dalam menghadapi masalah yang timbul pada saat Anda melakukannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s