Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Uang

Baiklah. Anda sekarang sudah memiliki ide usaha. Anda sudah memiliki mental tidak menyukai pendapatan tetap. Anda sudah menguasai pengetahuan tentang bisnis. Apakah yang terjadi kemudian ? Apakah Anda mau menjadi pengusaha ? Belum tentu. Ada sebuah pengetahuan yang membuat seseorang bimbang untuk menjadi pengusaha. Apa itu ? Modal. Ya. Masalah modal.

Modal adalah salah satu permasalahan yang selalu dialami oleh pengusaha pemula. Masalah yang selalu membuat pusing kepala, setiap orang yang baru saja memutuskan menjadi pengusaha itu memang tidak mudah untuk mengabaikannya begitu saja. Meskipun begitu tidak semua usaha yang harus menggunakan modal untuk menjalankannya. Namun usaha seperti itu biasanya tidak semua pengusaha pemula mau menjalaninya. Bisa karena gengsi atau kekurangan pengetahuan yang dimiliki.

Akan tetapi bukanlah hal yang aneh ketika ini menjadi sebuah masalah. Sebab masalah modal telah menjadi rahasia umum setiap pengusaha. Ada seorang teman yang tidak memulai menjadi pengusaha karena masalah ini. Padahal setiap kali bertemu dengannya dia selalu membahas tentang bisnis. Kita tidak boleh menyalahkan 100% atas pendiriannya tersebut. Setiap orang memang memiliki tingkat keberanian yang berbeda-beda. Ada orang yang berani buka usaha tanpa memikirkan resikonya. Dan ada juga orang yang terlalu memikirkan resiko sehingga selalu menghitung semua biaya sebelum terjun bebas dalam sebuah bisnis.

Kedua sikap orang diatas tidak ada yang salah. Semua benar. Setiap orang berhak memiliki pendapat dan keyakinan masing-masing. Yang salah adalah orang yang merasa lebih benar dan selalu menyalahkan orang lain. Tapi dia sendiri tidak berbuat menurut pendapat dan keyakinanannya.

Untuk mendapatkan modal biasanya orang-orang memberikan pendapat seperti beberapa hal dibawah ini :

  1. Warisan

    Warisan adalah harta yang dimiliki orangtua seseorang. Bisa berupa tanah, rumah, emas, berlian, saham, deposito, surat obligasi atau sesuatu yang berharga lainnya. Semua itu adalah hasil kerja keras orangtua mereka yang telah diupayakan seumur hidupnya. Ada sebagian orang tua yang tidak mau menjanjikan warisan kepada anaknya.Takut nanti anaknya malas. Takut nanti anaknya tidak mau bekerja keras. Takut nanti anaknya menjadi orang yang gampang menyerah jika terkena sedikit masalah. Meskipun hal ini tidaklah selalu benar. Buktinya banyak sekali perusahaan keluarga yang memberikan kepada anaknya tampuk kekuasaan mengelola perusahaan. Tapi perusahaan itu aman-aman saja. Bahkan perusahaan itu berhasil menoreh penjualan tiga kali lipat dari ketika dipegang orangtuanya. Sehingga anggapan diatas terbantah mentah-mentah. Warisan memang terkadang membuat seorang anak terlena yang mana hal itu membuat seorang anak menjadi malas. Akan tetapi tidak semua anak yang memiliki sikap seperti ini. Dan biasanya gairah bekerja anak mengikuti apa yang dicontohkan oleh orangtuanya. Itulah sebabnya sebuah perusahaan keluarga Cina tidak pernah gagal mewarisi perusahaan kepada anaknya. Sebab etos kerja mereka menular kepada anaknya. Namun tidak semua orang memiliki warisan seperti diatas. Ada banyak sekali orang yang tidak sama sekali diwarisi oleh orangtua mereka harta berharga. Bahkan ada sebagian dari mereka yang diberikan warisan beban hutang yang menggunung. Sehingga terkadang membuat anaknya memberikan sumpah serapah kepada orangtuanya tersebut.

     

  2. Bank

    Institusi penyedia keuangan yang sering kita lihat di bilangan gedung atau bangunan di daerah perkotaan ini memang menyediakan begitu banyak modal yang tidak terhingga. Dari kecil hingga besar sekali. Semua tersedia di bank. Petugas yang bekerja di bank akan siap membantu setiap orang yang mau menggunakan modal. Tapi tidak semudah yang dikatakan oleh orang. Ada sekelumit persyaratan dan biaya yang harus dikeluarkan oleh seseorang di dalam memperoleh modal itu. Sebab bank itu juga sama seperti pedagang di pasar yang juga mencari keuntungan. Keuntungannya adalah bunga. Ya. Bunga adalah keuntungan bank. Bunga adalah biaya modal. Bunga juga adalah selisih antara pemanis tabungan dan pinjaman yang diberikan kepada seseorang yang ingin menggunakan modal. Jadi bagi orang yang ingin menggunakan modal yang ada di bank dia harus tahu bagaimana membayar bunga tadi. Nilainya antara 1 sampai 5% per bulan dari modal yang dipinjamkan. Nilai ini tidak pasti. Tergantung bank, kondisi ekonomi sang peminjam, kondisi ekonomi negara dan hal-hal yang lain yang dianggap berpengaruh. Jadi memang tidak mudah mendapatkan modal dari bank. Akan tetapi bukan berarti itu membuat tidak ada yang mau menggunakan modal dari bank. Justru di lapangan ada bank yang mengalami kebingungan karena banyaknya orang yang ingin mendapatkan modal. Ini tidak lain karena orang-orang ini tahu dan paham bagaimana cara mudah menggunakan modal yang dimiliki bank. Mereka tahu kelemahan sebuah bank. Mereka tahu tips dan trik mendapatkan modal. Tapi pengetahuan bukanlah sesuatu yang mengandung unsur magis. Itu logis dan mudah dijalani. Asalkan mereka mengetahui caranya. Semua orang bisa melakukannya.

     

Nah kedual hal ini seringkali disarankan orang-orang untuk mendapatkan modal. Jarang sekali orang-orang memberikan informasi selain dari kedua hal diatas. Jika demikian lalu bagaimana dengan orang yang tidak memiliki warisan dan tidak memiliki kemampuan yang sesuai dengan persyaratan yang diinginkan oleh sebuah bank. Apakah mereka tidak bisa mendapatkan modal ? Apakah mereka harus mengurungkan niatnya menjadi pengusaha? Apakah tidak ada pintu rumah pengusaha bagi mereka ? Apakah mereka tetap harus melanjutkan kehidupannya sebagai karyawan seumur hidup mereka ?

Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi sesuatu yang menggelitik dan mengusik tidur sebagian orang untuk mencari jawabannya. Mereka sangat berhasrat ingin menjadi pengusaha sukses. Mereka ingin sekali mencontoh Bob Sadino dengan Kemchicks-nya, Purdie E. Chandra dengan Primagama-nya, Puspo Wardoyo dengan Ayam Bakar Wong Solo-nya, Alim Markus dengan Maspion-nya, Chairul Tanjung dengan Trans TV-nya dan pengusaha-pengusaha telah sukses lainnya. Mereka ingin sekali mencari rahasia atas kesuksesan mereka.

Sebenarnya kesuksesan mereka tidaklah disebabkan karena mereka diwarisi oleh orangtua mereka beberapa modal. Justru mereka semua adalah anak dari orangtua yang hanya karyawan biasa. Bahkan ada juga yang memiliki orangtua yang hanya memiliki usaha toko kecil yang tidak ada apa-apanya. Ada kemungkinan jika dulunya mereka mendapatkan warisan, mereka tidak akan sesukses seperti sekarang ini. Dan justru dengan keterbatasan modal yang berada di lingkaran kehidupan mereka itulah yang membuat mereka bersemangat dan gigih membangun dan menciptakan sumber modal. Yang pada akhirnya warisan dan bank yang orang-orang bilang itu sebagai sumber utama mendapatkan modal terbantahkan.

Mungkin diantara Anda ada yang bertanya, Jika memang mereka bisa sukses tanpa harus mengandalkan warisan dan bank, bagaimanakah cara mendapatkannya ? Apakah ada buku yang membahas tentang hal itu ? Jawabannya adalah tergantung bagaimana Anda berusaha keras untuk mendapatkannya.

Ketika Anda berusaha keras untuk hal-hal yang memang ingin Anda ketahui maka otak dan akal pikiran yang Anda miliki akan membantu Anda menemukannya. Mungkin Anda bertanya lagi, Mengapa tidak disebutkan caranya ? Mengapa jawabannya terlalu umum ? Sebab tidak semua orang mampu melaksanakan cara yang sama ketika disebutkan caranya. Seperti warisan dan bank tadi. Apakah orang bisa sukses dengan kedua hal itu ? Jadi cara itu tidaklah mutlak. Ada banyak sekali cara-cara kreatif mendapatkan modal di sekitar Anda. Tidak diberitahu cara itu bukan cara itu rahasia. Tapi tidak diberitahu cara itu karena cara itu bergantung kepada pendidikan dan cara berpikir seseorang. Ketika seseorang itu diberitahu sesuatu yang berlawanan dengan pendidikan dan cara berpikirnya maka cara itu sudah pasti akan sia-sia.

Oleh karena itu cara mendapatkan modal tanpa uang adalah bukanlah satu cara. Tapi cara itu multiways atau banyak cara. Jadi dengan meningkatkan kemauan Anda sampai ke level tertinggi maka sudah pasti cara itu akan Anda temukan dengan mudah. Di sekitar Anda banyak sekali sumber modal. Tinggal Anda berhasrat tinggi untuk mendapatkannya. {}

 

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s