Tidak Bekerja Belum Tentu Tidak Ada Uang

Ada sebagian orang menganggap bahwa jika dia tidak bekerja maka dia tidak akan mendapatkan uang. Sebenarnya anggapan ini tidak begitu benar. Dan sebenarnya orang yang menyatakan pendapat ini takut akan uangnya dipergunakan Anda. Takut jika hasil kerja keras kegiatan menabungnya dipakai Anda seenaknya. Karena tidak bekerja tidak ada hubungannya dengan tidak adanya uang.

Sebagaimana diketahui, uang dicetak pemerintah untuk memudahkan pertukaran barang dan jasa yang terdapat dalam dunia perdagangan dalam sebuah negara. Meskipun uang tidak mutlak diperlukan setidaknya uang dapat memperkecil ketidakadilan diantara pemilik dan pengguna barang dan jasa. Tidak mungkin bisa menyamakan nilai antara barang dan jasa yang satu dengan yang lainnya. Sehingga pertukaran barang dan jasa tanpa menggunakan uang akan menyebabkan kekacauan perdagangan. Akan tetapi bukan berarti tanpa uang kegiatan pertukaran barang dan jasa tidak terjadi. Kegiatan itu tetap saja terjadi. Cuma tidak seefektif dan seefisien ketika seseorang menggunakan uang.

Uang itu akan selalu mengalir meskipun banyak orang tidak bekerja. Uang itu akan tetap dicetak meskipun sedang dalam kekacauan ekonomi. Sebab jika satu orang bekerja maka belum tentu semua orang juga bekerja. Ini dapat dilihat kepada pimpinan-pimpinan sebuah usaha. Para pimpinan itu jarang sekali bekerja dalam arti kebanyakan orang. Dia selalu saja kelihatan termenung dan melamun. Bahkan terkadang pemarah. Tapi sikap itu tidak membuat penghasilannya menurun, bukan ? Peristiwa ini membuktikan bahwa semakin tinggi jumlah uang pada seseorang maka semakin berkuranglah dia bekerja. Jadi tidak bekerja tidak menjamin tidak akan mendapatkan uang.

Lalu timbul pertanyaan, “Jika memang tidak bekerja belum tentu mendapatkan uang mengapa teman saya sudah sejak lama menganggur belum juga mendapatkan uang?”. Jawabannya adalah dia belum menguasai cara uang bekerja. Dan sewaktu ada kesempatan bekerja dia tidak atau lupa mempelajari bagaimana cara kerja uang. Jika dia menguasai cara uang bekerja maka dia akan mendapatkan uang.

Sebagian besar orang menganggap bahwa orang yang tidak mendapatkan uang adalah karena dia idiot atau tidak memiliki ketrampilan atau keahlian. Padahal tidak ada orang yang idiot atau tidak memiliki ketrampilan dan keahlian. Semua orang dilahirkan jenius. Semua orang memiliki ketrampilan dan keahlian. Banyak sekali pakar psikologi menyatakan demikian. Cuma masalahnya ketrampilan dan keahlian itu tidak bisa dipergunakan untuk mendapatkan uang. Ini terjadi karena dia masih tidak tahu atau belum memiliki pengetahuan tentang uang dan cara bekerjanya. Itu saja.

Pemilikan uang atas seseorang tergantung bagaimana pengetahuan dan pemahamannya tentang uang. Hanya orang-orang yang berpengetahuan saja yang tahu bahwa tidak bekerja bisa juga mendapatkan uang. Yang penting definisi bekerja bukanlah dipahami sebagai bekerja kepada orang lain atau perusahaan saja.

Ketika seseorang itu tahu bahwa uang itu hanyalah alat pertukaran maka dia tidak akan menghabiskan waktu dan hidupnya mencari uang. Apalagi hanya untuk bekerja. Akan tetapi bekerja bukanlah sesuatu yang buruk. Bekerja itu baik. Bekerja itu membuat seseorang mampu mengetahui berbagai macam keahlian dan ketrampilan orang lain. Bekerja itu membuat orang lain terbantu di dalam mengusahakan perdagangan yang dijalankannya. Namun bekerja itu ada waktunya. Bekerja itu ada masa aktifnya. Salah besar jika seseorang harus bekerja seumur hidupnya.

Untuk mendapatkan uang yang banyak tidaklah mungkin didapat dari bekerja. Sebab bekerja tidak mungkin diwakilkan. Contohnya dokter. Untuk meningkatkan penghasilannya maka dokter tidak mungkin mewakilkan keahliannya kepada orang lain. Sudah pasti dia akan menambah waktu bekerjanya. Jadi ada suatu saat penghasilannya akan berkurang seiring dengan umurnya.

Oleh karena itu jika Anda sekarang tidak bekerja alias seorang pengangguran, dipecat dari pekerjaan atau alasan lainnya sebaiknya Anda tenang-tenang saja. Anda hanya perlu memahami cara kerja uang dan bagaimana dia mengalir. Jika Anda paham cara kerja uang maka Anda tidak akan takut jika tidak bekerja. Anda juga tidak akan takut akan ancaman bos Anda yang akan memecat Anda. Anda tidak akan takut jika terjadi krisis ekonomi di negara Anda. Sehingga Anda tidak akan minder lagi ketika ada orang yang menghina Anda. {}


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s