Hubungan Ekonomi

Sebagai makhluk sosial, kita tidak mungkin bisa, tidak berhubungan dan membutuhkan orang lain. Apakah itu di dalam memenuhi kebutuhan primer, sekunder ataupun lux. Sehingga terciptalah hubungan yang dinamakan oleh ilmuwan dengan istilah hubungan ekonomi. Hubungan ekonomi ini memiliki ragam cara. Dari mulai kegiatan jual beli di pasar sampai penyediaan pesawat terbang. Setiap orang mau tidak mau pasti akan melaksanakan hubungan ekonomi. Sehingga timbullah ilmu tentang hubungan ekonomi untuk mempelajari bagaimana hubungan-hubungan itu bisa terjadi.

Artikel, buku, majalah, dan media lain yang mencetak tulisan orang tentang hubungan ekonomi memiliki alasan-alasan dan sudut pandang yang berbeda. Ada yang melihat dari pelaku hubungan dan ada juga yang melihat dari motivasi dari terciptanya hubungan ekonomi tersebut. Hasil dari penelitian orang-orang itu menciptakan sebuah teori. Teori inilah yang digunakan oleh orang-orang untuk membuat kebijakan di dalam mengatur hubungan ekonomi tadi.

Memang teori itu tidak mutlak benar. Sebab semua teori itu selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Buktinya jika teori itu benar mengapa selalu berubah-ubah. Jadi teori hanyalah dugaan atau kemungkinan. Tapi dugaan ini dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga bisa diterima sebagai sumber kebijakan seorang pemimpin ekonomi. Mau tahu selanjutnya ? Ikuti artikel-artikel berikutnya di situs ini….{}


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s