Mengelola Rasa Takut

Judul diatas mungkin terdengar geli bagi Anda. Mungkin diantara Anda ada yang bertanya, “Bagaimana mungkin kita bisa mengelola rasa takut ? Bukankah rasa takut itu akan terus ada di setiap diri seseorang? Ya. Memang benar rasa takut itu ada di dalam diri manusia. Dan tidak ada orang yang bisa menghilangkannya. Tapi masalahnya adalah pilihan untuk mengarahkan rasa takut itu. Apakah arahnya untuk menggapai impian atau tidak ?

Di dalam kehidupan sehari-hari, kita akan selalu menghadapi yang namanya rasa takut ini. Dimana pun, kapan pun dan kepada siapa pun. Baik itu di rumah, sekolah, mesjid, balai serba guna, supermarket, terminal, bandara, apotik, rumah sakit, kampus dan tempat-tempat umum lainnya. Entah kenapa kita bisa seperti itu. Padahal jika kita telah melewatinya, semua biasa-biasa saja.

Sebagian orang seringkali mengarahkan rasa takutnya kepada apa yang membuat dirinya memilih untuk tidak bekerja keras dalam rangka meraih apa yang menjadi impiannya. Berbagai alasan diciptakan untuk tetap memunculkan rasa takut tersebut. Sementara mereka tahu bahwa itu akan menjauhkan mereka dari impiannya mereka. Namun entah kenapa mereka tetap tidak berani menghadapi rasa takutnya.

Akan tetapi bagi sebagian orang yang mempunyai hasrat dan keinginan yang besar, mereka tidak pernah takut untuk menghadapi rasa takut itu. Mereka memilih untuk bernafas dalam ketakutan itu. Mereka tidak peduli akan apa pun yang akan terjadi nanti. Kedua hal itu membuat mereka berani menerobos ruang dan waktu dengan caranya sendiri. Mereka mampu mendobrak ketakutan terbesar dalam diri mereka. Ketakutan yang dianggap oleh sebagian orang sangat sulit untuk dihadapi. Ketakutan yang dianggap sebagian orang dapat membawa kepada kematian.

Menurut Napoleon Hill dalam bukunya Think and Grow Rich mengatakan bahwa ada enam ketakutan dasar manusia yaitu :

  1. Takut akan kemiskinan
  2. Takut akan kritik
  3. Takut akan kesehatan yang buruk
  4. Takut akan kehilangan cinta
  5. Takut akan usia tua
  6. Takut akan kematian

 Yang satu dengan yang lainnya selalu mencari tempat dalam pikiran manusia agar manusia itu menjadi penakut, gagal, kecewa, frustasi, depresi, loyo, dan berbagai sifat negatif lainnya. Ini seringkali menyerang sebagian orang sehingga tidak disadari menggerogoti kesehatan orang itu sendiri.

Padahal jika mereka mau berpikir lebih jernih ketakutan itu hanyalah produk dari pikiran mereka sendiri. Karena semua manusia dilahirkan memiliki potensi yang sangat sangat luar biasa. Di dalam tubuh manusia itu sendiri ada obat yang sangat ampuh dan mujarab. Obat ini hanya akan bekerja ketika manusia itu sendiri memintanya.

Apakah Anda pernah berpikir mengapa begitu mudahnya orang-orang sukses di dunia itu meraih apa yang menjadi impiannya ? Sebenarnya mereka itu sama seperti kita. Sama-sama punya waktu 24 jam sehari semalam. Sama-sama makan dan minum. Sama-sama bekerja keras. Cuma bedanya adalah tidak lain karena mereka bisa mengatasi rasa takutnya. Ini saja sih rahasianya. Mereka bisa mengelola rasa takutnya.

Kita telah melihat dengan mata kepala kita sendiri bagaimana manusia mampu membangun sebuah peradaban dari dulunya zaman batu sampai menjadi peradaban internet. Itu juga karena manusia percaya bahwa mereka bisa membangunnya. Dan kita juga bisa melihat bagaimana manusia mampu mengetahui aktivitas bakteri dari dalam laut sampai ke bulan. Dan itu juga hasil dari keberanian mereka untuk mengetahuinya.

Oleh karena itu saya selalu yakin bahwa tidak ada manusia yang gagal. Tapi yang ada hanyalah manusia yang takut untuk bangkit dari kegagalan. Tidak ada manusia yang bodoh. Tetapi yang ada hanyalah manusia yang takut akan kesalahan. Tak ada manusia yang jelek. Tetapi yang ada hanyalah manusia yang takut menghadapi orang lain.  Jadi yang ada hanyalah manusia yang berpikir dirinya penakut.

Jadi jika ada diantara Anda yang merasa memiliki pikiran seperti itu sebaiknya dihilangkan segera karena akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan Anda. Kalau Anda tidak bisa menghilangkannya, cari orang lain yang bisa menghilangkannya. Kalau perlu Anda bayar dengan uang. Sebab untuk meraih cita-cita dan impian Anda, tidak akan pernah bisa mencapainya kalau rasa takut masih mengganggu Anda.

Kalau mau sukses hadapi rasa takut Anda…!

Mau tahu selanjutnya ? Ikuti terus artikel-artikel berikutnya di situs ini…{}


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s