Manfaat Habbatussauda

 

Apakah Anda tahu apa itu Habbatussauda ? Itu adalah tumbuhan yang dipercaya sebagai makanan kesehatan. Menurut wikipedia.org, Habbatussauda (dalam bahasa latin Nigella sativa) atau Jintan hitam adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.

Dalam situs itu juga disebutkan bahwa habbatussauda banyak dikenal dengan berbagai nama, diantaranya black seed, black caraway, black seed, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dll. Digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 – 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi. Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980 – 1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernafasan.

Orang Jawa sering menyebutnya, Temu Ireng.

Inilah khasiat dan manfaat dari habbatussauda :

  1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh (imunitas) terhadap penyakit. (U.S Patents Sections, Antiviral Agents Buletin #5,482,711)
  2. Menstimulasi sumsum tulang dan sel imun, melindungi sel normal melawan virus, sel-sel tumor, dan memacu produksi sel Limposit B. (Cancer immunobiology Laboratory, South Carolina, USA)
  3. Berperan penting dalam penyembuhan kanker, AIDS, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan system kekebalan tubuh. “(Saudi Pharmaceutical journal tahun 1993 oleh Dr. Basi Ali dan rekan-rekannya dari College of Mendicine, King Faisal Universitiy)
  4. Memiliki aktifitas Antibiotik (Pakistan Journal Farmacy) dan aktivitas antihistamin/antialergi, dengan kandungan Cristaline nigellone (Study nirmal chakravarty,M.D), juga mempunyai aktifitas Antimycotic (anti jamur), antioxidant, dan Bronchodilating effect (anti asma) (Study Blackseed Oil on Human, American scientist).
  5. Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma Bronchial. Minyak yang di buat dari nigella dapat mengisolasi dithymoquinone, minyak ini sering disebut nigellone yang yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma bronchial.

Penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD pada tahun 1993, membuktikan kristal dari nigellone memberi efek suppressive. Kristal-kristal ini dapat menghambat proteinkinase C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin. Penelitian lain juga membuktikan hal serupa. Kali ini dilakukan oleh Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari universitas Munich, ia melakukan pengujian terhadap 600 org yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70% yang menderita alergi  terhadap debu, serbuk, jerawat, dan asma sembuh setelah di beri minyak nigellone.  Dalam praktiknya, DR. Schleincher memberi resep Nigella kepasiennya yang menderita influenza.

  1. Terbukti dapat melawan Kanker dengan aktifitas Anti Angiogenic (International immunobiology Research Laboratory, South Carolina, USA).
  2. Menurunkan kadar gula darah pada penderita Hiperglikemi / diabetes (Institute of Indigenous Medicine,  of Colombo).
  3. Menurunkan kadar kolestero darah pada penderita hipercholesterollemia (Institute of Indigenous Medicine, University of Colombo).
  4. Memiliki khasiat haemupoutic, anti anemia agent (Institute of Indigenous Medicine, University of Colombo).
  5. Memiliki aktivitas hipotensife / menurunkan tekanan darah tinggi (Al  Tahir).
  6. Meningkatkan produksi ASI (University of Patchefstroom).
  7. Memiliki aktifitas antiradang (Pharmacology Research Laboratories, Department of Pharmacy, Kings Colllge, London).
  8. Effek Antibiotiknya berkhasiat melawan kuman E.coli (menyebab diare), E.hitolytica (penyebab amoebiasis), M. Pyogenes (penyebab abses/ bisul), B. sutilis, D.pneumuniae (penyebab radang paru), Sal. Typhi. & parapyphi (penyebab typhus),  shigella boydi, sonnie dan Sh. dysentrie (penyebab Dysentry), B. anthracis (penyebab penyakit anthrax), Staph. Albus, staph. aureus (penyebab macam-macam infeksi dan radang ) (Barghava and Chauhan and Agarwal et. Al) Vibrio chorela (penyebab korela ) (Ferdous et.al).
  9. Meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linoleat (omega 3), Nigella merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Nigella juga memperbaiki peredaraan darah ke otak dan sangat cocok diberika pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

Jika Anda ingin memperolehnya segera hubungi HP 0813 60 99 4001


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s