Tidak Ada Uang Pasti Mati, Benarkah?

Sebagian orang berpikir bahwa di dalam hidup ini semua kegiatan harus menggunakan uang. Dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi. Semua harus menggunakan uang. Tidak ada kegiatan yang tidak memerlukan uang. Dan seterusnya. Sehingga muncul pemikiran bahwa jika kita tidak memiliki uang maka kita akan sengsara. Sengsara karena kita tidak bisa memenuhi semua kebutuhan hidup kita sehari-hari. Bukankah segala kebutuhan sehari-hari harus dipenuhi dengapeti_mati_romawin menggunakan uang sebagai alat tukarnya ?

Pemikiran seperti diataslah yang menyebabkan sebagian orang menumpuk harta sampai berlimpah-limpah. Bahkan kalau perlu gunung pun diubah menjadi emas. Sehingga sebagian orang itu akan menjadi sangat sombong, pelit dan kikir.

Akan tetapi benarkah bahwa jika kita tidak ada uang maka kita akan mati ? Apakah kita pernah memeriksa bahwa jika seseorang itu tidak ada uang maka kematian akan mendatanginya ? Jika memang begitu, mengapa banyak orang miskin yang lebih banyak memiliki  harapan hidup yang lebih lama daripada orang kaya ? Apakah orang miskin itu memiliki ilmu keabadian ? Dan mengapa banyak kita dengar orang kaya yang bunuh diri ? Apakah orang kaya itu tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari ?

Sebenarnya yang mengetahui apakah kita akan mati atau tidak bukanlah kita atau manusia lain. Tapi yang bisa mengetahuinya adalah pencipta kita. Sebab apa yang ada di dalam tubuh kita sendiri saja tidak bisa kita atur supaya berjalan dengan semestinya, bagaimana mungkin kita bisa mengetahui kapan kita mati. Lagipula jika manusia itu tahu kapan dia mati, untuk apa dia menimbun harta sebanyak mungkin. Toh dia akan mati juga. Tapi pada kenyataannya tidak, bukan ?

Memang benar tidak ada yang bisa menjamin jika kita tidak uang maka kita akan hidup lebih lama. Tapi bukan berarti itu menjamin bahwa jika kita memiliki uang yang berlimpah kita akan hidup lebih lama. Seperti orang kaya tadi yang bunuh diri. Apakah dia tidak memiliki uang yang cukup ?

Oleh karena itu jika tidak ada uang atau uang kita akan habis bukanlah sesuatu yang perlu kita khawatirkan. Sebab belum tentu jika kita tidak memiliki uang maka kita tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Karena setiap manusia tidak mungkin tidak memerlukan orang lain. Setiap manusia pasti memerlukan bantuan orang lain. Entah besok, lusa, minggu depan atau kapan pun. Suatu saat nanti pasti mereka akan membutuhkan orang lain untuk memenuhi semua kebutuhan hidupnya.

Begitu pun dengan kita. Suatu saat nanti kita yang dulunya kaya pasti akan jatuh miskin. Dan orang yang dulunya miskin pasti akan menjadi kaya. Ini biasa dalam hidup. Semua seakan-akan berputar seiring dengan bumi berputar. Yang penting adalah pada saat kita sedang kaya, rajin-rajinlah memberi sedekah. Dan jika kita miskin rajin-rajinlah membantu orang dengan tenaga dan pikiran kita. Sehingga terwujudlah sinergi atau kerjasama yang baik antara yang kaya dan yang miskin. Jika kedua hal ini diterapkan di masyarakat maka percayalah masyarakat itu akan maju dan berkembang. Dan inilah yang terjadi pada sebuah negara maju.

Jika ada orang yang katanya dia tidak perlu orang lain dan bisa hidup sendiri, ini hanyalah sebagai alasan agar dia tidak ikutserta di dalam membantu orang lain alias pelit. Ya dia itu adalah orang yang sangat pelit dan kikir. Dia tidak mau membantu orang lain dengan uang yang dia miliki. Dia takut akan kemiskinan. Dia takut jika dia miskin dia akan dihina dan diejek. Sehingga semua sifatnya itu memunculkan pernyataan seperti itu.

Orang-orang seperti ini sebenarnya tidak boleh ada di dalam masyarakat. Karena akan menghancurkan sendi-sendi sosial dan perekonomian masyarakat. Namun bukan berarti kita harus membunuhnya. Ini juga sesuatu yang salah. Cukup kita ajak dia kepada jalan yang lebih baik. Kita jelaskan kepadanya bahwa hal itu sangatlah merusak. Mungkin saja dia akan tobat. Jika pun dia tidak mau tobat, biarkan saja dia. Toh dia akan sadar sendiri ketika semua sumber keuangannya habis.

Mau Tahu Selanjutnya ? Ikuti terus artikel berikutnya…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s