Jangan Bunuh Tubuh Kita

Tanpa kita sadari secara tidak langsung kita sering membunuh tubuh kita sendiri. Ini tidak lain karena kita terlalu banyak mengkonsumsi apa yang kita lihat bukan apa yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Makanan-makanan yang dijual atau dijajakan oleh para pedagang di pasar, supermarket, mall, toko dan sebagainya memang terlihat begitu menarik dan mempesona. Sehingga membuat kita terdorong mengeluarkan uang dari dalam kantong kita dan langsung msehatembelinya. Namun apakah kita pernah dan mau menyelidiki, apakah makanan yang terlihat menarik itu bermanfaat atau malah menghancurkan kesehatan tubuh kita.

Memang tidak bisa dipungkiri selera kita itu sangatlah susah untuk dikendalikan. Akan tetapi sebelum melanjutkan, cobalah untuk berhenti sejenak dan berpikir, apakah uang kita cukup untuk membiayai pengobatan kita nanti tatkala terserang gangguan kesehatan. Jika pun cukup, coba berhenti sejenak lagi dan berpikir, apakah kita tidak sayang dengan uang hasil kerja keras kita seumur hidup itu, dinikmatinya tatkala berada di rumah sakit.

Meskipun tubuh kita ini sudah sedemikian sempurna diciptakan oleh Allah Tabaaraka wa Ta’ala, bukan berarti kita boleh mengisinya dengan makanan-makanan yang jelas-jelas buruk. Dan bukan berarti jika dokter tidak melarangnya, kita tidak menjaga apa yang boleh dan tidak boleh masuk ke dalam tubuh kita.

Tubuh kita adalah aset kita. Tubuh kita adalah senjata kita. Buat apa uang dan harta yang berlimpah jika tubuh kita terkena gangguan kesehatan. Seperti yang pernah terjadi pada salah seorang teman saya. Dia tuh memiliki penghasilan yang lumayan. Namun sayang dia tidak pernah menjaga kesehatannya. Dia sibuk mencari uang tanpa memperdulikan kesehatan tubuhnya. Akhirnya semua uang yang dikumpulnya itu habis untuk membiayai pengobatannya. Sungguh sayang.

Boleh-boleh saja kita giat mencari uang. Tidak ada yang salah dengan giat bekerja. Tapi ingat jangan lupa untuk beristirahat dan memakan makanan yang sehat juga. Sehat itu ngga perlu mahal. Tidak perlu harus membayar konsultan kesehatan atau dokter spesialis untuk menjaga kesehatan. Cukup bertanya saja kepada orang-orang tua yang berumur 70 tahun ke atas yang masih sehat. Mereka sangat senang jika ditanyakan hal-hal seperti itu. Dan mereka pasti akan mengatakan makanan-makanan apa saja yang sehat dan murah.

Makanan sehat dan murah sangat banyak sekali. Cuma kita tidak pernah bertanya saja. Seperti bayam dan tempe contohnya. Kedua makanan ini sangat murah dan terjangkau. Kedua makanan ini sangatlah lengkap vitamin dan mineralnya. Jika kita mengkonsumsinya setiap hari, Insya Allah kesehatan kita akan selalu terjaga. Dan saya yakin semua daerah pasti memiliki kedua makanan ini. Namun ya itu tadi sebagian orang menganggap jika sebuah makanan itu mudah didapat dan murah, mereka merasa bahwa makanan itu tidak bermanfaat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s