Cara Mengetahui Peluang Yang Jelas, Benar dan Menguntungkan

Kondisi ekonomi yang semakin sulit membuat orang banyak beralih profesi. Dari mulai perantara properti sampai agen proyek pemerintah. Banyak sekali kita mendengar di sekeliling kita, orang-orang yang menawarkan beberapa peluang-peluang bisnis yang kedengarannya begitu menarik. Saking menariknya, terasa uang yang begitu melimpah bisa hadir dalam beberapa minggu lagi dan masuk ke dalam rekening bank kita. Padahal setelah diikuti atau ditelusuri semua peluang itu, hampir semuanya hanya mengandung angin surga alias omong doang.

Begitu pula kondisi di Aceh saat sekarang ini. Proyek BRR yang telah usai menyisakan beberapa orang yang memiliki mental-mental makelar. Orang-orang ini mampu membuat beberapa orang lainnya terpesona dan tersihir. Mereka menawarkan sebuah peluang bisnis yang kedengarannpeluangya begitu menggiurkan. Saking menggiurkan terkadang kita bisa tidak bisa tidur semalaman akibat memikirkannya.

Orang-orang mungkin bertanya, Ada apa ? Sebenarnya tidak ada apa-apa. Cuma di Aceh situasinya berbeda. Orang-orang ingin cepat kaya dan tidak mau bersusah payah terlebih dahulu. Ini tidak lain akibat dari kondisi sewaktu pasca bencana tsunami tahun 2004, orang-orang di Aceh dibuai dengan bantuan-bantuan gratis dari beberapa pihak seperti NGO atau LSM dan pihak lainnya. Mereka mendapatkan apa-apa semua serba gratis. Dari mulai rumah sampai beras. Sehingga sebagian masyarakat Aceh tidak terdidik untuk bekerja keras di dalam mencari nafkah. Mereka lupa bahwa tidak mungkin ada uang gratis. Yang ada hanyalah pihak tertentu yang membayarnya.

Meskipun tidak semua orang Aceh dan yang tinggal di Aceh begitu, namun mental ini menular hampir ke setiap orang Aceh dan yang sudah tinggal lama di Aceh. Jika Anda menetap di Aceh, Anda akan banyak sekali mendengar orang-orang didalam dan diluar Aceh yang tertipu dengan kabar-kabar seperti diatas. Ada yang menawarkan proyek pemerintah, binatang sumber obat, bisnis multi levelmarketing, mobil sport mewah harga murah dan sebagainya. Dan anehnya meskipun sudah tertipu berkali-kali mereka tetap juga mempercayainya.

Ya mau dibilang apa. Susah untuk dijelaskan. Ini semua sifat dasar manusia. Semua orang pasti ingin kaya. Tidak ada orang di dunia ini yang ingin hidup miskin. Semua orang ingin hidup senang dan gampang. Cuma masalahnya kaya yang bagaimana yang diinginkan setiap orang. Sebab tidak semua orang ingin kaya harta. Ada juga yang ingin kaya teman. Bahkan ada juga orang yang hanya ingin membantu orang lain. Semua tergantung pendidikan dan karakternya.

Akan tetapi bukan berarti dari sekian banyak peluang itu semuanya bohong. Ada juga yang benar. Bahkan bisa membuat kita tertimpa rezeki nomplok. Tapi masalahnya bagaimana kita mengetahui peluang mana yang benar. Apakah ada ilmu atau pengetahuan untuk mengetahuinya ? Saya tidak bisa memberitahu Anda secara pasti tips-tips apa yang bisa memilih peluang-peluang itu. Sebab di setiap daerah berbeda-beda modus operandinya. Namun berdasarkan pengalaman saya, saya jadi tahu mana peluang-peluang itu yang memang benar adanya. 

Pada kesempatan ini saya akan membeberkan tips bagaimana mengetahui peluang yang benar. Tips-tips tersebut antara lain :

1. Anda harus kenal dengan orang yang memberitahu informasi itu.

2. Anda harus paham dengan apa yang di-informasi-kannya.

3.Jangan percaya dengan pandangan atau pikiran pertama.

4. Selalu konsultasikan dengan orang yang benar-benar ahli dalam bidang yang di-informasi-kan.

5. Jangan melakukan apa-apa atau mengeluarkan uang sepeser pun sebelum informasi itu jelas bermanfaat bagi Anda.

Kelima tips diatas akan sangat membantu Anda di dalam memilih peluang-peluang mana yang benar dan bukan angin surga alias omong doang. Sehingga waktu dan uang Anda akan selamat dari hal-hal yang merugikan Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan mengisi kolom comment di bawah ini. Saya akan berusaha menjawabnya semampu saya.

Wassalam and Good Luck…!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s