Kaya & Sukses Itu Bukan Tujuan

Apakah Anda ingin kaya  dan sukses ? Tentu semua orang akan menjawab iya. Hanya  orang bodoh dan tidak waras yang akan menjawab tidak. Semua orang sangat berhasrat untuk menjadi kaya dan sukses. Tapi kenyataan memperlihatkan bahwa sangat sedikit sekali jumlah orang-orang kaya dan sukses itu. Keinginan menjadi kaya tidak serta merta membuat orang menjadi kaya. Ada begitu besar rintangan dan hambatan yang menghalanginya.

Sebagian orang menganggap bahwa kekayaan dan kesuksesan adalah tujuan hidup mereka. Sehingga mereka menghalalkan segala cara untuk meraihnya. Padahal sebenarnya kekayaan dan kesuksesan itu hanya proses. Ya. Proses mengenal diri sendiri. Proses mengenal apakah seseorang itu mampu atau tidak memenuhi sesuatu yang mesuksesnjadi tantangan dalam hidupnya.

Sebagian orang yang lain mengira bahwa orang-orang kaya itu sangat jenius atau sangat cerdas. Atau mengira mereka itu dilahirkan menjadi kaya. Padahal mereka sama seperti kita. Tidak ada bedanya. Paling bedanya cuma tempat lahir atau suku bangsa. Yang lain sama saja. Mereka memiliki waktu 24 jam dan 7 hari seminggu. Mereka tidur kalau malam tiba. Mereka makan tatkala lapar. Dan mereka juga minum air tatkala haus. Yang semua itu sama persis seperti kita.

Namun kenapa mereka bisa memiliki kekayaan yang begitu melimpah ruah ? Apakah Anda tahu ? Apakah Anda benar-benar tahu rahasia mereka ? Rahasianya adalah terletak pada pikirannya. Ya pikirannya. Pikirannyalah yang membedakan mereka dari rata-rata kebanyakan orang. Pikiran merekalah yang mampu membedakan mana jalan menuju kekayaan dan mana yang tidak.

Mereka mampu dan terbiasa mengolah akal pikiran mereka menjadi lima kali lebih dahsyat dari kebanyakan orang. Dan mereka tahu dimana dan bagaimana mengarahkan akal pikiran mereka itu untuk bisa mendatangkan uang. Itulah rahasianya. Jadi percuma jika Anda mencontek usahanya atau mencuri uangnya atau apa pun yang menurut Anda bisa membuat Anda ketularan menjadi kaya. Anda akan mendapati bahwa usaha Anda itu sia-sia. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar bisa seperti mereka ? Caranya adalah tidak lain dengan mengembangkan pikiran Anda. Inilah satu-satunya cara yang praktis dan bermanfaat.

Kembangkanlah pikiran Anda seluas mungkin. Apapun profesi Anda dan latar belakang Anda, jika Anda mengembangkan pikiran Anda maka Anda bisa menyamai mereka. Bagaimana caranya ? Caranya dengan membaca buku. Mungkin sebagian diantara Anda ada menertawakan saran ini. Tapi percayalah orang-orang kaya itu bisa seperti sekarang ini karena mereka memiliki satu atau dua buku yang membimbing mereka mencapai apa yang mereka miliki sekarang.

Tidak mungkin mereka bisa seperti sekarang ini tanpa membaca buku. Kalau pun mereka bilang tidak pernah. Itu hanyalah agar buku itu tidak menjadi laris. Tidak ada orang di dunia ini dari bayi langsung kaya. Tidak. Ini mustahil. Sebab semua orang memiliki kebutuhan yang sama dengan orang lain. Saling butuh membutuhkan. Pasti mereka juga melewati serangkaian proses perjalanan yang panjang. Begitu pula dengan Anda. Jika Anda ingin kaya dan sukses, banyaklah membaca buku. Karena buku akan membuat pikiran Anda berkembang.

Tapi ingat saya katakan membaca buku bukan memperoleh gelar. Gelar tidak menjamin berapa banyak buku yang telah dibaca seseorang. Banyak orang yang lulusan sarjana tapi hanya dua buku saja yang dibacanya. Itu pun buku mata kuliahnya. Jadi bagaimana bisa menjadi kaya dan sukses?


2 thoughts on “Kaya & Sukses Itu Bukan Tujuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s