Kriminal Tidak Muncul Dari Langit

Matahari yang terbit pada pagi hari ini sangat cerah sinarnya. Namun cerahnya itu tidak sebanding dengan cerahnya kondisi keamanan daerah ini bisa stabil.

Beberapa menit yang lalu saya mendengar berita di radio bahwa ada kejadian perampokan dan pencurian di desa yang tidak jauh dari rumah kami.

Berita itu menyebutkan bahwa ada 2 rumah yang didatangi oleh 3 orang pemuda yang mengaku sebagai sales minyak wangi. Awalnya mereka ingin menawarkan produk minyak wangi. Namun karena rumah-rumah itu tidak ada penghuninya, mereka memanfaatkan kesempatan itu untuk beraksi. Sehingga sebuah handphone dan uang sejumlah Rp 50ribu raibborgol alias lenyap dicuri oleh mereka. Sedangkan rumah yang satunya mereka berhasil mengambil puluhan gram emas dan harta lainnya.

Kasus ini menarik bukan karena peristiwanya. Tapi apa yang dicurinya. Sebab sebagian orang berpikir apa sih untungnya sebuah handphone dan uang Rp 50ribu dibandingkan dengan nyawanya. Jika perampok itu sadar pasti dia tidak akan melakukannya. Namun mereka tetap mencurinya. Perampok itu tidak peduli sama sekali yang penting hasratnya terpenuhi.

Mungkin sebagian orang menganggap perbuatan itu gila. Tapi menurut saya itulah jika seseorang terdesak kondisi ekonomi yang sulit, siapa pun akan melakukannya.

Coba Anda bayangkan, bagaimana jika anak Anda sakit dan butuh uang untuk ke rumah sakit, sementara Anda tidak memiliki uang sepeser pun ? Dan sementara juga Anda tidak berhasil mendapatkan uang setelah melakukan usaha ke sana kemari. Apa yang akan Anda lakukan ?

Jadi menurut saya tidak ada orang yang mau melakukan kejahatan jika memang tidak terdesak. Sifat dasar manusia itu  pada dasarnya baik. Cuma keadaanlah yang mendesak dia untuk berbuat kejahatan.

Akhir-akhir ini di daerah saya banyak sekali terlihat mobil-mobil baru berkeliaran. Semuanya mewah-mewah. Pelat nomor polisinya saja masih berwarna merah dengan dasar putih. Yang mana itu menandakan bahwa mobil itu baru keluar dari showroom alias tempat jual beli.

Semua merk mobil ada di sini. Tidak ada yang ketinggalan. Dari yang paling mahal sampai yang mudah terjangkau. Dari untuk keluarga sampai untuk artis atau kelas pengusaha kaya.

Belum lagi sepeda motor yang terus bertambah. Kelihatannya orang-orang di daerah ini begitu mudahnya gonta ganti sepeda motor. Dulu merk ini sekarang merk lain. Hampir di setiap sudut desa ada saja sepeda motor baru. Padahal baru satu hari yang lalu jenis dan merk sepeda motor itu muncul iklannya di televisi.

Sementara di lain pihak ada orang yang meronta-ronta kesakitan karena tidak makan seharian. Dia mengharapkan uluran pemerintah yang tidak pernuh kunjung datang. Kemudian ada juga pelaku korupsi yang divonis bebas oleh hakim. Aktivis antikorupsi sudah melaporkan perilaku hakim itu ke komisi yang berwenang.

Mungkin Anda bertanya, apa maksud itu semua ? Itu semua hanya untuk membuat Anda tahu bahwa peristiwa kriminal itu bukan sesuatu yang terjadi begitu saja. Tapi karena dampak negatif dari adanya ketidakadilan pemerintah di dalam menjalankan roda pemerintahannya.

Mungkin pemerintah merasa bahwa kebijakannya sudah baik dan bagus. Sehingga mereka merasa sudah selayaknya mendapatkan penghargaan. Tapi melihat kasus kriminal diatas apakah pemerintah menganggap bahwa kebijakannya sudah baik ? Saya yakin akan muncul lagi kasus kriminal yang semakin besar yang akan menyulitkan polisi untuk mengusutnya.

Memang benar jika ada yang mengatakan bahwa bukankah sudah ada polisi ? Apa gunanya polisi jika tidak ada kriminal. Memang benar polisi itu bertugas menjaga keamanan daerah kita. Tapi yang perlu diingat adalah polisi itu manusia biasa yang memiliki keterbatasan. Jadi bisa saja mereka kecolongan juga. Bisa saja Anda atau saudara Anda yang terkena aksi kejahatan kriminal namun polisi belum juga datang ketika Anda memanggilnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s