Kelapa Sebagai Sumber Listrik

Pada umumnya listrik yang kita pahami adalah sesuatu yang bisa menghidupkan lampu, air conditioner (AC), seterika, kulkas, televisi, radio dan lain-lain. Tidak lebih. Hanya ilmuwan sajalah yang mengetahui secara rinci apa itu listrik. Sedangkan kita yang awam ini hanya bisa menggunakannya saja. Dan setelah akhir bulan kita membayar tagihan atas pemakaiannya di loket-loket yang ditunjuk perusahaan penyedia listrik. Karena di negara kita listrik masih dikelola pemerintah maka kita pun membayarnya kepada instansi pemerintah.

Akhir-akhir ini listrik di rumah kita sering mati. Hampir lebih dari 5-8 kali dalam sebulan listrik di rumah kita mati. Sebagian orang menganggap itu biasa. Karena yang namanya pemerintah, mereka memang tidak perlu terlalu sibuk untuk melayani. Kesannya tidak ada upaya untuk melayani lebih baik. Sebab gaji para karyawan mereka bukan dari tagihan para pemakai. Sehingga menurut sebagian dari mereka, pelayanan baik dan buruk pun gaji tetap sama. Itulah sebabnya semua penyedia barang dan jasa yang dikelola oleh pemerintah jarang kita dengar yang memiliki sistem pelayanan pelanggan yang bagus.

Jika ada orang yang mengatakan bahwa listrik itu murah, mungkin orang itu akan dianggap tidak waras. Sebab dengan dikelola pemerintah biaya tidak terduga akan selalu tinggi yang mana hal itu akan menambah tarif penggunaan listrik.

Sebagai salah bentuk energi, listrik memang tidak bisa diciptakan. Listrik hanya bisa dipindahkan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Tempat itu bisa matahari, pembangkit, unsur kimiawi dan sebagainya. Energi yang mengalir dari pembangkit listrik akan diubah oleh alat yang bernama transformator sehingga dapat langsung dipakai oleh penduduk atau masyarakat seperti pada rumah-rumah kita.

Kecuali matahari, pembangkit listrik yang lain itu dibangun di beberapa tempat dengan menggunakan metode dan teknik yang berbeda-beda. Hanya segelintir orang saja yang tahu bagaimana membangunnya.

Karena begitu bergantungnya pada pembangkit, ketika pembangkit listrik ini mati maka listrik pada rumah-rumah kita pun akan ikut terputus. Itulah sebabnya sering kita lihat listrik di rumah kita sering mati ketika pembangkit mendapatkan gangguan.

Akibatnya timbul sebuah ide untuk mencari sumber listrik selain yang ada diatas. Dari tumbuh-tumbuhan misalnya. Akhir-akhir ini para ilmuwan di seluruh dunia sedang mencari sumber listrik dari tumbuh-tumbuhan. Kelapa adalah satu-satunya tumbuh-tumbuhan yang mengandung listrik yang mudah didapat. Sebab kelapa diyakini memiliki unsur carbon yang tinggi. Sementara dalam carbon telah ditemukan unsur yang bisa menghasilkan pergerakan elektron yang baik. Sebab pergerakan elektron adalah faktor utama untuk menghasilkan listrik.

Bagaimana caranya mengubah kelapa menjadi sumber listrik,  tunggu artikel-artikel berikutnya di situs ini….!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s