5 Cara Merencanakan Keuangan

Semua orang jika sudah tua pasti tidak akan bisa bekerja lagi. Terutama untuk orang yang berumur 65 tahun keatas. Paling-paling dia hanya bisa bekerja sebagai penasehat. Tidak lebih.  Itu pun jika masyarakat telah mempercayai kemampuannya. Jika tidak ya dia hanya sebagai bangkai hidup.

Memang benar tidak mudah mendapatkan hari tua yang sejahtera dan bahagia. Sebab bukan kita saja yang akan berharap hal yang sama. Ini tidak lain karena tidak ada orang di dunia ini yang mau hidup sengsara. Semua orang pasti ingin sejahtera dan bahagia di hari tuanya. Dan semua orang akan melakukan apa saja demi mendapatkannya.

Tapi masalahnya adalah tatkala masih muda jarang ada yang mau mengambil jalan untuk menggapai hari tua yang sejahtera dan bahagia. Alasan klasik adalah umurnya masih muda. Dia tidak mau repot-repot memikirkan hal-hal yang belum terjadi.

Adakah di zaman sekarang anak muda yang bekerja keras mendapatkannya ? Jarang kita dengar. Bahkan bisa dikatakan tidak ada. Mengapa ? Karena zaman sekarang berbagai produk atau barang dan jasa sudah melebihi kebutuhan manusia yang ada. Semua sudah diluar batas normal. Rumah saja contohnya.

Begitu banyak pilihan rumah yang bisa kita temukan di pasar. Ada rumah mini, apartemen, vila, rumah susun, rumah kontrakan, rumah kos, rumah toko dan sebagainya. Itu baru rumah. Belum lagi kendaraan. Dan barang-barang serta jasa-jasa demi kebutuhan manusia lainnya.

Semuanya itu membuat seorang anak muda akan lupa diri jika dia telah memilikinya. Sehingga merencanakan hari tua menjadi hal ke-18 dalam pikirannya. Dia tidak akan sempat berpikir bahwa suatu saat nanti dia akan tua, lemah dan tak berdaya. Itulah sebabnya dia akan malas untuk mencari hal-hal yang lain setelah beberapa barang dan jasa dimilikinya. Padahal belum tentu semua barang dan jasa itu akan selalu berada di sampingnya.

Lalu bagaimana caranya agar hari tua kita tidak sengsara. Berikut ini ada 5 cara untuk menghindari hari tua Anda menjadi malapetaka dan beban bagi keturunan Anda.

1. Investasikan kelebihan uang Anda ke pendidikan finansial

2. Rajin-rajinlah membaca artikel tentang investasi

3. Daftarkan diri Anda pada bisnis network marketing yang menjanjikan

4. Beli properti

5. Tulis dan terbitkan buku

Lima cari diatas akan membuat hari tua Anda tidak lagi suram seperti yang dikatakan oleh para perencana finansial.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s