Infrastruktur Kekayaan

Layaknya sebuah bangunan, kekayaan pun memiliki infrastruktur. Apa itu ? Itulah perusahaan dengan sistem. Ya. Perusahaan dengan sistem. Ketika Anda ingin menjadi kaya maka keinginan itu tidak akan bisa terlaksana manakala Anda tidak memiliki perusahaan dengan sistem. Anda akan menjadi orang yang paling kaya jika Anda telah membangun sebuah perusahaan dengan sistem. Bila Anda tidak mengetahui apa itu sistem, sistem itu adalah beberapa elemen yang bergabung dan saling bekerjasama demi menggapai satu tujuan.

Contoh sederhananya adalah sewaktu Anda diminta membersihkan saluran air di depan rumah Anda. Jika Anda sendiri yang melakukannya maka saluran air itu sulit untuk dibersihkan. Namun jika seluruh anggota keluarga Anda melakukannya seperti istri, anak-anak, dan pembantu-pembantu Anda maka saluran air itu akan bersih seperti sediakala.

Begitu pula dengan pengertian sistem. Elemen sistem itu adalah Anda, istri, anak-anak dan pembantu-pembantu Anda. Sedangkan tujuan itu adalah membersihkan saluran air. Semua kegiatan itu dinamakan sistem membersihkan saluran air. Jadi disini Anda bisa mengerti apa itu sistem.

Biasanya dalam perusahaan itu ada beberapa bidang. Bidang-bidang itu sangatlah diperlukan untuk membangun sebuah perusahaan yang bersistem. Percuma saja jika Anda memiliki perusahaan tapi tidak memiliki dan membangun bidang-bidang itu.

Pada perusahaan kecil dan baru, biasanya bidang-bidang itu antara lain adalah bidang manajemen, keuangan, personalia, produksi dan pemasaran. Namun jika perusahaan Anda berkembang maka bidang-bidang itu akan memiliki beberapa sub bidang.

Jika perusahaan Anda kekurangan uang maka bidang pemasaran dan keuangan dalam perusahaan Anda lah yang harus diperbaiki. Dan Anda tidak bisa hanya memperbaiki kedua bidang ini jika Anda tidak memperbaiki juga bidang manajemen, produksi, dan personalia. Karena semua bidang-bidang itu memiliki saling keterkaitan satu sama lain.

Dan sistem disini bukan hanya sistem manajemen saja. Tapi mencakup sistem keuangan, sistem personalia, sistem produksi dan sistem pemasaran. Sudah banyak orang kaya yang telah memilikinya. Anda pun bisa jika Anda berhasil membangunnya.

Untuk membangunnya memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Memerlukan kecerdasan emosi, finansial, dan kecerdasan lainnya. Itulah sebabnya orang kaya itu sangat sedikit.

Dan perlu Anda ketahui bahwa mereka bisa menjadi kaya bukan karena keturunan. Meskipun orang tua mereka kaya belum tentu mereka bisa menjadi kaya jika mereka tidak belajar. Itulah sebabnya juga jarang anak-anak orang kaya dibuai dengan kekayaan orangtua mereka. Mereka pasti dididik dengan penuh kedisiplinan dan dedikasi tinggi guna mewariskan seluruh kekayaan orangtua mereka. Jadi mereka bisa kaya karena mereka pantang menyerah untuk belajar dan berusaha bagaimana menjadi orang kaya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s