Khasiat Apel

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Semua orang pasti mengenal buah yang serbaguna ini. Mungkin lebih tua umur buah apel dari umur rata-rata orang saat ini.

apel Tanaman apel ini berasal dari Asia Barat. Tepatnya di daerah Turki. Alexander Agung menemukannya di daerah Kazakhstan sekitar 320 SM.

Buah yang sering berada di toko buah ini sangat terkenal. Jarang sekali kita melihat di toko buah yang tidak menjual buah yang satu ini.

Dalam bahasa latin, buah ini dinamakan dengan Malus Domestica. Kalau Anda ingin mencari literatur tentang apel di perpustakaan, mulailah dengan nama latin tersebut.

Buah ini tidak satu jenis. Tapi ada begitu banyak jenis. Menurut peneliti, buah apel memiliki lebih dari 7500 jenis. Banyak sekali, bukan ? Jadi kalau ada orang yang bilang apel cuma satu jenis, tidak usah dihiraukan.

Rasanya sedikit manis dan asam. Cocok sekali buat orang yang tidak boleh makan yang manis-manis. Boleh juga dimakan kulitnya. Namun untuk saat sekarang lebih baik jangan. Sebab ada dokter yang mengatakan bahwa kulitnya sering mengandung pestisida alias pembasmi hama tanaman

Kandungan pada buahnya dipercaya mampu mencegah seseorang dari beberapa penyakit. Seperti kanker usus dan kanker lainnya. Hal ini karena ada beberapa senyawa seperti quercetin, epicatetchin dan procyanidin terkandung di dalam buahnya.

Buahnya juga mengandung karbohidrat, serat, protein, air, vitamin C, vitamin B, asam folat, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium dan potasium. Buah ini juga memiliki antioksidan yang mampu mencegah dari penuaan kulit. Sangat lengkap, bukan ?

Mungkin itulah yang membuat timbulnya pepatah yang menyebutkan bahwa “Satu Apel Sehari Terhindar dari Dokter”.

Banyak orang telah mengambil manfaat dari budidaya apel ini. Pada tahun 2005 ada sekitar 55 milyar ton dengan nilai sekitar US$ 10 Milyar yang telah diperjualbelikan untuk perdagangan buah apel ini.

China adalah negara produsen apel utama dunia. Negara itu menghasilkan sekitar 35%  dari total produksi dunia. Lalu diikuti oleh Amerika Serikat, Iran, Turki, Rusia, Italia dan India.

Mau Tahu Selanjutnya ? Ikuti terus artikel-artikel berikutnya….!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s