Bingung Buka Usaha ? Ga Punya Modal ? Ngomong Aja…

Ada yang datang berkunjung hari ini. Saudara dari pihak ibu rupanya. Dia membawa anggota sebanyak 2 orang. Satu ibunya dan satu lagi kakak sepupunya. Kedua-duanya memiliki pekerjaan.

Usaha Namun pekerjaan yang satu dengan yang lainnya sangatlah berbeda visi dan misinya. Yang satu berpikir bagaimana secepat-cepatnya pensiun. Sementara yang satu berpikir bagaimana selama-lamanya bekerja. Kenapa ? Ya ini tidak lain karena motivasi mereka.

Yang satu memiliki pekerjaan sebagai pegawai pemerintahan. Yang namanya pegawai pemerintahan tentu dalam pikiran mereka adalah bagaimana caranya menghabiskan anggaran. Seperti kapan punya rumah, kapan anak menikah, kapan punya mobil, kapan punya ini dan kapan punya itu. Pembicaraan yang terjadi hanyalah bagaimana menghabiskan uang. Sementara yang satu berbeda.

Karena memiliki usaha yang dijalankan oleh adiknya maka ketika bercerita selalu menekankan apa yang dimiliki yang bisa dikembangkan. Itu saja. Sehingga kita yang mendengar dan merasa tidak punya apa-apa menjadi bersemangat untuk mengembangkannya.

Namun bukan berarti salah satu dari mereka lebih baik diantara yang lainnya. Tentu ada kelebihan dan ada kekurangan. Ada plus minusnya.

Dan memang keduanya sangat ahli di dalam berbicara. Kata-kata yang keluar dari mulut mereka seakan-akan begitu menggoda. Jika kita tidak sadar mungkin kedua-duanya akan membuat kita masuk ke dalam lingkaran mereka. Lalu timbul pertanyaan, Apakah mereka berbicara karena kita beri uang ? Tentu tidak bukan ? Kunjungan mereka itu adalah biaya mereka. Tidak mungkin mereka datang hanya untuk diam saja. Pasti harus menggali informasi.

Dari sini kita bisa mempelajari bahwa sebenarnya percakapan adalah modal utama dibandingkan uang. Banyak orang tidak mau buka usaha hanya karena modal. Modal tidak ada ya tidak buka usaha. Padahal suka berbicara adalah modal utama seseorang. Meskipun Anda memiliki uang milyaran rupiah jika tidak bisa berbicara maka ada kemungkinan besar uang Anda akan habis seketika.

Jadi jika Anda tidak punya modal, Anda jangan takut atau bimbang. Cukup Anda komunikasikan terhadap setiap orang bahwa Anda tidak punya modal. Selama Anda pandai berbicara mengenai bagaimana caranya mendapatkan modal. Nanti akan ada orang yang siap memberi modal kepada Anda. Ga Percaya ? Coba saja…..!

Mau Tahu Selanjutnya ? Ikuti terus artikel-artikel berikutnya…..!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s