Memecahkan Masalah Hidup dengan Shalat

Begitu banyak permasalahan yang terjadi dalam kehidupan Anda bukanlah berarti Anda sedang dikutuk atau bagaimana. Apalagi menganggap bahwa masalah adalah memang nasib Anda. Ini sebuah pemikiran yang salah. Ingat kawan ! jangan pernah menganggap masalah adalah takdir buruk Anda. Tapi ingatlah bahwa permasalahan yang terjadi itu untuk membuat Anda semakin bijak di dalam mengarungi kehidupan ini.

Shalat Tidak ada orang di dunia ini yang tidak memiliki masalah. Anda, saya, dan siapa pun pasti tidak pernah luput dari yang namanya masalah. Terutama masalah hidup. Permasalahannya adalah apakah kita memiliki pengalaman di dalam menghadapinya. Dan sebenarnya semua masalah itu hanyalah sebuah pengetahuan baru bagi seseorang. Sebuah pengetahuan untuk menaikkan derajat sosial kita.

Sesuatu yang kita anggap masalah belum tentu sesuatu itu menjadi sebuah masalah bagi orang lain. Ada kalanya orang lain bisa dengan mudah memecahkannya. Dengan mengajukan pertanyaan kepada orang lain ada kemungkinan besar masalah itu bisa diketahui pemecahannya.

Perlu diketahui juga bahwa Allah Tabaaraka wa Ta’ala telah menganugerahkan kepada Anda sebuah organ. Alhamdulillah. Organ itu, bila digunakan akan mampu memecahkan semua masalah Anda. Apaah Anda tahu ? Itulah otak.

Otak adalah organ tubuh anda yang mampu menyimpan ingatan yang luar biasa. Kalau saat ini Anda kagum dengan komputer, apakah itu desktop, notebook, netbook, tablet, superkomputer dan lainya, itu tidak lebih dari hanya sepersekian juta hebatnya dari otak Anda. Otak Anda lebih hebat lagi. Otak Anda adalah komputer terdahsyat yang pernah Anda miliki. Otak Anda mampu menyimpan ingatan baik itu ingatan tulisan, suara, gambar, sampai video. Semuanya itu bisa diingatnya. Dari semenjak Anda kecil sampai sekarang. Tapi pertanyaannya adalah bagaimana mengingatnya. Mengapa begitu susah untuk mengingatnya.

Menurut saya Anda tidak perlu mengingatnya semua. Yang penting kapan diperlukan kita bisa mengingatnya. Itulah gunanya akal dan pikiran. Dan kalau saya ditanya dimana letak akal dan pikiran, saya belum tahu. Tapi saya tahu bahwa akal dan pikiran itu ada.

Dengan akal dan pikiran kita bisa menghubung-hubungkan semua ingatan itu demi kepentingan kita. Dengan begitu masalah bisa dengan mudah untuk dipecahkan. Dan menurut para ilmuwan otak, akal dan pikiranlah yang membedakan kita dengan binatang. Binatang memang punya otak. Tapi binatang tidak punya akal dan pikiran. Mungkin itulah sebabnya binatang tidak pernah ada kemajuan dalam peradaban.

Sejauh pengetahuan yang saya miliki, sampai sekarang kedua hal itu memang belum ditemukan bentuk aslinya. Bagaimana bentuk dari akal pikiran itu. Apakah persegi, segitiga, bulat atau bagaimana. Belum ada satu ilmuwan pun yang mengetahuinya. Tapi kedua hal itu memang telah banyak membantu manusia di dalam memecahkan berbagai permasalahan. Termasuk Anda. Kedua hal itu akan membantu Anda untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Anda tidak usah terlalu khawatir bagaimana masalah itu bisa terselesaikan. Selama Anda memaksimalkan penggunaan akal pikiran dalam otak Anda, Insya Allah semua masalah akan terselesaikan.

Ada sebagian orang yang merasa dia tidak mampu menyelesaikan masalah. Terkadang hal itu membuatnya ingin bunuh diri. Sebenarnya dia bukan tidak mampu. Tapi dia hanya sedang gelisah dan terlalu cemas. Sehingga masalah yang sebenarnya sepele menjadi terlalu rumit dalam pikirannya.

Banyak ahli otak mengatakan bahwa kalau perasaan kita sedang gelisah dan cemas, otak tidak akan bisa bekerja. Yang mana akal dan pikiran juga tidak bisa melakukan kegiatan utamanya. Namun jika perasaan kita tenang dan damai, otak akan mudah mengeluarkan ingatan lalu akal pikiran mengolahnya untuk membantu kita di dalam memecahkan berbagai permasalahan. Sehingga semua masalah akan terbuka jalan keluarnya.

Itulah sebabnya banyak para pakar psikolog yang menyarankan agar orang yang sedang dilanda gelisah dan cemas, untuk segera melakukan meditasi. Sebab meditasi akan membuatnya tenang dan nyaman.

Sebagai muslim kita memiliki cara meditasi tersendiri. Apakah itu ? Itulah shalat. Ya. Shalat adalah ibadah seorang muslim. Dengan shalat kita bisa tenang dan damai. Dengan shalat kita bisa menemukan sebuah jalan keluar atas permasalahan yang terjadi. Oleh karena itu disarankan kepada Anda yang muslim sebaiknya Anda kerjakan shalat jika Anda memiliki masalah yang menurut Anda rumit. Banyak orang telah membuktikannya. Mereka mendapatkan ide yang cemerlang tatkala mengerjakan shalat atas masalah yang sedang dihadapinya.

Namun jika Anda tetap saja gelisah dan cemas setelah melaksanakan shalat, mungkin Anda belum benar di dalam melaksanakan shalat.

Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk mencari seorang ustadz atau orang yang berkompeten di bidang shalat untuk memperbaiki cara shalat Anda. Saya yakin Anda pasti ada kesalahan di dalam mengerjakan shalat yang Anda lakukan. Sehingga perasaan Anda tetap gelisah dan cemas meskipun telah melaksanakan shalat.

Akan tetapi jika Anda tidak juga berhasil mencarinya, Saya akan senang hati membantu Anda di dalam memperbaiki shalat Anda. Walaupun Saya bukan ahlinya, tapi setidaknya saya tahu rambu-rambu mana yang harus diketahui agar shalat Anda benar.

Jika shalat Anda telah benar maka Saya yakin Anda akan mudah untuk menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi pada kehidupan Anda. Sudah banyak orang yang telah berhasil menjalankannya. Termasuk Saya.

Saya sudah membuktikan sendiri bahwa ada begitu banyak masalah yang terjadi dalam kehidupan saya, semuanya itu telah berhasil Saya pecahkan hanya dengan rutin mengerjakan Shalat.

Meskipun begitu Saya tidak tahu secara pasti, apa yang menyebabkan saya, bisa menyelesaikan masalah saya, hanya dengan mengerjakan shalat. Karena saya tidak memiliki waktu dan dana yang cukup untuk menelitinya. Tapi yang pasti, ada berbagai masalah yang saya hadapi, begitu mudah untuk saya selesaikan ketika sering mengerjakan Shalat. Ada ide-ide aneh yang keluar setelah Saya mengerjakan Shalat. Dan ide itu sungguh manjur menyelesaikan masalah saya.

Mau Tahu Selanjutnya ? Ikuti terus artikel-artikel berikutnya di situs ini….!


Leave a Reply

