Keutamaan Islam

Sebagian orang menganggap Islam hanyalah agama ritual belaka. Orang Islam hanya shalat, puasa, dan naik haji. Tidak lebih. Menurut mereka Islam tidak pernah mengajarkan tentang politik, negara, ekonomi, sosial, budaya. Akhirnya Islam dipahami sebagai agama yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Bahkan ada sebagian orang yang mengatakan bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan terorisme.

Logo Islam Padahal Islam tidak seperti itu. Syariat Islam lebih luas dari apa yang mereka pahami. Yang mereka pahami itu hanya kulit luar saja. Mereka mengatakan seperti itu besar kemungkinan mereka itu sangat membenci Islam. Atau sumber informasi tentang Islam yang mereka dapatkan berasal dari orang-orang atau kelompok yang membenci Islam.

Saya bukan membela Islam. Tapi ini fakta. Anda bisa membuktikan sendiri. Hanya orang-orang yang penuh dengan kebencian saja yang membenci Islam.

Siapa pun yang memeluk Islam dengan penuh atau secara keseluruhan,  pasti dia akan merasakan nikmatnya ber-Islam. Sebuah kenikmatan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sudah banyak orang yang mengatakannya.

Berikut keutamaan Islam yang saya pahami :

1. Di dalam Islam tidak ada yang namanya budak atau kasta. Islam tidak membeda-beda derajat atau tingkat sosial seseorang. Semua orang derajatnya sama. Asalkan dia bertakwa dia bisa menjadi mulia. Meskipun dia seorang budak dia bisa menjadi pemimpin.

2. Di dalam Islam juga diajarkan tata cara berpolitik yang benar. Yang tidak mesti melalui perwakilan sekelompok orang. Setiap orang berhak secara pribadi menjadi pemimpin negara. Hal itu bisa terjadi jika dirinya memang sesuai dengan syarat dan kriteria yang ditetapkan oleh para ahli ilmu.

3. Di dalam Islam juga diajarkan cara berperang. Tapi berperang ini hanya akan terjadi jika memang diperlukan. Itu pun harus berdasarkan kesepakatan para pemimpin muslim. Tidak sembarangan berperang begitu saja hanya karena berbeda pemahaman, membela suku, kelompok atau tanah air.

4. Di dalam Islam juga diajarkan cara berdagang. Cara mendapatkan uang dan kekayaan. Semua orang terjaga hartanya. Dalam Islam ada hukum dan aparat hukum yang akan menindak orang yang mencuri, merampok dan mengambil harta orang lain. Tidak ada di dalam Islam yang mengajarkan berpangku tangan kepada orang lain, beribadah terus menerus tanpa mempedulikan keluarga.

5. Di dalam Islam semua orang tidak boleh saling membunuh satu sama lain. Sebab hal itu sangatlah menghancurkan nilai martabat manusia. Jika pun terjadi, ahli keluarga pihak yang terbunuh, berhak meminta ganti rugi yang wajar kepada pembunuh.

6. Di dalam Islam tidak diajarkan membunuh umat yang berbeda dengan Islam. Apalagi melakukan teror. Namun Islam hanyalah menegakkan hukum yang telah mereka anut sendiri.

7. Di dalam Islam seorang perempuan memiliki hak hidup. Dia juga memiliki hak mendapatkan warisan. Islam juga tidak menganjurkan untuk hidup sendiri atau membujang. Islam sangat menganjurkan untuk berumah tangga atau menikah. Setiap laki-laki yang ingin menggauli seorang perempuan, wajib membayar mahar dan menikahinya, yang mana acara pernikahan itu dihadiri oleh saksi-saksi.

8. Di dalam Islam tidak pernah diajarkan mematikan atau menghambat perkembangan ilmu pengetahuan. Justru ilmu pengetahuan adalah semangat atau ruh Islam. Semua orang berhak mendapatkan ilmu pengetahuan. Semua orang tidak boleh bodoh atau dibodoh-bodohi. Semua orang diajak harus pintar, cerdas dan terampil. Islam hanya mengatur ilmu pengetahuan dan orang yang mencarinya, agar tidak keluar dari kodratnya.

Itulah beberapa keutamaan Islam yang saya pahami. Oleh karena itu Islam bukan agama teroris. Islam bukan agama ritual saja. Tapi Islam adalah sistem kehidupan. Islam adalah agama fitrah. Yaitu sebuah agama yang sangat sesuai dengan kepribadian manusia itu sendiri.

Mau Tahu Selanjutnya ? Ikuti terus artikel-artikel berikutnya….!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s