Manfaat & Khasiat Buah Manggis

Kalau Anda sudah tidak puas dengan khasiat buah lain yang memiliki kandungan antioksidan, kenapa Anda tidak mencoba buah yang satu ini.

manggis Tanaman buah yang hanya tumbuh pada musim tertentu ini memiliki nama latin Garciana Mangostana. Pohon berdaun hijau daerah tropis ini dipercaya berasal dari Pulau Sunda dan Maluku Indonesia. Pohonnya dapat tumbuh sampai ketinggian pada 7 s/d 25 m. Rasa buahnya manis, agak tajam dan sedikit berserabut.

Orang-orang sering menyebutnya dengan manggis. Saya jadi teringat pohon manggis pernah dimiliki oleh saudara ibu saya. Namun karena adanya pembangunan rumah maka pohon itu ditebang.

Di Indonesia pusat penanaman pohon manggis terletak di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Jawa Barat (Jasinga, Ciamis, Wanayasa), Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Jawa Timur dan Sulawesi Utara.

Di daerah saya harga buah manggis tidak terlalu mahal. Harganya berkisar antara Rp 8000 s/d Rp 11000 per kg-nya. Tergantung musim. Tapi kalau memiliki pohon yang ditanam sendiri ya sudah pasti gratis. Kalau di Malaysia saya rasa mungkin bisa lebih mahal. Karena disana buah manggis sudah menjadi komoditas bisnis herbal.

Menurut hasil suatu penelitian, buah asli Asia Tenggara ini dapat menghasilkan xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari hasil isolasi kulit buah manggis. Kadarnya mencapai 123,97 mg per ml. Xanthone mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan.

Penelitian xanthone telah dimulai sejak tahun 1970 dan hingga kini telah ditemukan lebih dari 40 jenis xanthone, di antaranya adalah alpha-mangostin dan gamma mangostin yang dipercaya memiliki kemampuan mencegah berbagai penyakit. Kedua jenis xanthone tersebut dapat membantu menghentikan inflamasi (radang) dengan cara menghambat produksi enzim COX-2 yang menyebabkan inflamasi.

Penelitian lain menunjukkan bahwa gamma-mangostin mempunyai efek anti radang lebih baik daripada obat antiinflamasi lain yang dijual di pasaran. Xanthone jenis ini dapat menghindarkan berbagai penyakit yang disebabkan peradangan, seperti artritis dan alzheimer (merupakan salah satu penyakit disfungsi otak).

Xanthone juga bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Kemampuan antioksidannya bahkan melebihi vitamin C dan E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan yang paling efektif. Kandungan alpha-mangostin dan gamma-maostin pada buah manggis juga bersifat sebagai antibakteri. Alpha-mangostin juga diketahui mempunyai efektivitas yang sama baiknya dengan antibiotika yang berada di pasaran seperti amphicillin dan minocycline.

Manggis merupakan komoditas buah yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan karena memiliki antioksidan yang menangkap radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Tidak cuma daging buah manggis yang kaya vitamin C-66 mg, tetapi juga kulit yang multi khasiat yaitu antikanker, antioksidan, mujarab mengatasi jantung koroner, HIV, dan sebagainya.

Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apotosis penghancur sel kanker. Xanthone mampu merawat beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru dan sebagainya. Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit tuberkulosis (TBC), asma, leukimia, antiinflamasi, dan antidiare.

Penelitian terbaru menemukan satu dari empat rakyat Amerika Serikat mengidap kanker dan 1 dari 5 orang akan meninggal pada usia dini.

Solusi terbaik dari masalah ini adalah pencegahan. Itulah sebabnya banyak ahli herbal menganjurkan pasiennya untuk mengkonsumsi kulit buah manggis sebagai penyembuhan.

Konsumsi manggis secara rutin membuat awet muda karena antioksidan super yang berfungsi menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan menjadi lebih baik. Manggis membantu menghancurkan semua penyakit dalam tubuh dan memperbaiki sistem antibodi dalam tubuh.

Bila Anda berminat untuk membeli buah manggis dalam jumlah besar saya bisa membantu. Segera hubungi saya dengan meng-klik di bagian penulis.

Mau Tahu Selanjutnya ? Ikuti terus artikel-artikel berikutnya di situs ini..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s