10 Bisnis Kecil Buat Para Pengusaha Pemula

Bisnis memang penuh dengan tantangan dan hambatan. Dan sebetulnya bisnis tidak jauh dari mengelola dua hal. Yakni orang dan uang. Dua hal ini selalu menjadi perhatian para pengusaha. Setiap pengusaha tentu menyadari hal ini. Itulah sebabnya para pengusaha itu selalu belajar. Belajar. Dan belajar. Mereka tidak takut akan kegagalan. Justru mereka melipatgandakan kegagalan. Mereka juga selalu memperhitungkan resiko dengan matang.

Namun perhitungan itu bukan berarti diam. Ketika semua aspek investasi telah terpenuhi maka investasi pun mengalir begitu saja. Tidak peduli apa kata orang atau siapa pun.

Pelajaran yang dipetik dari sikap pengusaha diatas, adalah ketika Anda tidak punya uang yang cukup, untuk memulai bisnis. Baik itu pertama kali atau kedua kalinya, Anda jangan risau. Dan Anda juga jangan stress. Apalagi sampai pergi dari rumah meninggalkan keluarga.

Karena itu biasa dalam bisnis. Semua pengusaha di dunia ini pernah merasakannya. Jadi ubah kerisauan Anda menjadi peluang bisnis. Masyarakat pengusaha selalu jeli melihat peluang. Mereka tidak pernah berhenti berpikir. Makanan mereka adalah investasi. Kapan harus investasi. Selama monyet belum bertelur mereka tetap saja mencari peluang seperti ini.

Dalam pandangan mereka akan selalu ada jalan lain selain harus memiliki uang. Ini yang mereka yakini hari demi hari. Dan ini juga yang akan Anda temukan jika Anda santai, relax, tenang dan penuh gairah. Anda akan terkejut bahwa jalan itu sudah ada semenjak Anda lahir. Cuma karena Anda tidak fokus saja maka Anda melewatkannya.

Baiklah. Berikut ada 10 bisnis atau usaha kecil yang mungkin bisa dipertimbangkan. Bisnis itu antara lain : 

1.Agen/Retailer Buku

Agen buku biasanya mendapat diskon 20% – 35% dari penerbit, tetapi biasanya penerbit menetapkan belanja minimal untuk setiap judul. Kecuali anda telah berhubungan lama dengan mereka. Tetapi ada cara untuk mengatasi kendala ini, yaitu bekerja sama dengan agen besar dengan mengorbankan sedikit potensi keuntungan. Diskon yang anda dapatkan hanya 15% – 25%, tetapi anda bisa mengambil dari dia sesuai dengan pesanan yang anda terima. Anda bisa menjual secara langsung, lewat telepon, atau internet. Akan sangat baik bila anda memiliki kios.

Tingkat kesulitan: mudah.

2.Agen Iklan Media Cetak

Mulailah usaha ini dengan menghubungi teman atau relasi anda yang ingin menjual properti/kendaraan/produk/jasa. Tentu saja sebelumnya anda harus menjalin kerja sama dahulu dengan pihak media cetak.

Tingkat kesulitan: mudah.

3.Agen Penyalur PRT dan Baby Sitter

Carilah calon tenaga kerja melalui jaringan pertemanan atau keluarga di kampung asal. Kemudian hubungi tetangga atau kerabat yang membutuhkan pramuwisma dan baby sitter. Keuntungan didapat dari komisi dari pemesan yang besarnya bisa dinegosiasikan. Namun untuk baby sitter anda harus memberikan pelatihan khusus.

Tingkat kesulitan: sedang.

4.Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Manfaatkan mobil keluarga yang anda miliki untuk memulai usaha ini. Hubungi pihak sekolah atau para orang tua murid di lingkungan sekitar anda tinggal. Perhitungkan biaya perawatan dan BBM.

Tingkat kesulitan: sedang.

5.Info Rumah Kost dan Kontrakan

Investasi dalam bentuk uang untuk bisnis ini relatif kecil. Tetapi anda harus rajin menambah data kontrakan dan rumah kos yang mau beriklan melalui anda.

Tingkat kesulitan: mudah.

6.Pembuatan Klipping Media Cetak

Manfaatkan berita-berita yang ada di media cetak dan atau internet. Kumpulkan dan bagi ke dalam beberapa kategori dalam bentuk klipping. Tawarkan klipping tersebut ke relasi, teman, atau perusahaan-perusahaan.

Tingkat kesulitan: mudah.

7.Pengurusan SIM, SIUP, STNK, Dan Lain-lain

Modal utama anda adalah banyaknya jumlah relasi yang anda miliki. Keuntungan anda ambil dengan mengutip 2,5% – 20% dari harga yang disepakati bersama.

Tingkat kesulitan: sedang.

8.Penitipan Kendaraan Bermotor

Kalau anda memiliki lahan kosong yang berdekatan dengan pasar, stasiun, terminal, dan atau pintu jalan tol, peluang bisnis ini sangat cocok untuk anda. Bahkan bisnis ini bisa dijalankan dengan mata tertutup. Seperti menanam pohon uang saja. Dengan hanya memiliki lahan yang bisa diisi oleh sepuluh motor saja, dengan biaya titip per hari Rp 3000,-, anda bisa memiliki penghasilan tambahan Rp 900.000,- per bulan tanpa harus keringatan. Untuk pengembangan anda bisa juga menambahkan jasa cuci kendaraan, atau perawatan lain.

Tingkat kesulitan: mudah.

9.Penjahit Pakaian

Manfaatkan keterampilan anda menjahit sebagai sumber penghasil uang. Dan untuk memberi nilai tambah akan sangat penting sekali bila anda tahu perkembangan mode terbaru dan memiliki keterampilan mendesain pakaian.

Tingkat kesulitan: sedang.

10.Penterjemah

Penguasaan terhadap bahasa asing dengan baik merupakan modal utama bisnis ini. Untuk komputer anda bisa membeli kompi bekas atau menyewa. Kompi bekas seharga Rp 1 juta sudah sangat memadai untuk keperluan ini, sedangkan harga sewa komputer Rp 2000 – Rp 3000 per jam.

Tingkat kesulitan: tinggi.

 

Sumber: http://artikel-unik.blogspot.com/2008/11/daftar-bisnis-modal-kurang-dari-1-juta.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s