Sayuran Pengecil Pori-pori Wajah

Jakarta, Pori-pori besar mungkin merupakan masalah bagi kebanyakan orang. Produksi minyak berlebih, penumpukan kotoran dan pertumbuhan bakteri dapat menyebabkan pori-pori membesar. Tapi beberapa sayuran dapat membantu mengecilkan pori-pori dan tentu saja membuat tubuh sehat.

Selain faktor di atas, ada faktor lain yang menyebabkan pori-pori membesar, yaitu genetika, penuaan dan diet yang salah. Menerapkan sayuran tertentu secara topikal (di permukaan kulit) dan mengonsumsi makanan kaya sayuran dapat membantu mencegah perluasan pori dan mengecilkan atau meminimalkan munculnya pori-pori membesar.

Berikut beberapa sayuran yang bisa membantu mengecilkan pori-pori, seperti dilansir Livestrong, Senin (9/4/2012):

1. Wortel
Menggunakan wortel sebagai masker wajah topikal dapat membantu mengecilkan pori-pori. Vitamin A dan beta-karoten dalam wortel bertindak sebagai antioksidan dan tonik kulit untuk wajah, yang membantu membersihkan jerawat dan kotoran yang menyumbat di pori-pori.

2. Ketimun
Ketimun dapat mengurangi kantung mata, mengurangi minyak wajah dan membantu dalam mengurangi lemak, serta mendorong pengetatan dan penyusutan pori-pori wajah. Kelebihan minyak pada wajah berkontribusi pada pembesaran wajah.

Kupas mentimun hingga cairan halusnya keluar. Tempelkan ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air dingin untuk mendapatkan pori-pori wajah lebih kencang.

3. Sayuran mengandung vitamin C
Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, menghilangkan minyak dan membantu dalam mengeluarkan kotoran dari pori-pori. Contoh sayuran yang kaya vitamin C misalnya adalah brokoli, bayam, kangkung, daun bawang, peterseli, kubic Brussel dan sawi.

4. Sayuran mengandung zinc
Mengonsumsi sayuran yang mengandung zinc dapat mencegah kelebihan produksi minyak di kulit dan mengurangi jerawat. Menurut New York University Medical Center Langone, zinc dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan jerawat, dua faktor yang berpotensi menyebabkan pori-pori membesar.

Contoh sayuran yang kaya zinc antara lain rumput laut, jamur, labu dan bayam.

Sumber : Detik.Com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s