Hidup di Kota Medan

Medan adalah ibukota Sumatera Utara. Jika Anda ingin ke kota Medan, anda bisa menggunakan pesawat terbang atau bus antar propinsi. Bandara di kota Medan ini namanya Polonia International Airport. Sedangkan terminal busnya bernama Terminal Bus Pinang Baris.

Selain Polonia International airport, ada bandara yang sedang dibangun. Yaitu di daerah Kabupaten Deli Serdang. Orang-orang menyebutnya Kualanamu. Di daerah ini sedang dibangun bandara yang sangat luas.

Banyak hal yang unik di kota ini. Dari mulai kulinernya. Sampai berbagai macam budaya. Ada budaya etnis Cina, Melayu, India, Aceh, Jawa, Batak dan lain-lain.

Bahasa. Di kota ini bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Ada juga bahasa Batak, Aceh, Cina, India dan Melayu. Namun yang biasa digunakan masyarakat kota Medan adalah bahasa Indonesia.

Bagi Anda yang suka jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau Mall, di kota ini ada beberapa mall yang bisa dipilih. Ada Sun Plaza, Thamrin Plaza, Plaza Medan Fair, Palladium, Medan Plaza, Plaza Millenium dan lainnya. Untuk kalangan menengah ke atas, biasanya mereka pergi ke Sun Plaza. Sedangkan untuk kalangan ke menengah ke bawah, mereka biasanya pergi ke Plaza Medan Fair. Lagipula di Plaza Medan Fair ada Carrefour.

Kalau Anda ingin membeli telepon seluler, sebaiknya Anda mencoba ke Plaza Millenium. Alamatnya di jalan Kapten Muslim. Di mall yang satu ini memang khusus dibangun untuk menjual berbagai macam jenis, merk telepon seluler dan aksesorisnya. Dengan begitu Anda bisa memilih telepon seluler mana yang cocok bagi kebutuhan komunikasi Anda.

Hidup di kota Medan tidaklah sama seperti di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin menjalani kehidupan dengan baik. Yang pertama adalah biaya makan dan transportasi. Kedua komponen ini sangatlah menentukan anggaran biaya hidup di kota ini.

Biaya Makan. Biaya makan sehari-hari tidaklah murah disini. Apalagi jika Anda tidak pandai memasak. Jika Anda tidak pandai memasak, biaya makan menjadi sangat membebani. Coba hitung saja. Setiap 1 (satu) nasi bungkus menggunakan telur saja mencapai IDR 6500. Apalagi memakai daging. Berarti kalau Anda hitung ada anggaran biaya sekitar 6500 x 3 x 30 = IDR 595000 per bulannya. Ini untuk makan di warung biasa. Sedangkan jika di restoran lain lagi ceritanya. Oleh karena itu saya menyarankan Anda untuk belajar memasak sesegera mungkin. Sebab selain menghemat, kesehatan tubuh Anda bisa tetap terjaga.

Biaya Transportasi. Untuk biaya transportasi kita bisa menggunakan banyak pilihan. Ada angkutan kota dan taksi. Dahulu memang ada bus. Tapi entah kenapa saat ini bus tidak lagi menjadi pilihan moda transportasi orang kota Medan. Untuk biaya sekali jalan rata-rata IDR 3000. Ini ongkos untuk angkutan kota. Sedangkan untuk taksi berbeda. Untuk taksi, biayanya dihitung dengan menggunakan argometer. Biasanya sekali buka pintu dikenakan biaya IDR 5000. Biayanya akan bertambah jika taksi melakukan perjalanan. Kalau dari Helvetia ke jalan Mangkubumi sekitar IDR 35000. Kalau dari Setiabudi ke Helvetia sekitar IDR 25000. Ada juga taksi yang tidak menerapkan sistem seperti ini. Yaitu taksi yang tidak menggunakan argometer. Untuk beberapa taksi itu kita bisa melakukan negosiasi.

Air. Fasilitas air di kota ini tidaklah lancar dan mudah. Sebab ada beberapa hambatan di dalam proses pengelolaannya. Dari mulai pencurian sampai kepada penipuan. Meskipun begitu perusahaan pengelolanya tetap setia menyalurkannya. Perusahaan yang mengelola air di kota ini bernama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi. Perusahaan ini dikenal sangat bagus kondisi manajemennya. Bahkan menjadi standar bagi PDAM lain di Indonesia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s