Menerobos Era Informasi dan Memanfaatkannya

Sudah hampir 12 tahun kita memasuki abad 21. Ada begitu banyak teknologi informasi yang lahir selama perjalanan kita di abad ini. Dari mulai friendster, facebook, gmail, skype, blackberry messenger, android, twitter, galaxy tab dan lain sebagainya. Tanpa terasa sudah 11 tahun kita mengarungi abad 21 ini. Yang bisa memanfaatkannya akan berjaya. Sedangkan yang hanya menjadi penonton akan tertinggal seperti ketinggalan kereta api.

Sebagian besar orang menamakan abad 21 ini adalah era informasi. Yaitu suatu era dimana teknologi informasi menjadi raja diantara semua teknologi lainnya. Saya tidak tahu secara rinci, mengapa teknologi informasi bisa menjadi raja diantara teknologi-teknologi lainnya. Mungkin karena menyangkut kebutuhan manusia itu sendiri. Yaitu kebutuhan akan informasi.

Kita mengakui bersama bahwa setiap manusia pasti menginginkan informasi. Apa pun itu. Jarang sekali ada orang yang tidak ingin informasi. Terutama informasi tentang uang. Mereka akan mengerahkan segala cara untuk mendapatkannya.

Sekarang kita bisa dengan mudahnya mengetahui apa pun yang terjadi di belahan dunia mana pun. Seakan-akan tidak ada ruang dan waktu yang menghalangi kita lagi. Tidak ada lagi yang namanya negara. Semua menjadi satu dunia satu daerah.

Memasuki era ini kita harus mau membiarkan data pribadi kita di-akses atau dilihat oleh orang lain. Karena kalau tidak kita bisa dianggap ketinggalan zaman.

Orang lain yang tinggal di sebuah negara di ujung bumi bisa mengetahuinya. Mereka bisa mengetahui data pribadi kita tanpa ada izin dari kita.

Saya tahu karena Saya mengikuti setiap perkembangan teknologi informasi dengan seksama. Saya melihat akibat dari teknologi informasi yang demikian pesat ini. Saya melihat tidak ada lagi sekat-sekat dalam memperoleh informasi. Suratkabar, majalah, radio dan televisi yang telah ada tidak mampu mengimbangi teknologi informasi itu. Semua telah dilebur dalam sebuah media baru yang dikenal dengan world wide web.

World wide web yang didukung oleh teknologi internet ini mampu membuat informasi menerobos ke seluruh pintu-pintu rumah tanpa adanya sekat-sekat ruang dan waktu. Bahkan ke kamar-kamar tidur. Hampir di seluruh pelosok dunia, informasi datang begitu saja lewat yang namanya iPhone, blackberry, android, galaxy tab dan smartphone lainnya. Lewat alat-alat itu informasi dengan mudahnya masuk 24 jam tanpa adanya izin.

Pertanyaannya adalah Bagaimana kita memanfaatkan fenomena tersebut ? Apakah kesiapan kita untuk memanfaatkan kejadian-kejadian itu ?

Menurut saya tidak ada langkah lain selain wajib memiliki ilmu pengetahuan yang memadai tentang teknologi informasi itu sendiri. Terutama tentang bagaimana teknologi itu diciptakan. Bagaimana menggunakannya untuk kepentingan kita. Dan yang paling penting adalah kita bisa mengetahui cara menggunakannya. Inilah yang penting

Tentu itu semua harus dengan belajar.  Kita bisa memiliki ilmu pengetahuan itu kalau kita mau belajar dan belajar. Jika tidak bagaimana mungkin kita bisa menguasainya. Apakah jatuh dari langit ? Tentu tidak bukan ?

Pengen tahu selanjutnya ? Ikuti terus artikel selanjutnya !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s