Mencari Pekerjaan Bukanlah Solusi Masalah Finansial

Kemarin saya membaca sebuah artikel di sebuah koran nasional tentang salah satu BUMN yang mendapatkan cobaan. Cobaan itu adalah adanya tuntutan kesejahteraan dari para karyawan alias demo.

Kegiatan yang sering dikenal dengan unjuk rasa ini memang sangat menguntungkan para karyawan. Selain dapat membuat perusahaan memenuhi permintaan, mereka juga bisa menjadi terkenal di mata masyarakat. Karena diliput oleh berbagai macam media.

Namun yang mereka tidak sadari adalah, kegiatan itu juga dapat menurunkan stabilitas dan kredibilitas perusahaan di mata para pemegang saham atau pemilik modal. Kegiatan itu menunjukkan bahwa manajemen perusahaan tidak becus. Mereka tidak bisa meredam hal-hal yang mengganggu jalannya roda bisnis perusahaan.

Jika kegiatan itu terus berlanjut dan mempengaruhi penjualan atau pendapatan perusahaan maka sudah pasti yang rugi ya karyawan sendiri. Mereka tidak bisa mendapatkan kesejahteraan. Bagaimana mau dapat kesejahteraan, orang ga ada pendapatan perusahaan yg naik. Atau anggaran perusahaan untuk membayar kesejahteraan tidak memadai. Bagaimana mungkin bisa memberi lebih kepada karyawan jika perusahaan masih rugi. Itulah sebabnya berkali kali saya sering mengatakan bahwa perusahaan tidak pernah peduli dengan kesejahteraan karyawan. Yang mereka peduli hanya penjualan dan penjualan.

Dan menurut saya sebanyak apa pun demo atau unjuk rasa yang akan dilakukan, perusahaan atau pemerintah akan tetap seperti itu. Mereka akan tetap mengutamakan penjualan dibandingkan dengan menaikkan kesejahteraan karyawan.

Sebagian besar orang ketika dia mengalami masalah finansial. Atau dengan kata lain ga ada uang. Biasanya dia mencari pekerjaan. Menurutnya dengan mendapatkan pekerjaan maka dia akan mendapatkan gaji. Dengan memperoleh gaji maka dia akan terlepas dari masalah finansial tadi. Apakah ini sebuah kebenaran ? Mari kita coba selidiki kebenarannya.

Setiap orang pasti memiliki sebuah keahlian. Apakah itu menjahit, memperbaiki sesuatu, mengobati orang lain, membela orang di pengadilan, merancang rumah, menjual barang, mengemudikan kendaraan dan sebagainya. Karena memang semua orang dilahirkan dengan bakat dan minat yang berbeda-beda.

Keahlian yang berbeda-beda itu memang dibutuhkan di masyarakat. Kalau tidak mana mungkin peradaban terbentuk.

Akan tetapi masalahnya adalah apakah semua orang yang memiliki keahlian itu dinilai dengan harga yang sama dengan keahliannya. Maksudnya adalah apakah keahlian mereka itu bisa ditukarkan dengan penghasilan yang besar. Atau uang yang banyak. Sebab keahlian itu kan langka. Sudah seharusnya mereka mendapatkan uang yang besar.

Namun dalam kenyataannya tidak demikian. Sebagian besar orang-orang yang berbakat itu tidak mendapatkan penghasilan yang memadai. Keahlian mereka yang langka itu tidak membuat mereka keluar dari masalah finansial mereka. Mereka semakin terpuruk setelah mereka mendapatkan pekerjaan pertama mereka.

Mereka terhalang dengan yang namanya pajak penghasilan yang ditetapkan negara melalui pemerintah. Karena pemerintah juga memerlukan uang untuk membiayai pemerintahannya. Jadi semakin tinggi penghasilan mereka semakin besar pula pajak penghasilan yang harus mereka bayarkan. Ini belum lagi biaya hidup yang selalu merangkak naik setiap tahunnya.

Oleh karena itu selama Anda bekerja untuk orang lain. Apakah itu perusahaan atau pemerintah. Maka Anda tidak akan bisa menyelesaikan masalah finansial Anda. Sebab Anda akan semakin terpuruk dengan pajak penghasilan dan biaya hidup tadi.

Saran saya agar Anda lepas dari masalah finansial adalah segera berinvestasi. Ya. Investasilah yang akan mengantarkan Anda lepas dari masalah finansial. Bukan yang lain. Ini bukan omong kosong. Ini sudah dibuktikan oleh berpuluh-puluh pengusaha. Mereka langsung berinvestasi ketika masalah finansial datang. Bukan mencari pekerjaan.

Bila Anda tidak tahu bagaimana cara berinvestasi yang benar, Anda bisa mengikuti seminar-seminar yang diadakan di kota tempat tinggal Anda. Atau Anda bisa membeli buku-buku yang membahas tentang bagaimana berinvestasi yang benar.

Saya menyarankan Anda untuk membeli buku-buku karangan Robert T. Kiyosaki. Saran-sarannya sangat bagus buat orang ingin memecahkan masalah finansial. Terus terang saya banyak terinspirasi dari tulisan-tulisannya.

Good Luck !!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s