Kesehatan Tidak Selalu Mahal

Anak-anak adalah contoh orang sehat. Apapun kegiatan mereka, kesehatan mereka selalu prima. Memang aneh bin ajaib. Tapi ini kenyataan. Saya melihat dengan mata kepala Saya sendiri, bagaimana anak-anak kampung itu, yang begitu tenangnya bermain lumpur dan kotoran kerbau. Padahal kita tahu sendiri bagaimana kandungan lumpur dan kotoran kerbau. Penuh dengan jasad renik dan bakteri yang melimpah. Tapi nyatanya anak-anak kampung itu tidak terserang penyakit apa pun. Seakan-akan penyakit itu takut kepada mereka.

Setelah Saya membaca berbagai literatur dan referensi ilmiah, Saya menduga bahwa sebenarnya penyakit itu bukan takut kepada mereka. Namun hal ini disebabkan oleh kekuatan sistem kekebalan tubuh yang mereka miliki. Mereka mempunyai tingkat sistem kekebalan tubuh yang tinggi yang membuat mereka tidak mudah terserang penyakit. Jadi selama sistem kekebalan tubuh mereka terjaga, penyakit apapun akan berpikir dua kali untuk menyerang.

Dengan fenomena ini, Saya berpendapat bahwa untuk menjadi sehat itu mudah dan murah. Kita hanya perlu membantu sistem kekebalan tubuh yang semua orang miliki ini agar tetap terjaga. Caranya dengan asupan gizi, nutrisi dan vitamin yang cukup. Serta ditambah dengan olahraga yang teratur.

Cuma masalahnya kita tidak mampu mengubah pola makan yang telah kita buat sendiri. Apalagi di daerah perkotaan yang sarat macet dan kesibukan yang tidak mungkin bisa dihindari. Akhirnya makanan apa pun yang berada di depan mata, kita santap begitu saja. Susah sekali kita kurangi makanan yang sudah biasa kita makan tersebut. Sehingga sehat itu kelihatannya susah.

Belum lagi kegiatan orang-orang perkotaan yang selalu diam dan tidak bergerak. Mulai dari naik mobil pergi ke kantor, duduk terus sewaktu bekerja sampai pulang ke rumah langsung tidur. Pola makannya pun aneh. Pola makan DLL alias Dari Lemak ke Lemak. Tidak ada serat sedikitpun. Hal ini menyebabkan penumpukan lemak yang bisa berpotensi mendatangkan penyakit berbahaya. Akhirnya mulailah penyakit aneh-aneh menyerang. Seperti Jantung Koroner, Diabetes, Hipertensi, Kanker dsb. Istilahnya saja buat kita ngeri mendengarnya. Apalagi mengalaminya.

Akan tetapi yang lebih anehnya pola hidup dan makan seperti ini disebut Gaya Hidup Orang Modern. Keren. Mentereng. Bergaya. Orang-orang kota itu bangga menganutnya. Bagi Saya itu bukan modern tapi harakiri alias pasukan berani mati.

Bagaimana Tidak. Makanan cepat saji, Minuman Bersoda, Selai dsb, itu semua tidak alami. Semua sudah direkayasa sedemikian rupa. Sehingga kelihatan menarik untuk dilihat. Karena direkayasa akibatnya, kandungan gizi nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya hilang dan sudah tidak ada lagi. Yang ada hanyalah sampah. Kalau sampah yang masuk ke dalam tubuh ya sudah pasti sampah juga yang akan keluar. Kalau tubuh itu komputer sih gpp. Paling kalau sudah rusak tinggal dibuang. Lha ini tubuh makhluk hidup yang terdiri dari trilyunan sel. Bagaimana mau dibuang. Apa mau bunuh diri. Inilah alasan Saya mengatakan Gaya Hidup Modern itu harakiri.

Ada orang yang mengatakan bahwa sehat itu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari biaya konsultasi dokter, medical check up, obat-obatan sampai kepada perawatan jika diperlukan. Belum lagi biaya-biaya lain yang tidak mungkin bisa diceritakan satu per satu.

Memang biaya untuk mengembalikan kesehatan yang telah terserang penyakit tidak sedikit. Sebab kesalahan dalam asupan makanan dan kebersihan yang kita lakukan juga sungguh banyak. Sehingga dokter harus menggunakan alat canggih dan obat paten untuk menghilangkan kesalahan tersebut. Sementara pabrik obat dan alat kesehatan membutuhkan modal untuk menjalankan operasional. Disinilah harga yang tinggi itu berasal.

Walaupun begitu bukan tidak ada cara lain. Ada cara lain. Cuma caranya adalah orang yang ingin sehatnya kembali itu, harus mengubah pola hidup dan pola makan. Itu saja sih kuncinya. Gk mungkin pola hidup dan pola makan tidak diubah tapi pengen murah dalam pengobatan. Ini sama saja menyuruh singa makan sayuran. Gk mungkin khan?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s