The Power of Idea

Setiap masalah melahirkan peluang. Entah itu peluang bisnis atau peluang lainnya. Yang pasti ada peluang di setiap masalah yang kita hadapi. Masalahnya apakah kita bisa melihatnya atau tidak. Apakah kita bisa merasakannya atau tidak.

Sebagian orang merasa sulit sekali mendapatkan modal untuk mendirikan usaha. Padahal modal mengikuti ide. Bukan ide mengikuti modal. Ada trilyunan rupiah di luar sana yang menanti ide-ide brilian baru. Ide-ide bagi perubahan yang tidak bisa ditolak kehadirannya. Ada banyak pengusaha yang kelebihan modal untuk mencari ide-ide tersebut.

smartwatch

Saya pernah mengalaminya. Waktu itu Saya melihat ada anak kecil yang menjual air kelapa muda. Dia malu-malu menjualnya. Katanya usaha ini kelihatan sepele tidak berbobot. Memang sih kelihatannya sepele. Menjual air kelapa muda. Yah gimana gitu. Tapi jika anak itu menguasai ilmu farmasi dan kesehatan, dia pasti akan bangga menjual air yang sangat berkhasiat tersebut. Ada ribuan ilmuwan yang telah meneliti khasiat dari air kepala.  Kata mereka kandungan dari air kelapa itu sama dengan kandungan yang terdapat pada air susu ibu. Bayangkan, Luar biasa, bukan ?

Di sisi lain, kebetulan ada pengendara yang lewat di depan anak kecil yang menjualnya. Lalu dia membeli 1 gelas dan langsung meminumnya di tempat tersebut. Saya melihat dan timbul ide. Bagaimana kalau air kelapa muda itu dibuat kemasan seperti susu dalam kemasan. Pasti banyak yang berminat untuk membelinya. Wah ide hebat (dalam pikiran Saya). Tapi apa mau dikata, Saya tidak punya modal. Ide brilian itu terbang ke angkasa begitu saja. Namun Saya tidak patah semangat, dalam pikiran Saya, ide itu mahal, Jadi Saya harus cerita kepada orang lain, Mungkin orang lain bisa terinspirasi. Ya paling tidak, ide itu tidak hilang begitu saja.

Akhirnya tak lama dari munculnya ide Saya tersebut, Saya teringat dengan teman Saya satu kost dahulu. Kebetulan dia kerja di pabrik farmasi terbesar di negeri ini. Saya cerita tentang ide Saya tersebut. Dia menyambutnya dengan antusias dan berjanji akan menceritakan ke pihak manajemen tentang ide Saya tersebut.

Kemudian waktu berlalu. Setelah itu Saya tidak mendengar kabar lagi dari teman Saya itu. Akhirnya pada suatu ketika, Saya melihat di saluran televisi, ada iklan tentang sebuah minuman kemasan yang isinya air kelapa. Dan itu sudah dalam bentuk kemasan. Namanya bisa Anda lihat di supermarket. Anehnya minuman itu diproduksi oleh pabrik tempat teman Saya bekerja tadi.

Saya bergumam dalam hati, apakah minuman itu adalah ide Saya yang dahulu Saya ceritakan ? Kalau memang iya. Ya syukurlah. Paling tidak ide Saya itu jadi kenyataan. Kalau tidak ya gpp juga. Yang penting tujuannya sama. Bagaimana membuat orang sehat dari air kelapa.

Dari cerita diatas, kita bisa mengambil pelajaran bahwa ada sekian juta ide yang bisa timbul dari setiap masalah. Masalah apa pun itu. Jadi sebaiknya kita jangan pernah menganggap remeh masalah. Justru saat terjadi masalah, biasakan bertanyalah kepada diri sendiri,

Apa yang bisa Saya pelajari dari masalah ini ?

Ide apa yang bisa Saya ciptakan yang bisa membuat Saya kaya raya dari situasi saat ini ?

Kepada siapa Saya harus menceritakan ide tersebut ?

Setelah Anda mendapatkan jawabannya, jangan lama-lama dibiarkan. Segera buat konsepnya diatas kertas putih. Buat kisi-kisinya. Mulai dari modal, manajemen, keuangan, operasional, pemasaran sampai kepada berapa jumlah karyawan spesialis yang dibutuhkan. Kemudian setelah Anda rasa lengkap, tulis di media online seperti Kompasiana. Atau buat blog pribadi seperti di wordpress atau blogspot. Tulis seperti Anda sedang berbicara dengan orang lain di dunia nyata. Katakan apa adanya. Jangan takut ide Anda dicuri. Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan menginvestasikan dananya pada ide Anda tersebut.

Do you have a Brilliant Idea now ?…


Leave a Reply

