Sejarah Rumah Sakit Lam Wah Ee Penang

Saya menulis tentang sejarah pendirian Rumah sakit ini karena Saya sangat terkesan dengan pelayanan yang diberikan. Saya tidak pernah mendapatkan pelayanan dari rumah sakit sedemikian ramah yang kami sekeluarga dapatkan di rumah sakit ini. Rumah sakit ini telah menulis goresan penting dalam hati sanubari kami. Kami sekeluarga akan selalu mengingatnya.

Itulah sebabnya Saya ingin menulis sedikit tentang bagaimana sejarah pendirian Rumah Sakit Lam Wah Ee di Penang ini. Gunanya agar orang-orang tahu bahwa berobat di Rumah Sakit ini memiliki kebanggaan. Diantaranya selain bisa membantu kesembuhan penyakit juga bisa membantu meringankan beban biaya Rumah Sakit yang telah dibangun sejak lama.

Sebagian besar kisahnya Saya dapatkan di situs resminya. Saya mencoba menyadurnya ke dalam bahasa indonesia. Ada yang Saya tambahkan. Dan ada juga yang Saya hilangkan. Saya mohon maaf jika ada kalimat yang kurang cocok. Maklum Saya bukan ahlinya. Saya akan terus berusaha untuk terus memperbaikinya. Semoga bermanfaat.

Tidak mudah mendirikan sebuah Rumah Sakit. Perlu ada impian yang kuat dari para pendirinya. Sebab setiap impian yang baik pasti melewati berbagai tantangan dan hambatan. Tidak terkecuali pendirian sebuah Rumah Sakit amal yang berada di Penang, Malaysia ini.

Ide mendirikan sebuah pusat pelayanan kesehatan masyarakat di Penang pertama kali diperdebatkan oleh pemimpin beberapa masyarakat Cina pada tahun 1876. Setelah itu kampanye penggalangan dana pun diluncurkan. Sebuah bangunan bergaya tradisional selesai pada 1883 di sebidang tanah sekitar 10.600 kaki persegi pada jalan Muntri Street. Inilah yang kemudian  dikenal sebagai Rumah Sakit Lam Wah Ee.

Lam Wah” berarti “Cina di Selatan” sedangkan “Ee” berarti “Pengobatan“. Jadi Lam Wah Ee mengandung makna Pengobatan di Cina bagian Selatan.

Waktu itu ada dua belas tokoh masyarakat yang terpilih menjadi Dewan Direksi pertama. Konsultasi gratis dan pengobatan dalam pengobatan tradisional Cina ditawarkan kepada publik. Dalam beberapa tahun, ini menjadi sangat populer sebagai sumber pelayanan medis tidak hanya untuk masyarakat Cina, tetapi juga kepada masyarakat lainnya di wilayah Penang, Malaysia.

Sebagai hasil dari ini, Jalan Muntri Street sejak itu menjadi dikenal sebagai “Jalan Rumah Sakit Lam Wah Ee”. Oleh karena permintaan untuk layanan ini menjadi lebih populer, maka didirikanlah dua klinik cabang didirikan, satu di Jalan Beach Street dan yang lainnya di Jalan Majalah Road.

Setelah Perang, kampanye lain diluncurkan. Ini berguna untuk mengumpulkan sumbangan bagi pembangunan kembali sebagai bangunan bergaya tradisional di jalan Muntri Street yang dihancurkan oleh serangan udara selama Perang. Pada tahun 1955, saat itu bangunan dua lantai selesai. Cabang Jalan Beach Street dipindahkan ke Jalan Green Lane untuk memberi manfaat bagi orang-orang yang tinggal di daerah Jelutong dan Green Lane. Cabang Green Lane terletak di sebidang tanah yang disumbangkan ke Rumah Sakit oleh British East India Company jauh lebih awal. Tanah ini adalah untuk menjadi situs untuk rumah sakit yang baru hari ini.

Rumah Sakit Lam Wah Ee pada awal-awalnya mengandalkan jasa dokter tradisional berpengalaman atau “sinsehs” yang berasal dari China. Sinsehs ini adalah istilah untuk ahli pengobatan dari Cina. Kemudian setelah mengalami perkembangan, sistem pemeriksaan dilakukan oleh sebuah komite master “sinsehs“. SIstem ini digunakan sebagai perangkat pilihan untuk mempertahankan standar dan untuk mendorong orang-orang muda untuk mengambil studi kedokteran tradisional. Sistem ini masih dianut dan sedang dilakukan sampai saat ini.

Tiga besar dari beberapa kandidat dalam pemeriksaan dua tahunan secara otomatis ditunjuk sebagai dokter resmi rumah sakit untuk jangka waktu dua tahun. Janji ini telah dianggap sebagai kehormatan besar. Dan banyak dokter dari Cina yang berada di Penang dan di tempat lain, pernah menjalani tes dari sistem ujian yang diselenggarakan di Rumah Sakit Lam Wah Ee ini.

Tiga klinik menawarkan layanan medis untuk total sekitar 500 kasus per hari. Selama seratus tahun terakhir, jumlah orang yang telah memperoleh manfaat dari layanan ini untuk pengobatan gratis mungkin sekitar jutaan pasien. Selama periode ini, biaya bertemu tatap muka dengan pendapatan dari dua sumber utama: sumbangan langsung dari masyarakat dan sewa yang dikumpulkan dari sejumlah properti yang disumbangkan oleh dermawan atau dibeli oleh Direksi dan diletakkan di bawah kepercayaan dari organisasi amal ini.

Pada tahun 1959, Direksi diperluas 12-24 anggota, untuk dipilih setiap dua tahun sekali. Hal ini meningkatkan perwakilan Dewan serta efisiensi.

Sebagai Rumah Sakit adalah untuk pindah ke era baru dengan pembangunan rumah sakit modern, sejarah singkat ini akan memberikan kita semua secara tradisi merasa bangga bahwa rumah sakit amal ini bisa menguntungkan bagi orang sakit dan orang yang sangat membutuhkan. Termasuk Saya dan keluarga.

Pertumbuhan penduduk yang cepat telah menghasilkan peningkatan luar biasa dalam permintaan untuk layanan medis dan dimana Pemerintah merasa kesulitan untuk mengikuti. Klinik swasta atau rumah sakit yang mahal dan karenanya di luar kemampuan mayoritas. Sebuah rumah sakit amal yang dapat memberikan pelayanan yang kompeten, layanan medis modern untuk orang miskin dan orang yang membutuhkan dapat melengkapi upaya pemerintah secara signifikan.

Rumah Sakit Lam Wah Ee memegang sepotong besar tanah di Green Lane dalam kepercayaan dan gagasan untuk membangun sebuah rumah sakit amal yang modern telah menyeduh dalam pikiran anggota Dewan Direksi untuk beberapa waktu.

Tan Sri Dato ‘Loh Boon Siew terpilih sebagai Ketua di Februari 1977 untuk mempelopori menyadari kemungkinan tersebut. Dia menyumbangkan RM500,000 terhadap dana pembangunan untuk memperingati kematian ibunya pada bulan April 1977. Dalam beberapa hari, teman-teman dan kerabatnya menanggapi dengan RM750,000 berjanji untuk pendirian Rumah Sakit. Tan Sri Dato ‘Loh menyumbangkan RM250,000 lain dan mengumumkan bahwa ia akan cocok untuk dolar jumlah berapapun disumbangkan ke Rumah Sakit Dana dengan anggota masyarakat. Mr Chong Kum Kwan, seorang arsitek yang menawarkan jasanya dalam kapasitas kehormatan, kemudian menyusun rencana untuk Rumah Sakit.

Diperkirakan RM10 juta diperlukan. Sebuah Komite untuk Dana Pembangunan Gedung didirikan pada tahun 1978. Surat banding disiapkan dan didistribusikan. Kampanye penggalangan dana momentum dan menyapu Penang seperti badai seperti berbagai sektor dan masyarakat menanggapi dengan antusias. Sumbangan dikumpulkan dengan berbagai cara dan simpatisan baik di Seberang Perai membentuk komite penggalangan dana cabang. Sumbangan juga diterima dari individu dan organisasi dari luar Penang, terutama dari Kedah dan Perak. Pada sebagian besar kampanye ini, penyelenggara baik menanggung semua biaya sendiri atau mendapatkan sumbangan terpisah untuk menutupi biaya sehingga jumlah berapapun dikumpulkan berjalan menuju Dana Sosial Pembangunan Rumah Sakit.

Tanggapan antusias dari seluruh lapisan masyarakat terinspirasi Direksi dan Komite untuk Dana Pengembangan Pembangunan untuk bekerja lebih keras. Rumah Sakit Lam Wah Ee telah diandalkan dukungan publik untuk kegiatan amal dalam 96 tahun terakhir. Ini akan terus tergantung pada masyarakat untuk mempertahankan tradisi yang baik ini – kali ini pada skala yang lebih besar dalam bentuk rumah sakit modern dalam pelayanan bangsa.

Januari 1979: Rencana bangunan disetujui.
Juni 1979: Seng Seng Konstruksi Sdn Bhd mendapatkan tender.
Pertengahan September 1979: pekerjaan pembangunan dimulai.
TYT Yang DiPertua Negeri Pulau Pinang Tun Datuk Haji Sardon Jubir meletakkan batu pondasi pertama untuk menandai awal dari pendirian Rumah Sakit baru.

Malaysia, khususnya Penang, berduka atas meninggalnya salah satu putra yang paling terkenal pada 17 Februari 1995 yaitu TAN SRI DATO ‘LOH BOON SIEW meninggal dalam tidurnya, kematian baik damai bagi seorang pria benar-benar baik pada usia lanjut 80 tahun. Terlahir sebagai orang yang rendah hati tanpa harus berkunjung ke sekolah dan dibesarkan untuk percaya dan takut akan Tuhan oleh ibunya dari Cina, ia tumbuh untuk mencintai, taat dan memujanya dan menjadi anak yang sangat berbakti. Dia bangkit berdasarkan kerja keras yang jujur ​​sebagai montir, secara harfiah dari kain untuk kekayaan selama bertahun-tahun dari tahun 1930-an dengan memiliki pandangan ke depan yang baik dan keyakinan untuk menjadi orang terkaya di Penang dan di antara lima orang terkaya di Malaysia.

Dia dihormati bukan karena kekayaannya tetapi untuk sikap dan karakternya. Dia adalah seorang orang yang sangat dihormati dalam bidang Hukum dan Konstitusi. Dia terkenal karena ketepatan waktu nya di  dalam setiap pertemuan dan komentarnya dan keputusan tentang masalah apapun yang dianggap sebagai kata-kata bijak. Pemakaman termegah yang pernah dilihat selama beberapa dekade di Penang dibuktikan dengan pemilih raksasa penduduk untuk memberikan penghormatan terakhir mereka dan jumlah yang sangat besar dari upeti dan karangan bunga bunga dan pesan belasungkawa baik lokal maupun asing di berbagai media pers yang diterima keluarga, semua kesaksian kepada kasih yang besar dan menghormati orang-orang dari Penang dan Asia memiliki masa terakhir bersama Tan Sri Dato ‘Loh Boon Siew.

Beliau adalah orang yang sangat besar dan rendah hati yang bisa berjalan dengan Raja-raja, Perdana Menteri, Gubernur dan Menteri tetapi tidak kehilangan sentuhan umum untuk berjalan-jalan di Penang, untuk berbaur dengan rakyat biasa, untuk menikmati koay teow goreng favorit atau minumannya kopi biasa di kedai kopi favoritnya.

Karya monumentalnya di Pendiri dan Pendirian Rumah Sakit Lam Wah Ee dibawa oleh kematian ibunya tercinta ketika ia berjanji ringgit untuk ringgit untuk mengumpulkan dana untuk Kedokteran Divisi Barat Rumah Sakit Lam Wah Ee. Rumah Sakit bagi orang-orang di mana tidak ada akan pernah berpaling untuk pengobatan untuk orang yang mengalami kekurangan dana atau uang. Departemen Kesejahteraan Lam Wah Ee menawarkan sebuah almoner Sistem staf dan dikembangkan. The Memorial Hall dibangun untuk memperingati ibu tercinta, akhir Nyonya Saw Kit, yang patung perunggu duduk dengan bangga di Hall.

Hari ini, Rumah Sakit Lam Wah Ee adalah salah satu rumah sakit yang terkenal di Penang. Juga sebagai Rumah Sakit terbaik di Malaysia dalam konsep amal. Selain itu, Rumah Sakit ini juga dilengkapi dengan sebagian besar mesin dan instrumen kesehatan tercanggih dari Pemerintah Malaysia untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Instrumen itu didukung oleh staf dan dokter spesialis yang berdedikasi dan berkomitmen penuh untuk konsep amal.

Orang-orang dari Penang, khususnya, selain Pemerintah Negara dan Bangsa, pasti akan menghargai dan salut pada tahun yang akan datang. Cita-cita dan karya orang besar yang filantropis ini memberikan kontribusi dan pelayanan kepada negara dan masyarakat dimana akan terus selalu diingat sepanjang masa.

Sebuah Komite Manajemen dan Perencanaan dibentuk pada Oktober 1978 yang terdiri dari pengusaha terkemuka dan berbagai profesional untuk berunding di banyak aspek baru dari Rumah Sakit Lam Wah Ee. Komite bertanggung jawab langsung kepada Direksi.

Untuk merencanakan sebuah rumah sakit amal yang bertujuan untuk menawarkan layanan medis yang baik tentu memiliki biaya yang wajar untuk menguntungkan masyarakat umum. Sangat miskin dan yang membutuhkan akan diberikan baik layanan nominal atau gratis.

Pengembangan Rumah Sakit akan secara bertahap, mulai dari 130 tempat tidur. Hal ini penting untuk mengantisipasi masalah commissioning tetapi, yang lebih penting, untuk memungkinkan Komite untuk mengukur dan merencanakan secara tepat karena permintaan keadaan.

Dengan kerangka pemikiran ini, layanan rumah sakit dasar yang ditawarkan akan:

~ Bedah Umum Kedokteran ~

~ Pediatri Umum ~

~ Radiologi Kebidanan & Kandungan ~

~ Anestesi Rawat Jalan Departemen ~

~ Laboratorium & Apotik ~

~ Miscellaneous Services.

Berbagai lebih komprehensif spesialisasi sesuai bagi sebuah rumah sakit modern akan diberikan setelah Rumah Sakit mapan. Direncanakan sebuah layout umum untuk menyediakan untuk efisiensi maksimum dan fleksibilitas.

Sama seperti dalam setiap rumah sakit modern besar, staf medis dan umum khusus akan membentuk tulang punggung dari Rumah Sakit. Hal ini dipertimbangkan bahwa jumlah staf akan sangat besar mengingat sifat round-the-clock pelayanan rumah sakit serta penekanan pada perawatan pasien yang baik.

Setelah pertimbangan cermat dari pengalaman rumah sakit umum lainnya, Komite berpendapat bahwa rumah sakit benar-benar bebas tidak mungkin karena sejumlah besar biaya berulang yang akan terjadi. Harus ada sumber penghasilan untuk sebagian mempertahankan jalannya rumah sakit serta untuk membiayai biaya untuk pasien yang tidak mampu membayar.

Selain itu, kemungkinan bahwa sistem benar-benar bebas dapat dikenai pelanggaran dan pemborosan. Oleh karena itu, untuk pasien rawat jalan, hanya benar-benar membutuhkan akan diberikan pengobatan gratis atau nominal. Untuk pasien rawat inap, sistem berdasarkan latar belakang dan kebutuhan diusulkan. Aplikasi untuk pembebasan dari biaya akan diproses oleh departemen kesejahteraan pasien di bawah tuduhan almoners. Klasifikasi biaya semata-mata terkait dengan status keuangan pasien. Kualitas layanan yang baik akan diberikan kepada semua terlepas dari status pasien.

Rumah Sakit Lam Wah Ee adalah rumah sakit amal oleh rakyat dan untuk rakyat dan untuk melengkapi pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Pemerintah. Dengan demikian, harus responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan kesejahteraan. Pada saat yang sama, kelangsungan hidup dan pertumbuhan Rumah Sakit ini juga harus menjadi perhatian dan tanggung jawab masyarakat.

Pembimbing: Datuk Loh Boon Siew, Datuk Koh Pen Ting (berhenti) Ketua: Mr Ong Kim Hoo (berhenti) Wakil Ketua: Dr Tan Chong Siang Hon Sekretaris: Ibu Chui Kah Peng

Anggota: Mr Lim Mow Cheng, Mr Tan Hoay Eam, Mr Wong Fook Chew, Mr Chong Kum Kwan, Dr Goh Kay Wah, Dr Tan Ewe Aik, Dr Ooi Kwee Lim, Dr Koh Tsu Koon, Mr Chan Ban Eng, Mr Chua Chuan Teong


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s