Peta Perjalanan Sukses (How to Write it)

Map_to_SuccessApakah Anda pernah ingin pergi ke sebuah tempat yang menurut Anda indah dan menyenangkan ?

Jika Iya, Apakah Anda langsung pergi begitu saja ?

Apakah Anda tidak merencanakannya dahulu ? Tentu tidak bukan ?

Anda pasti merencanakannya dahulu. Apakah itu bertanya-tanya atau mengumpulkan informasi. Anda pasti akan mencari orang yang pernah pergi ke tempat tersebut. Anda pasti akan bertanya kepada orangtua, saudara, teman atau pihak-pihak yang memang pernah berada di tempat yang indah itu. Atau Anda membuka website di internet yang menyediakan informasi tentang tempat itu. Dan berbagai cara lainnya. Yang penting itu semua bisa membuat Anda yakin dan aman untuk melakukan perjalanan. Semua hal harus Anda ketahui. Hal itu tidak lain agar jangan sampai Anda rugi uang dan waktu dalam melakukan perjalanan.

Begitu pula dengan keinginan Anda untuk menjadi SUKSES. Anda harus merencanakan juga.

Sama seperti ketika Anda merencanakan untuk melakukan perjalanan ke tempat yang indah, dalam meraih kesuksesan, Anda juga harus membuat rencana. Anda harus tahu petanya seperti apa, kendaraannya, biayanya, bekalnya, pakaiannya, penginapannya, tempat makannya dan sebagainya. Anda harus tahu semua. Sebab jika Anda tidak tahu Anda akan mengalami kerugian yang tidak mungkin bisa dinilai dengan uang.

Sukses bukanlah keadaan yang INSTAN. Sukses adalah keadaan yang benar-benar direncanakan oleh pemiliknya. Anda harus merencanakan SUKSES. Anda harus  membayangkan Anda sudah SUKSES dalam pikiran Anda dahulu sebelum Anda merealisasikannya dalam dunia nyata. Jika dalam pikiran Anda sudah tergambar kesuksesan Anda, maka dalam dunia nyata, Anda pasti bisa menggapainya. Semua hanya masalah waktu. Kapan dan dimana.

Menurut beberapa literatur yang Saya baca, ada 6 (enam) aspek yang ditulis secara rinci (ini penting sekali untuk diperhatikan) oleh Orang-orang SUKSES, jauh sebelum mereka meraih, semua kesuksesan mereka. Mereka menulisnya sekitar 5-10 tahun sebelum mereka sukses. Aspek-aspek itu antara lain :

1. Physical (Fisik)

Aspek ini mencakup kondisi tubuh. Bagaimana meraih penampilan fisik yang ideal. Bugar dan sehat. Tinggi dan berat badan ideal. Pola makan. Pola olahraga. Apa dan bagaimana cara memperolehnya. Orang-orang Sukses tahu bahwa fisik mempengaruhi penampilan. Penampilan mempengaruhi sikap dan perilaku. Jika fisik prima begitu pula penampilan dan sikap akan prima pula.

2. Mental (jiwa)

Aspek ini mencakup kondisi mental. Kondisi jiwa. Kondisi perasaan. Bagaimana mengarahkan kondisi perasaan untuk kesuksesan. Bagaimana mengelolanya. Bagaimana mengatasi kegagalan, penolakan, frustasi, rasa cepat berpuas diri dan tekanan finansial. Orang-orang Sukses tahu bagaimana mengatasi hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkannya. Mereka belajar dan terus belajar. Mereka tidak pernah menyerah sampai titik darah penghabisan. Mereka tidak akan pernah berhenti sampai Impian mereka tercapai.

3. Financial (keuangan)

Aspek ini mencakup keuangan pribadi, investasi, pengelolaan hutang, menambah penghasilan dan memelihara aset. Orang-orang Sukses tahu bahwa untuk mendapatkan kesuksesan semua membutuhkan uang. Semua membutuhkan finansial yang mendukung. Untuk itulah Orang-orang Sukses bersikeras menguasai ilmu keuangan. Bersikeras menguasai bisnis. Bersikeras menguasai perusahaan dan hukum. Bersikeras menguasai ilmu moneter, akuntansi, properti, saham, asuransi, dan investasi. Mereka juga tahu dan terus belajar ilmu tentang bagaimana menambah, memelihara, meningkatkan, menjaga dan menikmati uang hasil kerja keras mereka. Mereka tidak segan-segan menundukkan egois dan harga diri mereka, hanya untuk benar-benar mempelajari aspek ini. Karena menurut mereka, dari aspek inilah semua masalah kehidupan mereka muncul. Jika aspek finansial mereka kuasai maka semua masalah kehidupan akan mudah mereka selesaikan.

4. Career (karir dan prestasi)

Aspek ini mencakup pendidikan, perjalanan karir dan prestasi. Pengetahuan apa yang harus mereka ketahui. Pendidikan apa yang harus mereka jalani. Keahlian apa yang harus mereka kuasai agar mereka bisa sukses. Bagaimana berhubungan baik dengan orang lain. Bagaimana berorganisasi. Bagaimana menjadi orang yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara. Orang-orang Sukses tahu bahwa dalam jiwa mereka terdapat rasa ingin dihargai. Rasa ingin dipuji. Rasa ingin dianggap dalam komunitas masyarakat. Mereka ingin selalu memberi kontribusi untuk masyarakat dan dunia. Karena sikap ini memberi kebahagiaan tersendiri bagi mereka.

5. Family (keluarga dan anak-anak)

Aspek ini mencakup bagaimana membangun keluarga yang harmoni, sejahtera, penuh kasih sayang, tentram dan saling mencintai satu sama lain. Orang-orang Sukses tahu bahwa Keluarga adalah hal yang paling penting dalam hidup mereka. Tanpa keluarga, kekayaan mereka apalah gunanya. Sehingga pemilihan pasangan hidup, rencana memiliki anak, rumah dan kendaraan, bagaimana pendidikan dan kesehatannya, selalu dalam rencana dan bagaimana realisasinya, ada di dalam pikiran mereka. Mereka tidak pernah berhenti untuk selalu belajar tentang psikologi manusia. Hubungan Pria dan Wanita. Laki-laki dan Perempuan.

6. Spiritual (pengelolaan rohani dan tata cara beribadah)

Aspek ini mencakup bagaimana mengelola rohani, tatacara beribadah, bersyukur dan saling maaf memaafkan. Orang-orang Sukses tahu bahwa di dalam jiwa mereka ada perasaan ingin mengenal Tuhan. Ingin mengenal Siapa pencipta langit dan bumi ini. Mereka tidak lupa akan hal ini. Mereka tidak pernah mengabaikan hal ini. Mereka tahu suatu saat mereka pasti akan mati. Mereka tahu dunia ini hanyalah sementara. Mereka tahu mereka akan meninggalkan dunia yang fana ini. Untuk itulah mereka merencananakan bagaimana mengelola rohani mereka. Mereka belajar bagaimana tatacara beribadah yang benar. Siapa yang bisa mengajarinya. Pengetahuan apa dan bagaimana yang harus mereka kuasai agar mereka bisa beribadah sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Tuhan mereka.

Nah, jika Anda telah mengetahui apa dan bagaimana peta perjalanan Sukses Anda, Anda bisa mulai untuk membuat cara dan strategi meraihnya. Bagaimana cara menempuhnya. Karena begini.

Dalam dunia ini tidak ada yang pasti. Semua bisa berubah. Bahkan dalam hitungan jam. Oleh karena itu, untuk menghadapi ketidakpastian, kita harus membuat rencana B, C, dan D. Sehingga jika rencana A tidak berhasil ada rencana lain.

Ingat semua peta perjalanan sukses diatas, jangan hanya diingat dalam pikiran. Tapi ditulis dalam sebuah buku diari secara rinci, jelas dan lengkap. Jika tidak ada, beli segera. Jika tidak ada uang, pinjam. Jangan pernah menganggap sepele perencanaan ini. Remember my friends,

“Kepedihan dalam merencanakan Peta Perjalanan Sukses Anda lebih kecil daripada kepedihan tatkala sudah tua jadi pecundang dan jadi beban bagi keluarga yang Anda tinggalkan.”

So my friends, jangan terlalu banyak berpikir. Hidup ini adalah PILIHAN. PILIHAN menjadi MISKIN dan PECUNDANG atau PILIHAN menjadi KAYA dan SUKSES. Semua tergantung Anda. Anda lah yang bertanggung jawab penuh atas HIDUP Anda. Bukan orangtua, saudara, teman, guru, dosen, perusahaan, asuransi atau pemerintah. Tapi Anda sendiri.

Jika Anda ingin SUKSES, mulailah untuk mengambil Keputusan untuk menjadi SUKSES.

Jika Anda ingin KAYA, mulailah untuk mengambil Keputusan untuk menjadi KAYA.

Jika Anda ingin SUKSES dan KAYA, mulailah untuk mengambil keputusan untuk menulis Peta Perjalanan Sukses Anda saat ini juga.

Sebab Waktu adalah ASET utama Anda. Jika Anda kehilangan uang, mungkin Anda bisa mendapatkannya di lain hari. Tapi jika Anda kehilangan WAKTU maka Anda tidak akan pernah mendapatkannya kembali..

Good Luck. Wassalam..!!

Catatan : Bila Anda kesulitan dalam membuatnya, jangan segan-segan untuk menghubungi Saya. Saya bersedia membantu Anda. Anda bisa menghubungi Saya pada nomor telepon seluler yang ada di samping blog pribadi Saya ini. Saya siap membimbing Anda menjadi Orang SUKSES. Insya Alloh..Aamiin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s