Pola Pikir Orang Sukses (Successful People’s Mindset-How To Think)

mindset-SplashAda orang yang bertanya kepada Saya,

Bang, bagaimana caranya Saya bisa Sukses, baik itu secara Fisik, Penampilan, Sikap, Mental, Emosi, Karir, Keuangan, Keluarga, dan Spiritual (agama) ?

Saya menjawab,

Apakah Anda punya Peta Perjalanan Sukses, yang memuat secara Rinci dan Tertulis, Apa, Bagaimana dan Berapa Lama, Anda bisa menggapai semua Kesuksesan yang Anda inginkan ?

Sejauh yang Saya ketahui, untuk menggapai Sukses dan Kesuksesan, bukanlah tergantung kepada kepintaran seseorang. Bukan pula tergantung seberapa banyak uang yang dimilikinya. Dan bukan pula tergantung seberapa banyak gelar yang diperolehnya.

Namun Kesuksesan itu tergantung dari seberapa rinci (DETAIL) dan seberapa jelas (CLEAR) peta perjalanan sukses, ada dalam pikirannya.  Dan seberapa kuat Keyakinan (STRONG BELIEF SYSTEM), Disiplin (DISCIPLINE) dan Komitmen (COMMITMENT) ada pada dirinya, untuk terus menjalani apa yang sudah dia rencanakan sendiri. Meskipun ada begitu banyak rintangan dan hambatan yang datang menghadang, dia tetap terus melangkah.

Sebagian besar orang yang Saya temui, tidak seperti itu. Bahkan dia tidak tahu Impiannya sendiri. Boro boro punya buku Impian, tahu Impiannya saja tidak. Dia tidak pernah bertanya-tanya apa Impiannya. Dia tidak pernah bertanya-tanya mau apa dalam hdup ini.

Dia hanya bisa mengikuti sekumpulan manusia yang bergerak ke arah yang biasa mereka semua bergerak. Dia tidak pernah mau bertanya apakah alasan utama mereka bergerak. Kemana mereka bergerak. Dan apakah tempat yang mereka tuju itu sesuai dengan Impian mereka. Sesuai dengan jiwa mereka. Akhirnya begitu Sang Pemimpin bubar jalan, atau menghentikan dirinya, barulah dia sadar bahwa selama ini dia salah dalam mengikuti siapa yang layak untuk diikuti.

Ada juga orang yang Saya temui, memiliki Impian. Impiannya jelas. Ketika ada orang yang bertanya, dia dengan mudah menjelaskannya. Tapi orang yang satu ini tidak pernah mau menulis Impiannya itu. Dia tidak memiliki buku impian. Dia hanya mengingat-mengingatnya saja. Dia pikir Impian itu bisa diingat begitu saja. Dia pikir Impian itu tidak akan bisa hilang.

Dia pikir dia bisa menjaga Impian itu sampai dia bisa menggapainya. Dia tidak tahu bahwa di sekelilingnya akan datang begitu banyak orang dan pihak-pihak tertentu, dengan godaan yang begitu menggoda. Yang akan melakukan segala cara untuk mengajak dirinya untuk meninggalkan Impiannya sendiri dan mengikuti Impian orang yang mengajaknya.

Dan akhirnya sama. Kejadiannya sama persis seperti orang yang tidak  punya Impian sama sekali. Terperosoklah dia di dalam angin kumpulan manusia yang berhembus kemana pun angin itu berhembus. Tiba-tiba kehidupannya kembali mentok. Yang lebih ngeri lagi nyawanya pun dicabut. Mending kalau dalam konidsi sholeh. Lalu bagaimana kalau dicabut dalam kondisi berbuat dosa dan maksiat. Naudzubillah. Mudah-mudahan Saya bukan termasuk golongan orang-orang seperti itu. Aamiin.

Orang-orang Sukses tidak. Mereka ini berbeda. Mereka dan dia tahu apa Impiannya. Dia tahu apa tujuan hidupnya. Dia benar-benar tahu apa yang paling dia inginkan dalam hidupnya. Dia memiliki buku impian. Dia tulis semua tentang rencana sukses dalam buku itu.

Dia buat peta perjalanannya. Dia buat kerangka waktu untuk menggapainya. Dia buat taktik dan strategi bagaimana perjalanan sukses dan meraihnya. Lalu Dia disiplin dan komitmen untuk benar-benar menjalani apa yang telah dia rencanakan. Itulah yang dilakukan oleh Orang-orang Sukses. Dan itulah Pola Pikir Orang-orang Sukses.

Sukses bukanlah rumah mewah. Sukses bukanlah kendaraan keren. Sukses bukanlah uang yang banyak. Tapi Sukses adalah Perjalanan. Sebuah perjalanan bagaimana menjalankan sebuah rencana dan bagaimana mencari jalan keluar atau jalan alternatif, ketika rintangan dan hambatan datang menghadang.

Kenapa Saya tahu ?

Ya karena Saya sedang menjalaninya. Jadi Saya bisa merasakan apa yang orang-orang rasakan bagaimana keinginan mereka untuk sukses. Untuk itulah Saya ingin membuat sebuah formula yang mungkin bisa dijadikan pedoman agar mereka tidak salah dalam mengambil keputusan. Dan Saya ingin Formula itu sangat sederhana. Saya ingin Formula itu bisa dimengerti, dipahami dan bisa digunakan dan dijalankan oleh anak SD sekalipun.

Saya ingin semua orang bisa sukses. Saya ingin semua orang bisa merasakan bagaimana nikmatnya menjalani rencana sukses yang mereka buat sendiri.

By the way, Saya juga punya rencana sukses pribadi. Saya punya peta perjalanan suksesnya. Saya punya takitik dan strateginya. Dan menulis artikel seperti ini adalah salah satu bagian dari rencana besar Saya. Tidak mudah lho untuk menuangkan semua yang ada dalam pikiran agar bisa tertulis, mudah dan enak dibaca serta mudah dipahami oleh semua orang. Membutuhkan niat, doa, rencana, aksi, kedisiplinan dan komitmen yang tinggi, untuk merealisasikannya.

Anehnya, diluar sana banyak orang yang mengganggap remeh sebuah artikel seperti ini. Mereka pikir mereka bisa menulis seperti yang sudah ditulis oleh beberapa penulis seperti Saya. Mereka pikir semua orang bisa menulis artikel seperti ini. Mereka pikir mereka hanya tinggal membaca buku lalu tulis seperti yang ada di buku tersebut,  Selesai.

Saya hanya tersenyum saja. Saya hanya bertanya,

Apakah Anda punya Blog Pribadi ?

Apakah Anda punya Artikel yang Anda tulis sendiri dan dimuat di Surat Kabar, Majalah, Tabloid, Website, Social Media atau media lainnya ?

Apakah Anda punya Buku hasil karangan Anda sendiri ?

Orang yang iri dan dengki itu tidak menjawab secara jelas. Dia hanya berkata nanti, nanti dan nanti saja jawabannya.

Sejauh pengalaman Saya, tidak ada satu Orang Sukses pun di dunia ini, yang jauh dari tulis menulis. Semua Orang Sukses, memiliki tulisan yang pernah dia tulis. Entah itu dalam bentuk artikel, buku, puisi, cd audio, skenario film dan sebagainya. Semua itu adalah gaya komunikasi mereka. Bagaimana mereka menyampaikan ide-ide mereka.

Sebab bagaimana mungkin kita bersedia menggunakan produk atau jasa mereka jika kita tidak tahu apa produk atau jasa tersebut. Produk atau jasa yang Anda gunakan saja pasti diawali dengan tulis menulis sebagai awal penawarannya. Lalu bagaimana mungkin ada Orang yang berkata tulis menulis itu tidak penting.

Namun apa mau dikata. Di setiap tempat di setiap waktu ada saja kritikus. Ya mungkin memang begitu dunia ini diciptakan. Ada positif dan ada negatif. Kalau tidak ada ya tidak seru juga. Sekarang masalahnya, Apakah kita mau di pihak mana. Apakah mau terus mengkritik, mencari kesalahan orang dan tidak berbuat apa-apa. Atau menjadi pemain yang selalu menulis, berproduksi, menciptakan ide-ide baru dan brilian, dan selalu memberi kontribusi positif kepada dunia dan lingkungan sekitar tempat kita tinggal. Semua tergantung Anda.

Its all about You. Its all about Your LIfe. Your Life is Your Decision. Your Decision is Your Destiny…

Good Luck…Wassalam…!!!


Leave a Reply

