Cewek dan Cowok Beda, Gimana Menyikapinya

77633a1b63d8b08ce788c64180e4657dSejak berpuluh-puluh tahun yang lalu, persoalan cewek dan cowok ini tiada habis-habisnya untuk dibicarakan dan didiskusikan. Selalu saja menjadi perbincangan yang menarik. Betapa tidak. Coba lihat. Coba dengar. Hampir semua siaran televisi dan siaran radio, jika ada program atau acara yang mengangkat persoalan ini, pasti ratingnya menjadi tinggi. Cek dan ricek saja.

Saya tidak tahu, apa yang membuat persoalan cewek dan cowok ini begitu menarik.

Saya tidak tahu, apa yang menyebabkan orang ingin sekali menonton acara televisi yang mengangkat tema persoalan gender.

Saya juga tidak tahu mengapa ada acara radio menjadi sangat banyak pendengarnya jika yang dibahas tentang cewek dan cowok. Saya tidak tahu.

Saya bukan ahli kejiwaan. Saya bukan seorang psikolog. Saya juga bukan dokter ahli kandungan. Saya hanya orang biasa yang ingin tahu segala hal. Ya seperti kata anak abg…

Saya ituh hanya seorang Mr.Kepo. hahahaha…

Dari penampilan fisiknya saja, kita bisa melihat dengan jelas bahwa cewek sudah berbeda dengan cowok. Ini sudah kodrat Yang Maha Kuasa. Ini tidak bisa dibantah lagi. Jika ada orang yang mengatakan cewek dan cowok itu sama berarti orang itu harus diperiksa mata dan kejiwaannya. Mungkin saja dia mengalami kerusakan mata dan sedikit gila.

Meskipun begitu, dari sekian banyak perbedaannya, tentu antara cewek dan cowok memiliki persamaan. Contohnya sama sama butuh makan dan minum. Sama sama butuh rumah dan tempat tinggal. Sama sama butuh pakaian. Dan masih ada lagi yang lain. Namun persamaan ini tidak bisa dijadikan alasan bahwa cewek dan cowok itu sama. Hanya bisa dikatakan bukan untuk menempatkannya. Maksudnya adalah kita harus tahu cara memperlakukan posisi dan keadaan cewek dan cowok. Tidak bisa sama. Tidak bisa sembarangan. Dan tidak bisa dipaksakan.

Dari beberapa literatur yang Saya baca, Otak cewek lebih ringan 50 gram dari Otak cowok. Terutama pada kapasitas otak dalam menyimpan memori emosi. Itulah sebabnya emosi cewek itu dasarnya labil. Tidak tetap. Mudah berubah-ubah. Bahkan dalam hitungan menit.

Kita bisa lihat dalam kesaksian di pengadilan. Kesaksian untuk seorang cewek sama dengan setengah kesaksian seorang cowok. Dalam persidangan di pengadilan seorang cewek tidak boleh bersaksi seorang diri. Harus ada wali atau kerabat yang menyertainya. Hal ini untuk mengimbangi emosinya yang tidak stabil.

Mari kita lihat beberapa perbedaan cewek dan cowok. Ini diperoleh dari beberapa penelitian.

– Cewek bisa melakukan pekerjaan yang berbeda dalam satu waktu. Sedangkan cowok tidak bisa.

– Cewek bisa menangis kapan pun dia inginkan. Sedangkan cowok tidak bisa.

– Cewek memiliki hati yang sangat rapuh. Jika kita menyakiti hati seorang cewek, dia bisa mengingatnya sampai puluhan tahun. Sedangkan cowok, hari ini kita sakiti, besok pun dia sudah lupa.

– Cewek sungguh sulit mengungkapkan Cinta. Bila sudah Cinta, cewek susah melupakannya. Sementara cowok mudah sekali mengungkapkan Cinta.

– Cewek suka berbicara untuk berinteraksi. Sedangkan cowok berbicara untuk tukar menukar informasi. Inilah yang menyebabkan cewek mudah mendapatkan teman dibandingkan cowok. Sebab cewek suka berinteraksi sosial. Sementara cowok tidak terlalu suka. Cowok akan menghilang dari interaksi sosial jika tidak ada lagi informasi yang dibutuhkannya dalam interaksi sosial tersebut.

Dan masih banyak lagi yang lain…

Untuk memahami cewek dan cowok secara rinci, tidak gampang. Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu ada sejumlah riset dan observasi yang lumayan lama. Hal–hal diatas hanyalah penelitian beberapa ilmuwan. Bukan kebenaran itu sendiri.

Setiap hari cewek dan cowok akan mengalami perkembangan jiwa yang tidak bisa kita prediksi. Sehingga perlu ada kesabaran dalam menyikapinya. Apalagi di era informasi seperti sekarang ini. Orangtua dan Guru harus selalu up date informasi. Jika tidak, akan sulit untuk menghadapi kelakuan mereka. Akan tetapi hasil penelitian diatas dan yang lainnya bukan berarti hal itu tidak ada gunanya. Setidaknya hasil penelitian itu bisa digunakan dalam menyikapi perbedaan antara cewek dan cowok.

Sampai disini dahulu pembahasannya. Insya Alloh, beberapa waktu mendatang, Saya akan membahasnya lebih rinci. Stay tune my blog’s readers…

Good luck. Wassalam…!!


One thought on “Cewek dan Cowok Beda, Gimana Menyikapinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s